10 Manfaat Kulit Kayu Asam Jawa Untuk Kesehatan

Asam jawa atau biasa disebut asam merupakan tanaman yang populer untuk dijadikan pelengkap bumbu masakan. Namun tahukah Anda bahwa pohon asam jawa dengan diameter batang 25 meter dapat mencapai ketinggian hingga 100 meter? Dan dalam setahun pohon yang sudah tua bahkan mampu menghasilkan hingga 250 kg buah asam.

Artikel terkait:

Tanaman yang satu ini juga faktanya memang memiliki banyak sekali khasiat sebagai tanaman herbal. Bayangkan saja dari daun, kulit batang, buah, hingga bijinya pun memiliki manfaat bagi kesehatan. Jadi bukan hanya daging buahnya saja yang dapat dimanfaatkan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai manfaat kulit kayu asam jawa. Berikut adalah manfaat kulit kayu asam jawa:

1. Mengobati Asma

Asma merupakan penyakit pernafasan yang membuat penderita mengalami sesak atau sulit untuk bernafas. Bagi penderita asma, kulit kayu asam jawa mungkin dapat menjadi pilihan sebagai obat alternatif tradisional. Caranya adalah dengan merebus 2 potong kulit kayu asam jawa dan adas pulowaras dengan 2 gelas air. Didihkan hingga tersisa setengahnya kemudian saring sebelum diminum. Anda dapat mengkonsumsi ramuan tradisional ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Simak juga:

2. Anti-Bakteri

Menurut sebuah studi yang dilakukan Concordia College, Departemen Nutrisi dan Diet, tanaman asam jawa, termasuk kulit kayunya  memiliki manfaat sebagai antibakteri terhadap penyebab penyakit pneumonia, tifus, dan bakteri yang dapat menyebabkan beberapa infeksi penyakit pada kulit.

Simak juga:

3. Gangguan Percernaan

Untuk mengobati gangguan pencernaan Anda dapat menggunakan 1-2 gram bubuk kulit kayu asam untuk kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas. Minum secara rutin satu hari sekali untuk efek yang maksimal.

Simak juga:

4. Melawan Bakteri Penyebab Infeksi Saluran Reproduksi

Menurut sebuah penelitian Universitas Syiah Kuala (2015) kulit kayu asam memiliki aktivitas antibakteri yang kuat dalam menghambat pertumbuhan streptokokus Grub B (SGB). SGB inilah yang sering menjadi penyebab infeksi pada saluran reproduksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak metanol yang terkandung pada kulit kayu asam jawa mampu menghambat pertumbuhan SGB isolat vagina.

5. Mengurangi Kadar Glukosa Darah

Penelitian lain yang menjadikan tikus putih jantan sebagai objek eksperimen, mengungkapkan bahwa kulit kayu asam jawa memiliki efek hipoglikemik. Hasilnya ekstrak etanol kulit kayu asam jawa memang mampu menurunkan kadar glukosa darah. Flavonoid, alkaloid, dan tanin pada kulit kayu asam jawa merupakan senyawa kimia yang diduga mampu merangsang sekresi insulin dan menghambat penyerapan glukosa di saluran pencernaan.

6. Menyembuhkan Luka

Jika Anda mengalami luka yang tidak terlalu serius, Anda dapat menyembuhkan luka tersebut dengan mengolesi bagian tubuh anda yang terluka dengan bubuk kulit kayu asam jawa.

Simak juga:

7. Menyembuhkan Borok

Jika anda memiliki borok di kulit anda dapat menaburkan bubuk kulit kayu asam jawa di daerah yang terluka. Karena kulit kayu asam jawa memiliki sifat tonik dan astringen, maka sangat cocok sebagai obat alami luka yang disebabkan infeksi bakteri.

8. Menyembuhkan Bisul

Jika pada kulit Anda terdapat benjolan merah yang terasa sakit dan terlihat bernanah, Anda mungkin terkena bisul. . Kulit kayu asam jawa yang memiliki fungsi anti-bakteri tentunya juga dapat membantu mengobati infeksi karena bakteri yang menyebabkan bisul.

9. Menyembuhkan Ruam

Ruam yang muncul pada kulit biasanya ditandai dengan rasa gatal, bengkak, kulit kemerahan, iritasi, bahkan kulit bisa mengeras atau terdapat benjolan seperti melepuh pada kulit. Ruam pada kulit dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti efek dari obat-obatan, kosmetik, alergi. atau penyakit lainnya. Kulit asam jawa diindikasikan dapat membantu meringankan ruam pada kulit.

10. Mengobati Sariawan

Sariawan bukanlah penyakit yang berbahaya, hanya saja karena saat sariawan penderita pasti kesulitan untuk makan maupun bicara, penyakit ini cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun jangan khawatir, rupanya bubuk kulit kayu asam jawa juga dapat digunakan sebagai obat berkumur bagi penderita sariawan. Jika berkumur dengan ramuan tradisional ini secara rutin sariawan Anda bisa diatasi.

Simak juga:

Manfaat kulit asam jawa mungkin tidak begitu diketahui secara luas namun faktanya seluruh bagian tanaman asam jawa memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Jadi jika disekitar lingkungan Anda terdapat pohon buah asam, maka jangan hanya memanfaatkan buah dan daunnya, tapi coba juga untuk memanfaatkan kulit kayunya.

Untuk membuat bubuk kulit kayu asam jawa Anda dapat menjemur kulit kayu asam jawa hingga benar-benar kering, kemudian tumbuk halus hingga berbentuk butiran kecil atau bubuk. Mudah bukan?

, , ,
Post Date: Friday 04th, November 2016 / 04:40 Oleh :
Kategori : Herbal