10 Manfaat GCG bagi Perusahaan – Karyawan – Investor

GCG merupakan kepanjangan dari “Good Corporate Governance” yang apabila diartikan dalam bahasa Indonesia memiliki arti tata kelola perusahaan yang baik. GCG berawal dari konsep good governance atau kondisi pemerintahan yang baik, yang kemudian diterapkan ke dalam bentuk pengelolaan pada suatu korporasi atau perusahaan.

Aspek dalam GCG

Good corporate governance (GCG) sendiri memiliki 5 aspek penting yang harus dipenuhi, untuk dapat mengaplikasikan konsep ini dengan tepat dan baik. Kelima aspek penting tersebut adalah :

manfaat GCG bagi perusahaan

  • Profesionalitas
  • Tanggung jawab (responsibility)
  • Fairness (keadilan)
  • Transparency (transparansi)
  • Accountability (akuntabilitas)

Kelima aspek tersebut harus terpenuhi agar konsep dari good corporate governance dapat berjalan dan diaplikasikan dengan baik.

Pengaplikasian good corporate governance secara penuh dan secara tepat dan utuh memberikan banyak sekali manfaat, baik itu bagi karyawannya dan juga bagi perusahaan itu sendiri. Saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang sudah mengoptimalkan konsep good corporate governance ini. Apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari good corporate governance :

1. Meningkatkan kualitas kerja para karyawan

Dengan adanya good corporate governance, maka kondisi lingkungan pekerjaan akan menjadi lebih baik. Bertambah baiknya lingkungan dan suasana dari lingkungan pekerjaan, maka karyawan akan merasa lebih dihargai dalam pekerjaannya. Hal ini akan bermanfaat pada lebih baiknya dan meningkatnya kualitas kerja yang dilakukan oleh para karyawan. Karyawan bisa merasa nyaman dan senang dalam bekerja di perusahaan yang menerapkan good corporate governance tersebut.

2. Meningkatkan keterikatan kerja para karyawan

Kualitas pekerjaan dari para karyawannya bertambah dan juga kondisi dari lingkungan pekerjaan yang membuat nyaman, maka karyawan pun akan memiliki keterikatan kerja yang baik dengan perusahaannya. Hal ini akan berdampak pada perusahaan yang tidak perlu repot dalam mengevaluasi hasil kerja dari para karyawannya. Karena dengan meningkatnya keterikatan kerja dari para karyawan, maka hasil pekerjaan pun akan menjadi lebih baik dan juga lebih fokus.

3. Meningkatkan kinerja perusahaan

Manfaat GCG yang berdampak pada kualitas pekerjaan pada karyawan, maka hal ini akan berdampak langsung pada kinerja keseluruhan dari perusahaan tersebut. Good corporate governance dapat mempengaruhi kualitas pekerjaan dari karyawan, dan juga akan berpengaruh pada meningkatnya kinerja keseluruhan dari perusahaan itu sendiri.

4. Neraca perusahaan yang lebih baik

Dengan meningkatnya kondisi kualitas pekerjaan dari karyawan dan juga meningkatnya kinerja dari perusahaan secara keseluruhan, maka hal ini juga akan berdampak pada kondisi neraca keuangan dari perusahaan yang akan menjadi lebih baik dan mengarah kea rah yang positif. Itu artinya, kemungkinan perusahaan merugi resikonya akn menjadi lebih kecil, dibandingkan perusahaan yang tidak menerapkan good corporate governance.

5. Penggunaan sumber daya yang lebih efektif

Selain itu manfaat GCG bagi perusahaan yang diterapkan , pengelolaan dan penggunaan sumber daya akan menjadi lebih efektif. Perusahaan hanya akan menaruh karyawan yang sesuai dengan kemampuannya. Hal ini tidak terjadi tumpang tindih tugas yang menagkibatkan kekacauan pada tubuh perusahaan tersebut.

6. Dapat mencegah munculnya KKN

KKN atau yang sering kita kenal dengan istilah korupsi, kolusi dan nepotisme merupakan salah satu faktor penghambat dari kemajuan suatu perusahaan. Dengan adanya KKN pada suatu perusahaan dapat menyebabkan :

  • Perusahaan menjadi rugi
  • Penempatan sumber daya yang tidak pas dan tidak efektif
  • Bangkrut
  • Terjerat kasus hukum

Dengan menerapkan prinsip dan konsep dari good corporate governance ini, maka KKN yang sering terjadi pada perusahaan dapat dikrangi dan ditekan jumlahnya.

7. Suasana lingkungan bekerja yang lebih baik

Manfaat Good corporate governance juga berguna untuk meningkatkan lingkungan bekerja menjadi lebih baik. Setiap karyawan akan merasa dihargai dan membuat mereka akan merasa betah. Dengan begitu, penerapan good corporate governance akan menyebabkan lingkungan pekerjaan darikaryawan menjadi lebih baik.

8. Mencegah terjadinya turnover pada karyawan

Turnover merupakan istilah lain untuk pindah kerja pada karyawan. Sering sekali kita mendengan ada istilah karyawan yang tidak betah, baru 1 – 2 tahun bekerja sudah ingin berhenti dan pindah dari pekerjaannya. Tentu saja hal ini dapat merugikan pihak perusahaan. Namun demikian, dengan penerapan konsep good corporate governance, intensi karyawan dalam melakukan turnover ini dapat ditekan dan diminamilisir.

Hal ini karena good corporate governance dapat meningkatkan kualitas pekerjaan dan membuat karyawan menjadi lebih betah berapa dalam perusahaan tersebut.

9. Melindungi hak para pemegang saham

Manfaat GCG bagi perusahaan dalam konsep ini dapat melindungi hak dan kepentingan dari para pemegang saham perusahaan. Dengan adanya good corporate governance, maka kepentingan dan juga hak dari pemegang saham untuk menjalankan tugasnya menjadi lebih optimal, sehingga para pemegang saham dapat menciptakan kebijakaan – kebijakan yang nantinya akan bermanfaat bagi perusahaan dan karyawannya.

10. Meningkatkan nilai perusahaan dan menarik investor

Suatu perusahaan yang menerapkan good corporate governance dengan bak dan optimal akan memiliki suasana dan kualitas pekerjaan yang baik. Selain itu good corporate governance juga dapat berpengaruh pada kondisi neraca keuangan perusahaan. Hal ini akan menjadi nilai tambah dari suatu perusahaan di mata para investor.

Para investor akan lebih tertarik untuk menanamkan saham pada perusahaan yang memiliki kualitas dan suasana bekerja yang baik serta neraca keuangan yang positif.

11. Hubungan antar perangkat perusahaan yang lebih baik

Biasanya beberapa karyawan terutama bawahan seringkali merasa takut apabila berhadapan dengan atasannya. Namun, dengan penerapan good corporate governance secara tepat, hal ini tidak akan tejadi. Hubungan antara perangkat perusahaan, baik horizontal maupun vertical akan menjadi lebih harmonis.

Itulah beberapa manfaat GCG atau good corporate governance bagi perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat.