Manfaat Pengembangan Karir Untuk Karyawan dan Perusahaan

Perusahaan yang besar adalah perusahaan yang bisa menjamin kehidupan lebih baik untuk setiap karyawan yang dimiliki. Perusahaan besar akan memberikan banyak pengembangan karir karyawan dalam perusahaan namun tidak berarti menjadi beban tanggung jawab perusahaan saja. Karyawan juga memiliki peran penting dalam mengembangkan perusahaan. Bentuk tanggung jawab dari para karyawan adalah untuk bisa selalu belajar sekaligus berkembang secara individual. Sedangkan tanggung jawab perusahaan adalah memberi fasilitas program pengembangan karir bagi karyawannya. Perusahaan pastinya akan memberi fasilitas serta sarana terbaik untuk memperoleh karyawan yang memiliki prestasi tinggi. Kedua hal ini harus bersinergi demi kesuksesan kedua belah pihak. Untuk itulah pengembangan karir karyawan juga harus tetap dilakukan sebagai proses perbaikan. Berikut ini, kami akan jelaskan beberapa manfaat pengembangan karir dalam perusahaan untuk mendukung pertumbuhan setiap pihak.

  1. Menyelaraskan Tujuan Organisasi dan Karyawan

Dengan pengembangan karir, para karyawan tentunya juga akan semakin baik dari segi keterampilan dan pengetahuan yang semakin meningkat serta memiliki dampak yang sangat jelas untuk para karyawan yang juga berimbas dengan perkembangan perusahaan. Para karyawan nantinya juga bisa mendapatkan strata jabatan yang lebih tinggi dan perusahaan juga memperoleh citra yang lebih baik. Orang luar nantinya akan melihat jika perusahaan semakin berkembang dengan adanya karyawan yang ahli sekaligus berpengalaman. Untuk itulah sangat penting bagi kedua belah pihak untuk memperbaiki diri dimana perusahaan akan memberi fasilitas dan karyawan bisa meningkatkan produktivitas. Dengan begini, pengembangan karir karyawan dalam manfaat organisasi perusahaan bisa dirasakan manfaatnya.

  1. Program Pengembangan SDM Lebih Efisien dan Efektif

Pengembangan karir nantinya juga bisa meningkatkan kualitas kinerja karyawan yang bersangkutan. Peningkatan tersebut tentunya juga akan meningkatkan kinerja perusahaan. Produktivitas karyawan akan meningkat dan akhirnya juga bisa menekan biaya SDM seperti manfaat asuransi bagi perusahaan. Program pengembangan karir para karyawan ini memiliki tujuan jangka panjang yang juga akan memberikan efektivitas kerja. Setiap karyawan akan mendapatkan pelatihan, seminar, pembelajaran, workshop dan lainnya sehingga akan ada manfaat baru yang bisa diimplementasikan. Nantinya, implementasi hal baru lewat mentor atau fasilitator internal akan berjalan lebih efektif dan efisien sehingga perusahaan bisa mengirim 2 karyawan terbaik yang dimiliki kemudian mengajarkan kembali pada 10 karyawan lainnya.

  1. Menyehatkan Iklim Kerja Perusahaan

Iklim kerja yang positif akan semakin menggiatkan para karyawan dalam bekerja sekaligus mewujudkan mental yang sehat. Dengan ini, perusahaan juga tidak akan sulit untuk mewujudkan visi misi organisasi yang dimiliki sehingga pengembangan karir karyawan memang harus dilakukan secara berkelanjutan. Perusahaan akan mengelola sumber daya yang loyal sekaligus tangguh berhubungan dengan pola pengembangan karir individu. Apabila setiap individu puas dengan situasi dan kondisi kerja atau manfaat lingkungan kerja, maka suasana kerja juga akan bertambah kondusif sesuai dengan iklim budaya kerja yang diharapkan.

  1. Meningkatkan Passion Karyawan

Dengan pengembangan diri, maka karyawan bisa lebih mengenal diri mereka masing masing serta mengetahui kemampuan dan bakat yang dimiliki untuk menjadi lebih baik seperti manfaat GCG bagi perusahaan. Perusahaan juga akan mendapatkan talenta yang potensial serta berbakat. Passion sendiri merupakan jembatan pengembangan karir dalam bekerja. Jika bakat, hasrat, minat dan semangat belum ditemukan, maka tentu akan mengganggu produktivitas dan disinilah pengembangan karir bermanfaat agar para karyawan bisa menemukan minat dalam bekerja sekaligus berkontribusi secara positif bagi tumbuh kembang perusahaan.

  1. Jaminan Kesejahteraan Bagi Karyawan

Perusahaan seharusnya memberi keleluasaan untuk karyawan dalam mengembangkan karir selain juga harus memikirkan tentang manfaat perencanaan SDM. Keleluasaan tersebut juga harus seimbang dengan syarat tertentu yang harus terpenuhi. Ini dimaksudkan sebagai bentuk jaminan kesejahteraan karyawan bagi perusahaan sehingga loyalitas karyawan bisa meningkat. Karyawan akan diberi kesempatan untuk belajar dari perusahaan dan akan melihat hal tersebut sebagai bentuk dari jaminan kesejahteraan.

Itulah ulasan kami kali ini tentang manfaat pengembangan karir karyawan dalam perusahaan yang sangat penting. Belajar dan tidak mudah untuk menyerah dalam menghadapi persoalan tetap menjadi hal yang utama karena sebenarnya persoalan terjadi untuk menjadikan diri lebih baik dan semakin berkualitas.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Pendidikan