15 Manfaat Adem Sari Sesuai Kandungan Bahannya

Apakah Anda pernah minum minuman adem sari? Ya, minuman serbuk dan minuman dalam kemasan kaleng ini memang sangat akrab untuk semua orang. Dari mulai anak-anak, dewasa hingga orang tua dapat meminum minuman adem sari ini. Ada beberapa jenis adem sari yang memiliki khasiat yang sama, kombinasi adem sari dibuat dengan beberapa campuran rasa buah-buahan agar terasa lebih segar. Komposisi bahan utama adem sari yang dikenal adalah seperti ekstrak jeruk nipis (citrus aurantifolia), vitamin C dan beberapa bahan-bahan lainnya yang baik untuk tubuh.

Adem sari menjadi minuman yang menyegarkan dan berguna untuk meredakan panas dalam. Panas dalam yang menyerang sekitar mulut dan tenggorokkan akibat sering mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih. Dengan banyaknya manfaat adem sari yang terkandung didalamnya, meminum minuman adem sari ini di percaya akan meredakan panas dalam karena adem sari banyak mengandung ekstrak vitamin yang baik untuk tubuh.

Kandungan Bahan-bahan pada Adem Sari

Adem sari memang menjadi minuman khusus yang bisa membantu tubuh dalam mengatasi masalah panas dalam. Panas dalam biasanya ditandai dengan beberapa gejala seperti bibir pecah-pecah, sakit pada tenggorokan dan badan terasa tidak segar. Untuk mengatasi berbagai masalah tersebut, dibawah ini adalah beberapa manfaat adem sari sesuai dengan kandungan bahan.

1. Mengatasi Kekurangan Vitamin C

manfaat adem sariKekurangan vitamin C juga bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah. Masalah ini sering dikaitkan dengan beberapa gejala seperti bibir pecah-pecah, pendarahan pada gusi, gusi bengkak dan tubuh menjadi lebih lemah.

Untuk mengatasi hal ini maka kandungan citrus aurantifolia sangat efektif dalam mengatasi masalah tersebut. Dengan di tambah memperbanyak konsumsi buah-buahan dan vitamin yang cukup, tubuh akan kembali lebih fit dan gejala yang terjadi di sekitar mulut akan berangsur pulih.

2. Menjaga Kesehatan Gusi

Gusi memiliki peran yang penting dalam kesehatan mulut. Terkadang kekurangan vitamin C dapat menyebabkan masalah pada gusi seperti gusi berdarah, gusi bengkak dan peradangan pada gusi. Masalah ini terkadang akan menjadi lebih menyakitkan bila tidak segera diobati.

Untuk mengatasinya maka adem sari yang mengandung ekstrak dari citrus aurantifolia bisa meredakan gejala yang dirasakan dengan cepat. Tambaahan ekstrak dari bahan citrus aurantifolia juga mengandung flavonoid yang bisa menekan pertumbuhan bakteri pada gusi, sehingga akan mengurangi gangguan seperti gusi berdarah dan bengkak pada mulut.

3. Menjaga Kesehatan Mata

manfaat adem sari

Manfaat menjaga kesehatan mata memang tidak pernah di masukkan dalam khasiat khusus dari adem sari. Namun ektrak dari bahan citrus aurantifolia ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Bahan-bahan ini mengandung vitamin C dan antioksidan khusus yang bisa bekerja efektif untuk kesehatan mata.

Selain kandungan yang terdapat pada adem sari ini juga sangat efektif untuk mengatasi infeksi. Meski adem sari di kenal untuk meredakan panas dalam, namun terdapat manfaat adem sari lainnya yang tidak diketahui oleh banyak orang.

4. Perawatan Tulang

Ekstrak dari bahan citrus aurantifolia memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Salah satu adalah masalah yang biasanya menyerang tulang saat usia telah tua seperti kandungan asam urat yang terlalu tinggi. asam urat yang menumpuk bisa menyebabkan peradangan pada tulang.

Kandungan ekstrak citrus aurantifolia sudah diperkaya dengan asam sitrat yang sangat baik untuk melarutkan semua asam dalam tubuh. Selain itu juga bisa untuk melancarkan urin dan mengatasi peradangan, sehingga menjaga fungsi kerja tubuh agar tetap bekerja dengan benar.

5. Mengatasi Sembelit

Masalah sembelit tidak hanya menyulitkan proses sekresi tapi juga bisa menyakitkan daerah di sekitar anus, jika kondisi yang parah bisa menyebabkan ambeien. Bahkan beberapa orang mengalami pendarahan jika kondisi yang dialami lebih parah dari sebelumnya. Kandungan bahan citrus aurantifolia memiliki manfaat yang sangat baik untuk melancarkan buang air besar dan dapat memperbaiki saluran pencernaan. Dengan cara ini maka sembelit bisa diatasi dan kesehatan usus lebih terjaga.

6. Meredakan Demam Akibat Panas Dalam

Ekstrak bahan citrus aurantifolia ternyata juga dapat bermanfaat untuk mengatasi demam karena panas dalam. Kandungan vitamin C dan bahan anti peradangan dalam yang ekstrak ini bekerja secara aktif untuk membantu tubuh menurunkan suhu. Daya tahan tubuh akan lebih cepat kembali dan tubuh bisa menjadi lebih sehat.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Memiliki daya tahan tubuh yang baik akan membentuk tubuh yang lebih sehat. Biasanya daya tahan tubuh yang lemah sering menyebabkan penderita menjadi lebih mudah terserang flu dan demam. Ektrak bahan citrus aurantifolia mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Kandungan bahan ini akan membantu tubuh dalam mengelola daya tahan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

8. Mengatasi Dehidrasi

Dehidrasi karena kepanasan, terlalu lelah atau aktifitas yang terlalu padat seringkali tidak diperhatikan oleh sebagian orang. Namun masalah dehidrasi bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah dan mudah terserang penyaakit. Untuk mengatasi hal ini maka bahan citrus aurantifolia dapat membuat tubuh mendapatkan cairan yang telah hilang akibat banyaknya aktivitas yang dijalani. Selain itu minuman adem sari akan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

9. Mengobati Sariawan

manfaat adem sariAdem sari juga mengandung salah satu jenis tanaman herbal yang sangat terkenal yaitu Alyxia stellata. Bahan ini sangat efektif untuk membantu mengatasi sariawan pada mulut. Sariawan bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kekurangan cairan, kekurangan vitamin C, tubuh yang lemah dan masalah kekebalan tubuh. Akibatnya maka sariwan bisa muncul pada bibir maupun gusi dan daerah sekitar mulut bahkan pada lidah.

Sariawan akan membuat mulut menjadi tidak nyaman bahkan bisa menyebabkan demam dan perih pada luka sariawan. Ektrak dari tanaman Alyxia stellata ini memiliki manfaat yang ampuh untuk meredakan sariawan dan menyamarkan nyeri pada luka sariawan.

10. Meningkatkan Energi Tubuh

Adem sari juga mengandung bahan curcumis lativus yang sangat baik untuk menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh. Bahan ini mengandung sumber vitamin A dan vitamin C. Bahkan konsumsi dalam jumlah tertentu dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh dan meningkatkan energi untuk tubuh agar tubuh tetap bugar dan fit.

11. Membuang Racun dari Tubuh

Ekstrak curcumis lativus atau timun suri juga penting untuk membuang racun dalam tubuh. Kandungan bahan ini akan membantu tubuh dalam membuang semua racun lewat urin. Bahan ini sangat efektif untuk membuang racun dalam tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat.

12. Timun Suri dalam Adem Sari Sebagai Antioksidan

Timun suri atau ekstrak curcumis lativus yang mengandung vitamin A dan antioksidan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada mata. Selain itu bahan antioksidan ini juga penting untuk mengatasi masalah radikal bebas pada tubuh dan baik untuk mencegah penuaan diri. Kasiat pada buah timun suru juga akan membantu metabolisme tubuh menjadi baik.

13. Timun Suri dalam Adem Sari Sebagai Anti Kanker

Timun suri yang masuk sebagai bahan kandungan dari adem sari ternyata mengandung zat saponin yang bermanfaat untuk mencegah kanker dalam tubuh. Kandungan ini bermanfaat sebagai sumber antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh. Bahkan buah timun suri juga sangat baik untuk mencegah kolesterol buruk dan lemak jahat dalam tubuh. Timun suri sangat baik bila di konsumsi untuk sehari-hari.

14. Markisa Sebagai Sumber Serat dan Protein

Manfaat adem sari lainnya juga terdapat pada buah markisa yang berukuran sedang, buah markisa ini banyak mengandung sekitar 20 gram serat dan 4 gram protein. Serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dan menyehatkan usus, sedangkan protein bisa menjadi sumber tenaga dan bahan khusus untuk memproduksi sel darah merah.

Konsumsi buah markisa harian akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dengan kandungan vitamin dalam buah markisa ini akan membuat tubuh lebih fresh tetap fit dan juga tidak mudah lelah.

15. Markisa dalam Adem Sari untuk Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

manfaat adem sariMarkisa yang menjadi salah satu bahan dalam adem sari ini juga mengandung sekitar lebih dari 20% vitamin A. Vitamin A yang terdapat pada buah markisa ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, mata, dan mendukung pertumbuhan sel pada tubuh dan fungsi reproduksi.

Selain itu buah markisa juga mengandung berbagai jenis karotenoid seperti licopen, beta karoten, alfa karoten, dan semua jenis zat fitokimia. Bahan-bahan ini dapat membentuk dan menjadikan tubuh lebih sehat serta membantu penyerapan vitamin A dari luar tubuh.

Bahan-bahan adem sari ini banyak mengandung berbagai macam manfaat untuk tubuh. Mengkonsumsi adem sari memang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun mengkonsumsi yang sesuai dengan takaran sangat disarankan sehingga tidak berlebihan.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan