15 Manfaat Uang dalam Perekonomian

Uang memang berbentuk koin logam biasa atau bahkan kertas, namun jika bicara soal nilai, efek dari uang bisa sangat luar biasa. Uang adalah yang dibutuhkan oleh semua orang karena inilah yang kita bawa ke pasar, warung dan pusat perbelanjaan lainnya. Bahkan uang adalah yang paling kita perlukan untuk berekreasi dan bersekolah. Walau uang memiliki sisi negatif, ada sejumlah manfaat uang dalam perekonomian masyarakat yang patut untuk diketahui.

1. Sebagai Alat Tukar

Manfaat uang paling utama tentu adalah sebagai alat tukar modern karena pada zaman dulu orang akan melakukan proses pertukaran barang dengan barang yang nilainya kurang lebih sama. Di zaman modern, pertukaran tidak lagi menukarkan barang tapi hanya dengan memakai uang yang dimanfaatkan sebagai alat tukar. Uang inilah yang mampu mengatasi kesulitan pertukaran dengan cara barter.

2. Sebagai Satuan Hitung

Manfaat uang lainnya adalah sebagai satuan hitung karena nilai dari bermacam-macam barang atau jasa yang ditawarkan di luar sana akan ditunjukkan oleh uang. Satuan hitung yang dimaksudkan di sini adalah menghitung besar dan kecilnya pinjaman serta menunjukkan besar kekayaan.

3. Menunjukkan Harga

Entah itu barang atau jasa yang diperjualbelikan, untuk dapat memperlancar sebuah proses pertukaran, tentu kita harus tahu harga dari barang atau jasa tersebut. Uanglah yang digunakan untuk menentukan harga tersebut. Dengan kata lain, uang dimanfaatkan sebagai sebuah alat penunjuk harga.

4. Menyimpan Nilai

Tidak hanya sekadar menunjukkan nilai suatu barang atau jasa, uang juga dapat digunakan sebagai penyimpanan nilai. Cara menyimpannya adalah dengan cara menabung. Ketika ekonomi semakin sulit, jika seseorang memiliki tabungan maka akan sangat membantu, apalagi untuk kebutuhan sehari-hari di masa mendatang. Uang adalah penyimpan nilai yang praktis karena kapan saja diperlukan dapat diambil.

5. Sebagai Pemindah atau Penimbun Kekayaan

Seseorang yang mempunyai kekayaan dengan bentuk lain selain dari banyak uang, ia dapat memindahkan kekayaannya. Contohnya adalah ketika seseorang yang tinggal di kota namun sebenarnya memiliki tanah di desa. Tanah tersebut bisa dijual yang kemudian uangnya dapat digunakan untuk membeli tanah di kota.

6. Sebagai Alat Pembayaran

Tanpa uang, manusia tidak akan dapat membeli sebuah barang atau jasa. Arti dari manfaat ini adalah bahwa manusia menggunakan uang untuk membayar jasa atau barang yang dibutuhkannya. Contoh barang yang dibutuhkan manusia adalah kebutuhan pokok sehari-hari.

7. Sebagai Alat Pembayaran Pajak

Uang tidak hanya bermanfaat untuk membayar apa yang kita butuhkan dengan membelinya. Uang pun dimanfaatkan untuk membayar pajak. Pajak sendiri bukanlah sebuah barang, tapi pajak merupakan iuran rakyat yang dibayarkan kepada negara yang didasarkan pada undang-undang dengan tanpa memperoleh secara langsung balas jasa. Pajak yang dibayarkan oleh masyarakat akan digunakan oleh pemerintah untuk membiayai beragam pengeluaran publik.

8. Mendorong Aktivitas Ekonomi

Uang sangat berpengaruh dalam masyarakat kita dan dianggap sangat mendukung aktivitas ekonomi. Hal ini dikarenakan setiap orang akan termotivasi untuk memperoleh uang sehingga mereka ingin bekerja atau melakukan kegiatan ekonomi. Motivasi ini didapat juga karena uang adalah sebuah kebutuhan.

9. Membentuk Kekayaan Baru

Uang selain bermanfaat memindah atau menimbun kekayaan juga bisa digunakan untuk menciptakan kekayaan baru di mana seseorang dapat mengumpulkan uang untuk membeli rumah atau perhiasan. Di kemudian hari, perhiasan atau rumah (dengan nilainya yang tidak akan turun) yang sudah dibeli dapat sewaktu-waktu dijual kembali. Banyak yang menyebut hal ini sebagai investasi.

10. Sebagai Standar Pembayaran Hutang

Uang juga bisa bermanfaat sebagai standar pembayaran hutam di mana hal itu menandakan bahwa dengan tersedianya uang, penentuan akan standar pembayaran hutan akan lebih mudah dan cepat. Hal ini akan sangat berguna bagi seseorang yang sering meminjam uang atau membeli barang secara kredit; inilah yang kita sebut dengan hutang. Ketika hendak membayar, uang adalah yang dipakai sebagai alat pembayaran sah dan untuk itulah mengapa kestabilan nilai uang begitu penting.

11. Menciptakan Lapangan Kerja

Seseorang dengan uang yang cukup banyak dapat menjadikannya sebagai modal. Modal biasanya dimanfaatkan sebagai pencipta kesempatan kerja baru. Tidak hanya untuk memodali diri sendiri agar kita memiliki kesempatan kerja yang lebih baik sesuai dengan bidang yang kita suka, lapangan pekerjaan yang kita buka dapat meningkatkan ekonomi orang lain dengan memberikan mereka kesempatan untuk bekerja di tempat usaha yang kita ciptakan.

12. Sebagai Komoditas yang Diperjualbelikan

Tidak hanya barang atau jasa saja yang dapat diperjualbelikan, pada dasarnya uang sendiri pun dapat dijadikan komoditas yang diperjualbelikan. Proses jual beli uang ini akan didasarkan pada informasi kurs yang berlaku pada waktu tertentu; ini karena kurs dapat berubah setiap harinya. Contoh paling mudah adalah ketika seorang turis asing dari Amerika datang berkunjung ke Indonesia, ia akan menukar uang Dollar Amerika-nya dengan mata uang Indonesia, yaitu Rupiah. Penukaran uang tersebut dapat dianggap sebagai membeli uang yang nantinya akan memudahkan sang turis untuk melakukan transaksi keuangan selama berada di tanah air.

13. Sebagai Penyelamat Depresi Ekonomi Negara

Gejolak ekonomi tentunya dapat dialami oleh negara manapun dan adanya depresi ekonomi dapat memunculkan akibat pendapatan negara serta ekspor merosot. Uang dapat bermanfaat dan memberikan keuntungan pada saat-saat krisis tersebut dengan pengelolaan yang benar dan pemanfaatan celah ekonomi yang kiranya dapat dimasuki. Kondisi perekonomian dapat menjadi hancur ketika instabilitas akibat depresi terjadi dan dapat meningkatkan angka pengangguran di sebuah negara.

14. Mempromosikan Kesejahteraan Ekonomi

Tidak salah lagi bahwa uang merupakan sebuah instrumen yang berharga dan hal ini telah dibuktikan bahwa uanglah yang akan memromosikan kesejahteraan ekonomi suatu negara. Alasannya sangat sederhana, yaitu karena ilmu ekonomi secara keseluruhan didasarkan pada uang. Uanglah yang dijadikan ukuran bagi motif dan aktivitas ekonomi.

15. Sebagai Fasilitas Rencana Produksi dan Konsumsi

Uang dimanfaatkan sebagai fasilitas perencanaan produksi sebuah jasa maupun barang dan juga perencanaan masyarakat dalam hal konsumsi. Produksi dalam sebuah usaha akan membutuhkan uang yang disebut juga sebagai modal. Bukan hanya sekadar dapat membuka lapangan pekerjaan, tapi uang dapat menjadi hal yang mendukung sebuah proses produksi. Orang pun akan membutuhkan uang untuk kepentingan konsumsi.

Itulah sejumlah manfaat uang dalam perekonomian yang tentunya sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat dan negara. Kegiatan perekonomian akan sangat terdukung oleh adanya uang sebagai alat tuka modern.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sosial