10 Manfaat Anggrek Hitam bagi Kesehatan Manusia

Seperti bunga mawar, anggrek adalah salah satu jenis bunga yang cukup terkenal di antara bunga-bunga lainnya. Keindahan dan keharumannya membuat ia banyak dicari sehingga beberapa spesies bunga ini menjadi langka dan termasuk tumbuhan yang dilindungi salah satunya anggrek hitam. Bunga yang merupakan maskot flora dari propinsi Kalimantan Timur ini dilindungi dan dilestarikan di cagar alam Kersik Luway.

Anggrek hitam

Meskipun disebut anggrek hitam namun pemilik nama latin coelogyne pandurata ini tidak sepenuhnya berwarna hitam. Hanya bagian lidah atau labellum yang warnanya hitam yang diselingi garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Aromanya wangi semerbak dan dapat dinikmati pada bulan Maret hingga Juni dimana ia sedang mekar-mekarnya.

Di habitat asalnya di Kalimantan tumbuhan ini terancam mengalami kelangkaan karena semakin banyaknya kawasan hutan yang ditebangi. Ditambah lagi maraknya perburuan anggrek hitam karena sangat diminati oleh kolektor membuat tumbuhan yang oleh masyarakat lokal dinamai kersik luai ini menjadi salah satu tumbuhan yang dilindungi oleh pemerintah.

Baca juga:

Tidak hanya indah anggrek hitam ternyata memiliki banyak manfaat lainnya terutama untuk mengobati berbagai penyakit yang sudah dilakukan oleh orang-orang zaman dahulu diberbagai belahan dunia. Hal ini didukung oleh berbagai kandungan nutrisi dan senyawa penting yang baik bagi tubuh seperti resin, protein, pati, dekstrin, sukrosa, logam gaffes, ptozenat, dan kalsium. Beberapa manfaat anggrek hitam diantaranya:

1. Menghentikan pendarahan rahim

Bagi anda para wanita mengeluarkan darah sebulan sekali merupakan hal yang normal yang disebut haid. Namun jika pendarahan ini terjadi di luar siklus haid dan darah yang dikeluarkan dalam jumlah banyak sehingga menyebabkan penderitanya menjadi lemah dan pucat karena kekurangan darah maka hal ini patut diwaspadai sebagai pendarahan rahim. Ada beberapa penyebab terjadinya pendarahan rahim seperti gangguan hormon, fibroid atau tumor yang tumbuh di dalam rahim, masalah pada sekresi hormon tiroid, polip leher rahim, atau endometriosis dimana endometrium tumbuh di luar rahim. Pendarahan ini dapat dihentikan secara alami dengan memanfaatkan anggrek hitam. Caranya dengan meminum air rebusan umbi anggrek bubuk dengan segelas air yang ditambahkan sedikit gula.

Baca juga: Manfaat daun babadotan

2. Mengatasi pendarahan internal di dalam perut

Tukak lambung merupakan luka yang timbul pada dinding lambung akibat lapisan dinding lambung yang terkikis. Luka ini dapat menimbulkan pendarahan internal di dalam perut. Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan ramuan anggrek hitam. Dengan konsumsi secara rutin dan teratur pendarahan internal akibat tukak lambung ini akan berangsur membaik.

Baca juga: manfaat temulawak untuk lambung – manfaat lansoprazole

3. Anti-diare

Meskipun umum terjadi namun diare terutama yang menyerang anak-anak sungguh mengkhawatirkan karena dikhawatirkan akan menyebabkan diare. Untuk mencegah dan mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi ramuan anggrek hitam.

Baca juga: manfaat daun jambu biji untuk diare – manfaat oralit

4. Mengatasi Disentri

Begitu pula jika terjadi disentri dimana diare sudah cukup parah yang disertai dengan darah dan lendir serta timbulnya demam, mual, dan kram perut maka dianjurkan mengonsumsi ramuan anggrek hitam untuk mengatasinya.

Baca juga: manfaat daun suji – manfaat daun imbau

5. Mengobati TBC

Penyakit lain yang juga bisa diobati dengan menggunakan ramuan anggrek hitam adalah TBC. Penyakit yang disebabkan infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis ini menyerang paru-paru yang membuat penderitanya batuk hingga batuk berdarah, dada terasa nyeri, nafsu makan menurun, demam, hingga penurunan berat badan. Penggunaan anggrek hitam sebagai obat TBC banyak dilakukan di negara Inggris.

Baca juga: manfaat wortel untuk tbc – manfaat madu untuk paru paru

6. Mengobati sakit maag

Jika anda penderita maag dan selama ini mengandalkan obat-obatan untuk mengatasi penyakit ini maka ada baiknya anda mencoba ramuan anggrek hitam. Ramuan tumbuhan yang lebih dikenal karena keindaharan dan keharuman aromanya ini ternyata dapat mengobati beberapa penyakit salah satunya maag.

Baca juga: manfaat buah naga bagi penderita maag – manfaat jeruk lemon untuk maag

7. Mengobati TBC usus

Selama ini kita mengenal TBC sebagai penyakit yang menyerang paru-paru. Namun ternyata kuman atau bakteri TBC ini juga bisa menyerang organ tubuh lainnya salah satunya usus sehingga penyakitnya disebut TBC usus. Terjadinya penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti tidak sengaja menelan dahak atau makanan yang mengandung bakteri TBC sehingga sampai ke usus, kontaminasi melalui darah, kontaminasi melalui kelenjar getah bening, dan lain-lain. Selain menggunakan obat-obatan dokter kita juga dapat memanfaatkan obat alami seperti ramuan anggrek hitam untuk mengatasi penyakti ini.

8. Membantu pertumbuhan dan meningkatkan kekebalan tubuh

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan makanan bergizi agar tumbuh kembangnya maksimal. Untuk mendukung hal ini kita dapat memanfaatkan ramuan yang terbuat dari sari pati anggrek hitam, madu, dan susu. Selain baik untuk pertumbuhan anak ramuan ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi serta meningkatkan kekebalan tubuh mereka sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Baca juga: manfaat vitamin apialys – manfaat olahraga untuk anak sd

9. Menyembuhkan penyakit musim dingin

Di daerah Mesir pati umbi anggrek diolah menjadi minuman herbal yaitu minuman tepung putih dan dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang menyerang saat musim dingin seperti flu dan pilek, diare, depresi, asma, stroke, kulit kering, raynaud’s yang membuat tangan penderitanya menjadi dingin dan sakit, sendi nyeri, sakit tenggorokan, dan lain-lain.

Baca juga: manfaat jahe saat flu – manfaat semut jepang untuk asma

10. Sebagai tanaman hias

Bentuknya yang indah dan menarik serta aromanya yang harum membuat anggrek hitam banyak ditanam baik di halaman, kebun, atau taman bunga untuk mempercantik dan menghiasi halaman atau taman. Buktinya tanaman ini banyak diburu oleh para kolektor dan dihargai cukup tinggi di pasaran. Oleh karena itu membudidayakan tanaman ini dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan selain tentu saja turut membantu melestarikannya.

Baca juga: 29 manfaat tanaman hias secara umum – manfaat african violets

Dengan berbagai manfaat di atas tidak ada ruginya jika anda mulai membudidayakan anggrek hitam. Selain bisa menikmati keindahan dan aromanya juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit. Bahkan jika bisa dibudidayakan dalam jumlah cukup besar dapat dijual kembali sehingga dapat menambah penghasilan anda.