Manfaat Kulit Apel Hijau Untuk Kesehatan

Apel hijau merupakan salah satu buah yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Warna kulitnya yang berwarna hijau membuat apel ini dikenal dengan sebutan apel hijau. Kandungan yang terdapat di dalam buah apel hijau memiliki banyak khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi apel hijau yakni digunakan untuk kecantikan, ibu hamil, untuk bayi, diet dan beberapa hal lain dalam menjaga kesehatan. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan, apel hijau juga dapat digunakan untuk dekorasi dalam beberapa acara.

artikel terkait:

Banyaknya khasiat yang diperoleh dari mengkonsumsi apel hijau serta cara mendapatkannya yang mudah, membuat apel hijau banyak digemari masyarakat. Namun setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam mengkosumsi apel hijau, ada yang langsung dimakan beserta kulitnya, namun ada juga yang membuang kulitnya dan memakan daging buahnya, atau mungkin daging apel hijau diolah menjadi jenis makanan lain. Bagi orang yang hanya mengkonsumsi daging buah apel hijau dan membuang kulintnya sangat disayangkan. Karena ternyata selain daging buahnya, kulit apel hijau juga memiliki kandungan tersendiri yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Kandungan Dalam Kulit Apel Hijau

Secara umum, kulit apel memiliki kandungan dan khasiat yang sama. Dari penelitian yang pernah dilakukan oleh ahli dari Cornell University, kulit apel memiliki aktivitas antioksidan dan bioaktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging buah apel sendiri. Hal ini terjadi karena apel meruakan satu satunya buah yang memiliki kandungan quercetin. Selain antioksidan dan bioaktivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan buahnya, vitamin C dalam kulit apel juga lebih tinggi dibandingkan dengan buahnya. Kulit apel juga memiliki kandungan troterpenoid, yakni sejenis molekul larut lemak yang alami dan dapat berfungsi sebagai antikanker.  Dengan banyaknya kandungan yang terdapat di dalamnya, kulit apel juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

artikel terkait: manfaat jus apelmanfaat apel untuk burung kenarimanfaat buah apel india

Peran Kulit Apel Untuk Kesehatan

Kandungan yang ada di dalam kulit apel memiliki fungsi tergantung pada zat yang ada di dalamnya. Beberapa manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi kulit apel hijau yakni :

1. Menjaga kekebalan tubuh.

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam manfaat kulit apel hijau dapat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C pada kulit apel yang lebih tinggi dibandingkan daging buahnya juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh dapat lebih kebal dalam menghadapi berbagai penyakit yang menyerang tubuh.

artikel terkait: 12 manfaat apel merah bagi kesehatanmanfaat daun apel

2. Sebagai antikanker.

Kandungan troterpenoid yang terkandung dalam kulit apel hijau dapat berfungsi sebagai antikanker. Kanker yang dapat dihambat oleh zat troterpenoid dalam kulit apel hijau yakni kanker usus dan kanker paru paru. Bahkan kandungan trotrepenoid ini dapat menghambat pertumbuhan kanker usus hingga 43 persen.

artikel terkait: manfaat apel13 manfaat apel hijau bagi kesehatan


3. Mengatasi masalah kepala dan rambut.

Kulit apel juga memiliki kandungan seperti alpha hydroxy acid yang dapat membantu menghilangkan kulit mati ada kepala karena berekrja sebagai exfoliant dan emollient. Dengan hilangnya kulit mati di kulit kepala dapat mencegah terjadinya ketombe yang dapat mengakibatkan kulit kepala gatal. Kulit apel hijau juga dapat berfungsi untuk membuat rambut halus dan berkilau karena memiliki kemampuan untuk menutup cuticle pada kulit kepala. Selain itu, kulit apel juga dapat menyeimbangkan pH kulit kepala sehingga dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

artikel terkait: manfaat mengkudu untuk diabetesmanfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan

Kulit apel hijau yang biasanya dibuang karena merasa tidak perlu untuk dimanfaatkan mungkin sekarang perlu diperhatikan lagi. Karena kandungan yang ada di dalamnya tidak kalah dengan khasiat kandungan daun buahnya. Kandungan kulit apel hijau yang bahkan dapat sebagai antikanker perlu dikonsumsi dan tidak begitu saja dibuang agar bagi yang orang memiliki potensi kanker dapat sehat kembali. Kulit apel hijau yang biasanya hanya dibuang mungkin kedepannya dapat dimanfaatkan dengan baik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 03rd, October 2016 / 09:00 Oleh :
Kategori : Buah Buahan