9 Manfaat Daun Ciplukan Kering Untuk Solusi Herbal

Daun ciplukan atau disebut juga dengan cecendet, kopok kopokan atau lapunonat merupakan tanaman liar yang ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah ciplukan yang biasa tumbuh di sawah ini memiliki beberapa jenis nutrisi penting seperti vitamin C, fisalin, gula, tanin, asam malat, asam sitrun, asam klorogenik dan juga alkaloid. Sedangkan bagian bijinya mengandung asam stearam glikosida, asam palmitat dan juga protein dan untuk daun ciplukan mengandung glikosida flavonoid serta berbagai kandungan nutrisi lainnya. Untuk ulasan kali ini, kami akan menjelaskan beberapa manfaat daun ciplukan kering untuk kesehatan dan juga menyembuhkan penyakit.

  1. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Daun dan juga buah ciplukan yang dikeringkan mengandung steroida dimana zat tersebut sangat efektif digunakan sebagai solusi kanker. Dalam sebuah penelitian mengungkapkan jika ekstrak daun ciplukan yang dikeringkan juga bermanfaat untuk mengurangi ukuran dari tumor.

  1. Mengatasi Luka Borok

Untuk mengatasi luka borok, daun ciplukan yang sudah dikeringkan juga bisa digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Ambil segenggam daun ciplukan kemudian haluskan bersama dengan 2 sendok makan air kapur sirih hingga lembut dan balurkan pada luka borok yang diganti secara berkala.

  1. Mengatasi Penyakit Jantung

Daun ciplukan juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah atau penyakit jantung. Untuk cara mengkonsumsi daun ini bisa dilakukan dengan menghaluskan beberapa helai daun ciplukan hingga menjadi jus tanpa tambahan campuran apapun dan segera minum secara teratur.

  1. Menyembuhkan Sariawan

Sariawan yang sangat mengganggu berbagai aktivitas mulut seperti makan dan bicara bisa terjadi karena tubuh kekurangan vitamin C. Untuk mengatasi penyakit ini juga bisa dilakukan dengan minum air rebusan daun ciplukan kering atau juga bisa mengkonsumsi buah ciplukan yang tinggi akan manfaat vitamin C alami.

  1. Mengobati Diabetes

Penyakit diabetes atau sering disebut juga dengan kencing manis akan sangat berbahaya jika dibiarkan. Untuk mengatasi diabetes, selain bisa menggunakan buah, akar dan juga batang, daun ciplukan kering juga bisa digunakan untuk mengobati diabetes yakni dengan minum air rebusan daun ciplukan secara teratur sebanyak 3 kali sehari hingga kadar gula darah kembali stabil.

  1. Mencegah Paru Paru Basah

Manfaat lain yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi daun ciplukan kering adalah untuk mencegah penyakit paru paru basah dan juga mencegah penyakit tersebut kambuh kembali. Air rebusan daun ciplukan kering bisa diminum secara teratur setiap hari untuk menurunkan risiko kambuhnya paru paru basah.

  1. Mengatasi Batuk Rejan

Batuk rejan atau pertusis tidak hanya bisa diatasi dengan beberapa obat obatan apotik namun daun ciplukan kering juga bisa digunakan sebagai solusi batuk rejan yakni dengan minum air rebusan daun tersebut secara teratur.


  1. Mengobati dan Mencegah Asma

Selain bisa digunakan untuk mencegah paru paru basah, daun ciplukan kering juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pernapasan kering yakni mengobati dan menyembuhkan asma. Anda bisa merebus daun ciplukan kering beserta dengan batangnya untuk dikonsumsi secara teratur agar gangguan pernapasan tersebut tidak kambuh kembali.

  1. Detoksifikasi Tubuh

Kegunaan daun ciplukan juga bisa memberikan manfaat detoksifikasi untuk mengeluarkan berbagai racun berbahaya dalam tubuh yang berasal dari makanan terkontaminasi, obat obatan dan juga polutan yang terserap ke dalam tubuh.

Selain bagian buah, batang dan juga akar, ternyata banyak juga manfaat daun ciplukan kering maupun daun ciplukan segar yang bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dari mulai penyakit ringan hingga kronis. Pastikan anda mengkonsumsi ekstrak daun ini untuk membantu mempercepat proses penyembuhan namun jangan dikonsumsi dalam jangka panjang agar tidak menyebabkan efek samping untuk tubuh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal