16 Manfaat Anggur Brazil Untuk Kesehatan

Anggur Brazil menjadi salah satu jenis anggur merah dengan warna ungu lebih pekat dan ukuran buah per butrinya juga lebih besar dibandingkan dengan anggur pada umumnya. Anggur ini juga cukup unik sebab bagian buah tumbuh pada batang yang tinggi. Jenis anggur ini bisa di konsumsi langsung atau juga dapat diolah menjadi berbagai makanan atau minuman lainnya seperti selai, jus, minuman keras dan juga kue tart. Jenis anggur langka yang juga dikenal dengan nama jaboticaba ini memiliki warna hijau saat masih muda dan kulitnya sangat tipis membungkus bagian daging buah berwarna putih transparan. Pohon buah ini sering disebut dengan pohon abadi sebab bisa berbuah sepanjang tahun.

Nutrisi yang terkandung dalam anggur Brazil ini juga cukup lengkap seperti vitamin K, vitamin C, vitamin B2, vitamin B1, vitamin B9, vitamin B12, vitamin B6, zat besi, magnesiu, karbohidrat, energi, seng, niacin, thiamin, riboflavin, asam folat, serat dan juga natrium. Dengan begitu banyak nutrisi yang terkandung dalam jenis anggur ini, maka tentunya juga sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini kami akan memberikan detail tentang manfaat dari anggur Brazil untuk kesehatan.

Artikel terkait:

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Anggur Brazil sangat baik untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Caranya adalah dengan mengupas kulit buah anggur dan mengkonsumsinya secara langsung atau dibuat jus terlebih dulu.

  1. Mengobati Diabetes

Bagian buah terutama kulit buah anggur Brazil sangat efektif dalam mengurangi kadar glukosa darah dan mencegah diabetes type 2.

  1. Mencegah Kanker

Senyawa fenolik seperti anthocyanin yang terdapat dalam anggur Brazil berfungsi sebagai antioksidan, anti inflamasi dan juga anti kanker. Senyawa anti kanker yakni anthocyanin dipercaya bisa menghambat pertumbuhan dan penyebaran dari sel kanker.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Semua makanan yang mengandung polifenol dan juga antosianin seperti anggur Brazil bisa dimanfaatkan untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular dengan cara mengatur metabolisme lipid di dalam tubuh. Diet dengan mengkonsumsi anggur Brazil akan meningkatkan LDL atau kolesterol baik di dalam tubuh anda.

  1. Menyehatkan Organ Pernapasan

Sifat astringent yang ada pada buah ini akan membantu memperlebar saluran udara bronkial sehingga peredaran udara di dalam saluran pernafasan bisa semakin baik.


  1. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi dalam buah ini sangat baik dalam meningkatkan sel darah merah sehingga bisa mencegah penyakit kekurangan darah atau anemia, pusing dan juga pingsan.

Artikel terkait:

  1. Memperkuat Tulang

Tingginya kandungan kalsium, magnesium dan potasium pada buah ini sangat baik untuk memperkuat tulang dan kandungan mineral sangat baik dalam mencegah osteoporosis.

  1. Menyehatkan Kulit

Dengan penelitian yang sudah dilakukan membuktikan jika buah anggur Brazil yang kaya akan vitamin B3 memiliki banyak khasiat untuk kulit seperti mencegah penuaan dini, mencegah bintik hitam atau flek, mencegah keriput, mencegah garis halus, mencegah jerawat, meningkatkan elastisitas kulit dan juga pertumbuhan sel. Untuk melakukan perawatan dengan menggunakan anggur Brazil caranya dengan mencampur bubuk anggur brazil dengan oatmeal dan madu murni yang digunakan untuk scrub wajah.

Artikel terkait:

  1. Mengurangi Radang Sendi

Oleh karena khasiat anti inflamasi yang tinggi, maka buah ini juga sangat efektif dalam mengatasi gangguan peradangan sekaligus mengurangi artritis.

  1. Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Zat besi tinggi yang ada pada anggur Brazil bisa menjadi sumber asam folat yang mempunyai peranan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan ibu hamil.

  1. Mencegah Radang Tenggorokan

Sari anggur Brazil akan memberikan efek menenangkan pada tenggorokan yang sakit dan kandungan vitamin C-nya akan melawan infeksi dan membuat proses penyembuhan bisa berjalan semakin cepat. Caranya adalah menghaluskan beberapa buah ini dengan air hangat dan di minum sampai habis.

  1. Mengobati Asma

Masyarakat Amerika Serikat sudah menggunakan buah anggur Brazil ini sejak lama sebagai obat asma, sebab buah ini akan menjaga kelancaran saluran pernafasan menuju ke paru paru sekaligus membuka bronkus.

Artikel terkait:

  1. Menyembuhkan Diare

Kadar serat tinggi yang ada pada anggur Brazil ini juga sangat baik dalam meningkatkan gerak usus dalam pencernaan serta detoksifikasi sehingga akan menyembuhkan diare dengan cepat dan aman. Untuk mengobati diare bisa dilakukan dengan mengeringkan buah ini lalu campur dengan air dan dikonsumsi secara rutin sampai diare sembuh.

  1. Antioksidan

Dalam buah anggur Brazil memiliki kandungan fenolat seperti antosianin yang menjadi falvonoid sebagai pembentuk warna biru atau ungu pada buah sehingga sangat tinggi akan kandungan antioksidan yang baik dalam mencegah berbagai virus erta bakteri di dalam tubuh. Anthocyanin ini menjadi satu-satunya asam lemak yang mempunyai peranan penting untuk kesehatan.

Artikel terkait:

  1. Menyuburkan Rambut

Nutrisi yang terkandung dalam buah ini juga membantu pertumbuhan rambut supaya lebih sehat, lebih berkilau serta mengurangi kerontokan rambut.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, sangat baik untuk menambahkan anggur Brazil ini ke dalam menu diet yang akan menurunkan berat badan secara signifikan karena rendah lemak dan rendah kalori. Tidak hanya itu, anggur Brazil juga tinggi akan serat sehingga akan lebih mengendalikan nafsu makan dan akan membuat anda kenyang dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Artikel terkait:

Buah anggur Brazil ini termasuk buah yang cepat rusak dan akan mulai berfermentasi sesudah 3 sampai 4 hari setelah dipetik. Oleh sebab itu disarankan menyimpannya pada suhu kamar tidak lebih dari 2 hari saja, namun jika disimpan dalam lemari es maka bisa bertahan sampai 6 hari. Ada baiknya anda menghindari konsumsi kulit buah ini sebab bisa menimbulkan sembelit yang cukup parah.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan