13 Manfaat Pohon Kina Bagi Kehidupan Manusia

Pohon kina termasuk pohon yang tergolong langka dan biasanya terdapat di hutan hujan tropis, terutama di Indonesia. Kita sering menmui pohon kina di tempat-tempat/ toko obat herbal dalam bentuk ramuan atau kapsul. Untuk lebih jelasnya, kami sediakan ciri-ciri yang dimiliki oleh pohon kina, yaitu sebagai berikut :

  • Pohon kina memiliki tinggi kurang lebih 17 m
  • Batang kina berkayu dan bentuknya bulat, warna batangnya adalah coklat kehijauan.
  • Daun kina termasuk dalam daun tunggal, bentuknya lonjong, dengan tipe yang rata, sedangkan ujung dan pangkalnya tumpul, panjang daun kina kurang lebih 15-35, dan lebarnya kira-kira 9-23 cm, tulang daunnya menyirip. Untuk masalah warna, jika kina masih muda warna pohonnya hijau, namun jika sudah tua berubah jadi merah.
  • Bunga kina memiliki bunga yang majemuk dan bentuknya menyerupai bintang. Panjang tangkai bunga kina kira—kira 5-11 cm. Bunganya berwarna putih kekuningan, kelopak bertajuk lima, bagian pangkalnya menyatu dan berwarna hijau. Benang sari berjumlah 5 bua. Tangkai sari berwarna putih sedangkan kepala sarinya berwarna cokelat. Putik berwarna hijau. Mahkota bunag berbentuk tabung dengan ujung membesar dan berwarna coklat muda.
  • Buah kina berbentuk kotak dan memiliki tekstur yang keras serta memiliki cokelat muda.
  • Biji kina sangat kecil dan berwarna hitam.
  • Akar kina merupakan akar tunggang dengan warna putih kecoklat-coklatan.

Itulah ciri-ciri yang dimiliki oleh pohon kina, selain itu pohon kina memiliki beberapa kandungan kimia seperti alkaloida, saponin, flavonoida dan polifenol. Kandungan inilah yang membuat pohon kina memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Bagian dari pohon kina yang sering digunakan adalah bagian kulit kayunya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang kita peroleh dari pohon kina, diantaranya :

Manfaat pohon kina untuk kesehatan

  1. Menurunkan demam

Kulit pohon kina bisa dimanfaatkan sebagai penurun demam, jika anda atau anak anda mengalami demem tidak usah khawatir dan pergi ke mencari obat, cukup manfaatkan kulit pohon kina sebagai obatnya. Caranya cukup mudah, bersihkan kulit kina kemudian rebuslah. Tunggu hingga dingin kemudian seduhlah. (Baca juga : manfaat biang kunyit)

  1. Menyehatkan jantung

Kita juga bisa memanfaatkan pohon kina sebagai penjaga kesehatan jantung kita. senyawa alkkanoid yang ada di pohon kina snagat efektif dalam melindungi jantung dari berbagai gangguan tertuama ketika pembekuan darah, senyawa ini berperan untuk menghilangkap bakteri atau kuman yang menumpuk di pembuluh darah.

Top untuk menjaga kesehatan jantung :

  1. Menyembuhkan penyakit malaria

Sudah tidak asing bahwa pohon kina bisa digunakan sebagai obat malaria. Mayoritas orang mengkonsumsi pohon kina untuk mengobati penyakit malaria. Kandungan alkaloid yang ada di dalam kulit pohon kini yaitu berupa alkaloid kinine sangat efektif dalam penyembuhan penyakit malaria. (Artikel terkait : manfaat bunga lavender dan manfaat jambu biji)

  1. Melindungi kulit dari serangan jamur

Kulit pohon kina sangat baik sebagai pelindung kulit dari debu, kuman dan pancaranm matahari serta kondisi lembab, karena sifatnya yang antijamur sanagt baik untuk perlindungan kulit.

  1. Penambah nafsu makan

Jika anak anda sulit makan, anda bisa gunakan kulit pohon kina atau ekstraknya yang dicampu dengan manfaat sayuran sehingga anak anda akan bersemangat untuk mekan dan memiliki nafsu makan yang tinggi.

  1. Mengobati influenza

dengan meminum rebusan air dari kulit pohon kina, penyakit influenza bisa teratasi. Kandungan zat kimia yang ada di dalam kulit pohon kina akan bereaksi melawan kuman dan bakteri penyebab influenza

  1. Mengatasi kanker

Sifat anti inflamasi yang dimiliki oleh pohon kian, snagat cocok untuk digunakan sebagai penangkal kanker. Dengan mengkonsumsinya secara teratur maka anda akan terlepas dari resiko terkena serangan kanker. (Baca juga : manfaat kembang kol)

  1. Mengatasi diare

Ternyata diare juga bisa diobati dengan menggunakan pohon kina, bagian yang dimanfaatkan adalah kulit kayunya. Dengan membuat ramuan dari air rebusan kulit kayu kina, kemudian meminumnya maka diare anda akan sembuh. (Baca juga : manfaat yakult untuk diare – manfaat lidah mertua)

     9. Sebagai anti kejang otot

Bagi anda yang sering melakukan pekerjaan berat dan setelah itu mengalami kejang otot, anda bisa meredakannya dengan kulit pohon kina. Cukup haluskan kulit kayu tersebut sampai halus kemudian campur dengan sedikit

  1. Obat flu burung

Pasti anda takut ketika amendengar penyakit flu burung, virus yang mematikan. Apabila anda terjankit flu ini, anda bisa gunakan kulit pohon kina untuk mengobatinya, anda bisa mengursir dan melenyapkan virus mematikan itu dengan pohon kina.

Manfaat pohon kina di bidang industri (produksi)

  1. Sebagai pestisida alami (Biopestisida)

Pohon kina ternyata memiliki amnfaat yang besar di bidang pertanian. Mungkin sampai saat ini para petani masih kesulitan untuk membasmi hama terutama serangga. Para petani juga mengalami dilema karena mereka harus menggunakan pestisida untuk mengusir hama, namun kandungan kebanyakan pestisida yang digunakan para petani mengandung zat kmia yang berbahaya. Untuk itulah pohon kina datang sebagai alternatif bagi para petani, kandungan nutrisi yang ada di dalam pohon kina baik utnuk tumb uhan dan emmiliki sifat anti jamur dan serangga, sehingga tidak ada serangga yang mau hinggap di tanaman tersebut.

  1. Produk kosmetik

Pohon kina ternyata juga baik digunakan sebagai bahan dasar kosmetik. Ekstrak dari kulit pohon kina bisa digunakan sebagai bahan dasar lotion kulit, karena memiliki sifat anti jamur. Selain lotion, juga bisa digunakan sebagai bahan dasar shampo. Kandungan saponin yang ada di dalamnya sangat baik dan efektif dalam menutrisi rambut. Dengan menggunakan ekstrak kulit kina ini rambut akan terlihat hitam bersinar dan bebas dari ketome dan rambut rontok. (Baca juga : manfaat yogurt – manfaat pare)

  1. Obat untuk hewan

Ternyata pohon kina juga diproduksi sebagai obat-obatan darurat pada hewan yang ada di cagar alam ketika mereka sakit. Banyak yang beranggapan bahwa kina sangat baik untuk dikonsumsi oleh hewan.

Meskipun kina memiliki banyak manfaat, kita harus tetap memperhatiakn dosis penggunaannya yaitu tergantung pada usia sang pengguna, selain usia faktor kesehatan juga harus diperhatikan. Namun tidak ada dosis pasti sebagai acuan, yang penting kita menggunakanya secara cukup tidak berlebihan, karena kina memiliki beberapa efek samping, diantaranya :

  • Telinga berdenging
  • Sakit kepala
  • Mual-mual
  • Diare
  • Tubuh menjadi lemas
  • Gangguan pada mata

Selain itu juga ada beberapa catatan yang harus anda ketahui sebelum mengkonsumsi kina ini, antara lain :

  • Untuk wanita hamil dan menyusui alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum menggunakan kina.
  • Bagi penderita malaria, diharapakan menghabiskan obat yang diberikan oleh dokter untuk mendapatkan hasil yang maksimal yaitu kesembuhan serta tidak muncul gejala lagi.
  • Ketika mengkonsumsi kina sebaiknya tidak dalam posisi berkendara atau sedang mengoperasikan alat berta, bagi sebagian orang akan menyebabkan gangguan penglihatan sesaat dan vertigo.
  • Hindari meminum tonik atau minuman keras ketika anda sedang mengkonsumsi kina, karena akan menimbulkan kontraksi yang berbahaya bagi tubuh kita.
  • Bagi anda yang menderita diabetes, gangguan pada mata dan lainnya. Berhati-hatilah dalam penggunaan kina, dikawatirkan bisa menambah permasalahan kesehatan pada diri anda.
  • Apabila selama sebulan tidak ada hasilnya, hentikan mengkonsumsi kina. Hal tersebut menunjukkan anda tidak cocok dengan kina. Apabila anda tetap meneruskan memakai kina, maka dikhawatirkan akan timbul masalah kesehatan.
  • Apabila terjadi overdosis atau sakit yang semakin parah lebih baik anda pergi ke dokter.

Itulah beberapa informasi seputar manfaat yang kita peroleh dari pohon kina dan juga efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi pohon kina secara berlebih. Untuk itulah kita harus secukupnya mengkonsumsi pohon kina, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

(Artikel terkait pohon kina : manfaat kina)

, , , ,
Post Date: Tuesday 21st, June 2016 / 01:38 Oleh :
Kategori : Tumbuhan