Manfaat daun Ciplukan untuk Hipertensi – Ramuan dan Faktor Resiko

Daun ciplukan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan terutama bagi kesehtan. Manfaat daun ciplukan dapat digunakan untuk berbagai macam obat, salah satunya adalah obat untuk hipertensi. Dau ciplukan memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Selain untuk hipertensi daun ini memiliki manfaat yang sangat tinggi untuk mengobati diabetes, mengobati borok, mengobati penyakit paru-paru bahkan dapat pula digunakan untuk mengobati ayan.

Baca Juga:

Manfaat daun ciplukan untuk hipertensi, yaitu dengan menjadikan daun ciplukan sebagai ramuan atau jamu untuk mengobati hipertensi. Berikut resep ramuan yang dapat diracik untuk mengobati hipertensi. (Baca Juga: Manfaat Daun Beluntas Untuk Mengatasi Hipertensi , Manfaat Mengkudu untuk Hipertensi)

Ramuan 1

  1. Siapkan ramuan kurang lebih 5 gram atau beberapa lembar saja.
  2. Setelah itu cuci daun ciplukan sampai benar-benar bersih, jangan sampai masih tertinggal kotoran pada daun ciplukan, karena ramuan ini nantinya akan diminuum
  3. Setelah cuci bersih rebuslah menggunakan air 110 ml (kurang lebihnya)
  4. Diamkan selama 10-15 menint saja, gunakan api yang sedang, jangan terlalu besar agar tidak terllau lembek, dan jangan terllau kecil agar tidak terlalu lama.
  5. Bila sudah, sembari menunggu selama 10-15 menit, ketika rebusan sudah mulai mendidih aduk-aduk agar buih tidak keluar dari tempatnya. (Baca Juga: Manfaat Gula Aren Untuk Diabetes , Manfaat Bengkoang Untuk Penyakit Diabetes)
  6. Bila sudah mendidih selama 10-15 menit, siapkan kain steril untuk menyaringnya.
  7. Diamkan beberapa menit sampai hangat. (lebih baik konsumsi selagi hangat)
  8. Konsumsilah sampai hipertensi mereda, dan gunakan 2 kali dalam sehari. (Baca Juga: Manfaat Minum Air Garam , Manfaat Minum Air Putih Dipagi Hari)

Untuk ramuan ini lebih sering membuatnya saja, jangan biarkan berdiam terllau lama, agar khasiat dalam daun ciplukan tidak hilang.

Top untuk Hipertensi


Ramuan 2

  1. Siapkan 10 gram daun ciplukan yang sudah agak tua (jangan terlalu tua) (Baca Juga: Manfaat daun mangga , Manfaat semut jepang bagi kesehatan)
  2. Cuci daun ciplukan sampai bersih
  3. Rebus daun ciplukan dengan air kurang lebih 100 ml air, kemudian rebuslah kurang lebih 5 menit saja.
  4. Setelah agak layu kemudian tumbuk daun ciplukan sampai air berubah menjadi keruh atau berwarna hijau
  5. Masukan kedalam tempat untuk direbus kembali.
  6. Rebuslah selama 5 menit lagi, hal ini agar dapat menyempur dengan sempurna, sehingga perlu di rebus lagi. (Baca Juga: Manfaat Daun Sirsak Untuk Tumor , Manfaat Daun Kelor untuk Menurunkan Kolesterol)
  7. Bila sudah, saring dengan kain yang bersih.
  8. Campurkan sedikit gula (bila tidak suka pahit, tetapi jangan terllau banyak agar tidak menyebabkan diabetes)
  9. Konsumsilah dengan porisi 100 ml air saja konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari
  10. Lakukan hal ini secara rutin, maka hipertensi akan dapat hilang dan dengan mudah akan dapat dsembuhkan.

Dari ramuan itu tentu dapat membantu untuk menyembuhkan kembali dan mengembalikan kesehatan agar tidak terkena hipertensi. Karena beberapa gejala hipertensi akan membuat kewalahan dalam melakukan aktifitas, apalagi mereka yang sudah tinggi hipertensinya. Ada beberapa faktor resiko dari penyakit hipertensi itu. Diantaranya adalah hal-hal yang menyebabkan terjadinya darah tinggi atau hipertensi (Baca Juga: Manfaat Sirsak untuk Diabetes ,  Manfaat Gambir Untuk Penderita Diabetes)

Faktor resiko penyakit hipertensi

  1. Adanya riwayat dari keluarga
  2. Mengalami obesitas (Baca Juga: Manfaat Nanas Untuk Penderita Asam Urat , Manfaat Daun Sukun Untuk Penderita Asam Urat)
  3. Sering merokok
  4. terllau sering dalam mengkonsumsi alkohol
  5. kebanyakan mengkonsumsi garam
  6. kekurangan vitamin D (manfaat vitamin D)
  7. kekurangan pottasium (manfaat pottasium)
  8. memiliki kolesterol yang tinggi
  9. stress
  10. diabetes

top diabetes


dengan beberapa penyebab diatas memang dapat meningkatkan resiko terjadinya hipertensi pada setiap orang. Untuk itu hal yang paling mudah dihindari adalah dengan meninggalkan rokok dan membatasi mengkonsumsian garam. Kurangi garam dalam makan, terutama saat memasak.