5 Manfaat Asuransi Bagi Perusahaan dan Karyawan

Setiap perusahaan pasti menginginkan produktifitas dan efisiensi kerja yang tinggi dari seluruh karyawannya demi kelangsungan bisnis perusahaan tersebut. Hal yang mempengaruhi kinerja karyawan salah satunya adalah faktor kesehatan. Saat ini sudah banyak perusahaan yang melakukan penjaminan untuk membantu biaya kesehatan karyawan dan keluarganya melalui program BPJS. Tujuan penjaminan ini adalah supaya karyawan tersebut lebih fokus bekerja tanpa harus memikirkan tanggungan biaya kesehatan keluarganya. Bahkan beberapa perusahaan tidak hanya memberikan asuransi kesehatan kepada karyawannya tapi juga asuransi untuk biaya pendidikan. Hal itu dilakukan perusahaan untuk dapat meningkatkan kualitas kinerja karyawannya.

Baca Juga:

Jenis asuransi yang diberikan perusahaan cukup beragam dan berikut adalah beberapa jenis asuransi yang biasa digunakan perusahaan untuk karyawan serta Manfaat Asuransi Bagi Perusahaan :

Baca juga :

1. Asuransi kesehatan untuk kesejahteraan karyawan

Jenis asuransi ini adalah yang paling umum diberikan perusahaan untuk karyawannya karena kesehatan karyawan masih dirasa sebagai faktor terpenting yang mempengaruhi kinerja mereka untuk perusahaan. Asuransi kesehatan yang diberikan ini mampu mengcover biaya pengobatan karyawan dan keluarga, biaya rawat inap, biaya persalinan dll. Tujuan diberikan asuransi kesehatan untuk seluruh karyawan dan keluarganya adalah untuk meningkatkan produktifitas kerja mereka di perusahaan. (Baca Juga: Manfaat mempelajari kewirausahaanManfaat akuntansi pajak bagi perusahaan)

2. Meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan

Karyawan akan lebih fokus bekerja untuk perusahaan karena segala macam resiko kecelakaan kerja ataupun kesehatan keluarganya telah dicover oleh perusahaan. Hal ini pula lah yang akan meningkatkan loyalitas karyawan. (Baca juga : Manfaat uang dalam perekonomian, Manfaat organisasi, Manfaat perencanaan SDM, Manfaat organisasi sekolah, Manfaat negosiasi).

3. Mendapatkan karyawan terbaik

Dalam proses rekruitment karyawan, beberapa perusahaan akan menjelaskan fasilitas apa saja yang akan diperoleh saat bekerja di perusahaan mereka salah satunya adalah asuransi. Semakin banyak fasilitas yang diberikan maka kemungkinan perusahaan untuk memilih dan menghire karyawan terbaik akan semakin besar.

4. Meminimalisir besarnya biaya tanggungan

Untuk menangani resiko kecelakaan kerja yang terjadi pada karyawan, karena sudah ditanggung seluruhnya oleh pihak asuransi. (Baca juga : Manfaat daun zodia untuk pengobatan, Manfaat doa qunut, Manfaat pembangunan ekonomi, Manfaat hand spinner).

5. Asuransi bisnis dan properti untuk melindungi aset perusahaan

Resiko kebakaran, bencana alam, pencurian hingga kerusuhan mungkin saja terjadi dan memberi kerugian pada setiap perusahaan. Dengan menggunakan asuransi bisnis, maka seluruh kerugian perusahaan akan dicover oleh penyedia asuransi. Beberapa hal yang dicover oleh penyedia asuransi antara lain kesehatan kerja seluruh karyawan, penggantian aset perusahaan, dll.

Artikel terkait :
Manfaat asuransi bagi nasabah, Manfaat asuransi kesehatan, Manfaat asuransi pendidikan, Manfaat laporan keuangan bagi perusahaan, Manfaat gempa bumi , Manfaat tabungan emas, Manfaat gcg bagi perusahaan, Manfaat menggunakan asuransi