4 Manfaat Arang Binchotan untuk Kesehatan

Bahan bakar merupakan salah satu hal yang sudah menjadi kebutuhan manusia saat ini berbeda jika anda melihat manfaat jengkol untuk kolesterol, semakin canggihnya teknologi semakin canggih pula bahan bakar yang digunakan. Bahan bakar sendiri banyak digunakan sebagai salah satu sumber energi untuk menghidupkan benda mati ataupun mengubah benda. Secara fisik, bahan bakar memiliki banyak sekali jenis mulai dari cair, padat, dan gas. Selain itu penggunaan bahan bakar semakin hari semakin meningkat walaupun harganya juga meningkat tapi karena sudah menjadi kebutuhan pokok, maka itu tidak terlalu menjadi masalah bagi sebagian besar orang.

Di era modern seperti ini walaupun orang sudah menggunakan bahan bakar modern, masih banyak juga orang memanfaatkan bahan bakar tradisional. Salah atu bahan bakar tradisional yang saat ini masih banyak dimanfaatkan yaitu arang, ada banyak sekali jenis arang yang bisa anda temukan saat ini. Arang sendiri memiliki jenis yang berbeda tergantung dari jenis bahan dasarnya, untuk jenis arang kayu merupakan jenis arang yang terbuat dari kayu, ada pula jenis arang sekam yang terbuat dari kulit padi, hingga arang batok kelapa berbahan dasar batok kelapa.

Selain itu adapula salah satu jenis arang yang saat ini menjadi incaran banyak orang di pasaran. Arang binchotan, berbeda dengan jenis arang lainnya arang ini merupakan salah satu jenis arang yang melalui proses pembuatan arang putih. Tidak heran jika arang binchotan diklasifikasikan sebagai jenis arang putih.  Berbeda pula jika arang hitam merupakan jenis arang yang mudah menyala dan menghasilkan api dengan suhu panas mencapai 7000 c, namun arang putih merupakan jenis arang yang mampu menghasilkan panas hingga 12000 c.

Selain itu dilihat dari bahan dasar yang digunakan berbeda jika anda melihat manfaat jengkol muda, arang putih terbuat dari bambu dengan kerapatan padat dan tekstur yang keras. Dengan proses pembakaran yang lama dan proses pendinginan menggunakan bubuk campuran batu mineral, pasir, dan beberapa bahan lain maka dihasilkanlah warna putih pada arang binchotan ini. Awalnya arang binchotan berasal dari wilayah jepang dan seiring dengan perkembangan era perdagangan dan IPTEK maka arang binchotan sudah banyak dijual bahkan dibuat dan dikembangkan di wilayah Asia seperti Indonesia.

Selain digunakan sebagai bahan bakar ataupun penyedap rasa dan penambah aroma, berbeda dengan jenis arang lainnya ternyata arang binchotan juga memiliki manfaat lain. Tidak hanya sebatas untuk tambahan ataupun bahan dasar dalam pembuatan produk kecantikan saja melainkan juga sangat baik untuk kesehatan. Bagi anda yang penasaran denganapa saja manfaat dari arang binchotan, berikut kami sampaikan sedikit penjelasannya.


Manfaat Arang Binchotan

  1. Obat Keracunan

Keracunan bisa diderita oleh siapa saja berbeda jika anda melihat manfaat arang kayu, penyebabnya macam- macam namun yang paling sering yaitu salah makan. Untuk mengatasinya secara efektif dan sebagai langkah utama yaitu dengan mengkonsumsi arang putih secepatnya. Hal ini karena arang putih memiliki kemampuan untuk mengikat racun atau zat kimia yang tidak dapat diterima tubuh seperti merkuri, pestisida dan lainnya. Dan perlu anda ketahui ternyata penggunaan arang binchotan dalam dunia medis sudah sangat wajar terlebih untuk mengatasi masalah keracunan. Hal ini dapat dibuktikan dengan ditemukan arang binchotan di ruang instalasi gawat darurat.

  1. Membersihkan Pencernaan

Sangat penting bagi kita untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat dan mencegah terjadinya gangguan ataupun penyakit. Dan faktanya pencernaan merupakan salah satu organ tubuh yang dipenuhi oleh sisa racun bahkan bakteri yang dapat beresiko menimbulakan gangguan ataupun alergi tertentu jika tidak dibersihkan. Untuk itu anda bisa mengkonsumsi pil arang binchotan yang sangat efektif untuk membersihkan sistem pencernaan anda.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Selain mampu membersihkan sistem pencernaan dengan baik berbeda dengan manfaat buah rambutan untuk diet, arang binchotan juga mampu menjaga kesehatan mulut anda. Berkumurlah dengan arang binchotan yang telah ditumbuk dan dicampur air selama 3 hingga 5 menit, ini sangat efektif membersihkan bakteri dan kuman dalam mulut anda. Selain bersih, mulut akan terhindar dari bau dan ini sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki masalah bau mulut.

  1. Membersihkan Gigi

Kebersihan gigi merupakan salah satu hal utama yang harus kita perhatikan, hal ini tentunya berkaitan dengan rasa kepercayaan diri. Bagi anda yang ingin tampil lebih percaya diri dan menawan berbeda dengan manfaat jahe untuk jantung, anda bisa mencoba cara yang satu ini. yaitu dengan menggosokkan bubuk arang binchotan ke permukaan gigi anda. ini sangat bermanfaat bagi anda yang cenderung memiliki warna gigi kuning. Dengan menggosokkan selama kurang lebih 10 menit setiap hari.

Itulah berbagai manfaat dari arang binchotan yang dapat kami sampaikan, gunakan arang binchotan dengan tepat maka anda mendapatkan banyak manfaatnya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Hasil Bumi
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.