3 Manfaat Telur Burung Walet Bagi Manusia

Budidaya walet adalah salah satu usaha yang menggiurkan, yang mana keberhasilan usaha ini harus diimbangi dengan pengetahuan mengenai seluk beluk siklus kehidupan burung walet. Hal ini disebabkan banyaknya gedung yang dibangun untuk burung walet, namun tidak ada tanda kehidupan dari burung walet sendiri padahal sudah banyak biaya yang dikeluarkan untuk usaha ini.

Burung walet sendiri terkenal dengan khasiat air liur yang dihasilkannya, yang mana sangat banyak manfaat air liur walet untuk kesehatan tubuh dan menangkal penyakit. Dengan khasiatnya yang ampuh dan sulitnya budidaya walet, membuat harga jual air liur walet sendiri sangat mahal sehingga banyak orang yang tertarik berbisnis walet.

Burung walet yang dikawinkan setelah kurang lebih selama 8 hari biasanya akan menghasilkan sepasang telur walet. Telur walet memiliki ukuran yang kecil mungil berbobot 1-3 gram atau sekitar 10% dari berat induk walet. Pada saat menetas telur walet biasanya memiliki warna pink yang kemudian perlahan berubah menjadi putih, di mana fungsinya untuk mempermudah induk walet mengetahui lokasi telurnya. Sedikit berbeda dengan manfaat telur bagi kesehatan tubuh dan kecantikan, berikut ini adalah beberapa manfaat telur burung walet yang bisa diperoleh manusia, yaitu:

1. Digunakan untuk budidaya walet

Manfaat paling utama dari telur walet adalah bisa digunakan untuk budidaya burung walet. Untuk menetaskan telur burung walet, biasanya dapat menggunakan mesin atau alat bantu penetas telur walet seperti alat yang digunakan untuk menetaskan telur unggas yang lainnya. Dengan penetasan yang baik tentunya akan membuat usaha budidaya walet berhasil, sehingga akan mendapatkan manfaat membuka usaha untuk mendapatkan keuntungan besar secara maksimal.

2. Dapat dijual untuk usaha telur walet

Manfaat telur burung walet selain dapat digunakan untuk budidaya secara langsung, juga dapat dijadikan usaha menjual telur walet. Banyak orang yang ingin membuka usaha burung walet membutuhkan telur walet, sehingga bisnis telur walet juga tidak kalah menjanjikan. Telur walet biasanya akan dijual dengan dibedakan antara telur muda, tua atau dicampur sesuai dengan pesanan. Untuk patokan harga telur walet pada umumnya dikenakan harga per pasang atau disesuaikan permintaan.

3. Ditetaskan untuk memancing walet liar

Seperti yang telah dibahas di atas, walet pada dasarnya adalah hewan liar yang mana menjadi salah satu penyebab usaha burung walet bisa gagal. Untuk mencegah kegagalan ini, telur walet dapat ditetaskan dan ditaruh di gedung yang akan digunakan untuk budidaya. Karena burung walet sifatnya merebut sarang, gunakan juga sarang walet imitasi atau tiruan dan diberikan air liur walet untuk menambahkan aroma. Dengan begitu dapat membuat manfaat bisnis sendiri berhasil karena dapat meminimalisir kegagalan.

Jadi pada dasarnya manfaat dari telur burung walet tidak digunakan untuk konsumsi atau digunakan pengobatan secara langsung, namun lebih berguna untuk tujuan bisnis telur walet atau budidaya walet.

Sehingga di balik banyaknya manfaat burung walet pada kesehatan juga terdapat manfaat telur burung walet. Untuk budidaya burung walet, metode lain yang dapat menarik burung walet liar adalah dengan rekaman suara burung walet atau bisa dengan memanfaatkan kotoran burung walet untuk menambah aroma gedung, sehingga burung walet liar akan mengira gedung dihuni oleh segerombolan walet. Demikian ulasan mengenai beberapa pemanfaatan dari telur walet yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan