4 Manfaat Ikan Roa Untuk Kesehatan

???????????????

Bagi anda mungkin jenis ikan yang satu ini sangat asing terdengar di telinga anda karena hanya ada di beberapa daerah saja di Indonesia, yaitu ikan roa. Dan untuk anda yang ingin mengenal lebih lanjut seperti apa, kandungan apa saja serta manfaatnya, berikut merupakan penjelasan singkatnya. Ikan roa sendiri di skala internasional lebih dikenal dengan nama garfish dan berasal dari daerah Sulawesi Utara, tepatnya daerah Manado dan sekitarnya. Selain di Indonesia, ikan roa juga hidup di perairan Indo- Pasifik dan di wilayah Australia bagian Utara. Adapun kandungan gizi yang terdapat dalam ikan roa yang berbeda jika anda melihat manfaat ikan tilapia, sehingga menjadikan ikan ini memiliki nilai jual yang tinggi di pasaran.

Kandungan Gizi Ikan Roa

  • Kalori
  • Protein
  • Omega 3
  • Gula
  • Karbohidrat

Dan tidak hanya banyaknya kandungan gizi yang ada pada ikan roa saja yang membuatnya mahal, tetapi bentuk fisiknya yang sangat unik dan indah. Berbeda jika anda melihat artikel manfaat ikan juaro, ciri fisik dari ikan roa sendiri yaitu memiliki bagian mulut yang menyerupai paruh panjang dengan permukaan yang halus mengkilap dan berwarna hitam keperakan. Untuk ukurannya sendiri bisa mencapai panjang 55 cm dan di pasaran sendiri pada umumnya kita hanya bisa menjumpai ikan roa dengan panjang sekitar 35 cm saja. Dan di Manado sendiri, ikan roa ini biasanya dijadikan sebagai bahan pelengkap menu makanan seperti sambal roa yang sangat populer di kalangan masyarakat. Selain kelezatannya, adapun manfaat yang sangat baik bagi tubuh anda.

Manfaat Ikan Roa

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan omega 3 pada ikan roaberbeda pada manfaat ikan jangkang, dapat membuat anda memiliki jantung yang sehat. Hal ini karena omega 3 dapat membantu proses serta kinerja jantung dalam memompa dan menyaring darah anda dengan mudah. Sehingga jantung anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit serta kerusakan. Mengkonsumsi ikan roa bisa anda jadikan sebagai media utama dalam mencegah terjadinya penyakit jantung dalam tubuh anda, karena kita tahu bahwa jantung merupakan organ tubuh terpenting bagi kelangsungan hidup anda.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jika anda memiliki jumlah kolesterol berlebih dalam tubuh anda berbeda jika anda melihat artikel manfaat ikan dendeng, anda bisa menurunkannya dengan mengkonsusmsi ikan roa sesuai dengan dosis. Kandungan Omega 3 pada ikan roa mampu membantu tubuh anda untuk menstabilkan kadar kolesterol dengan cara menurunkannya secara efektif.


  1. Menambah Gula Darah

Bagi anda yang cenderung tidak suka mengkonsumsi makanan manis sehingga memiliki kadar gula darah rendah sebaiknya waspada. Kadar gula darah yang rendah juga sangatlah berbahaya bagi anda, anda akan merasa lemas, lesu, dan mudah lelah. Untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh anda berbeda jika anda melihat manfaat ikan jelawat, anda bisa mengkonsumsi ikan roa secara berkala.

  1. Anti Kanker Payudara

Bagi seorang wanita, kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang harus dihindari. Kandungan gizi pada ikan roa dapat menangkal zat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker seperti kanker payudara.

Itulah berbagai manfaat pada ikan roa yang dapat kami sampaikan, selain harganya yang cukup terjangkau dan rasanya yang lezat, ikan roa memiliki banyak sekali manfaat. Semoga informasi di atas dapat menambah ilmu pengetahuan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.