Manfaat Tanaman Sri Rejeki Dalam Kehidupan Sehari-hari

Bagi masyarakat pecinta tanaman hias, pastinya sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias Sri Rejeki atau dengan nama latin aglonema crispum. Sri Rejeki merupakan tanaman yang masih dalam genus aglonema yang banyak hidup di wilayah tropis seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, dan beberapa wilayah lain di Asia. Beberapa corak daun dari Sri Rejeki sangat menarik, sehingga banyak orang yang memanfaatkannya sebagai tanaman hias yang banyak diletakkan di dalam ruangan. Anda tidak perlu khawatir, karena tanaman Sri rejeki memang tanaman hias yang memiliki kemampuan hidup di dalama ruangan. Dan tahan dengan ruangan ber AC.

artikel terkait:

Manfaat tanaman sri rejeki

Selain bermanfaat sebagai tanaman hias, tanaman Sri Rejeki juga dimanfaatkan untuk beberapa hal, yakni :

  1. Sebagai Tanaman untuk Kontes Tanaman

Ketertarikan masyarakat Indonesia dengan corak warna daun yang cantik dan beragam membuat sebagian masyarakat terinspirasi untuk mengadakan kontes tanaman aglonema criscum ini. Tanaman Sri Rejeki dapat disilangkan, sehingga dari masa ke masa tanaman ini akan sangat beragam, baik dari bentuk daun, warna, dan coraknya. semakin baik tanaman ini dan semakin cantik, tanaman Sri Rejeki dapat dihargai dengan nominal yang sangat tinggi.

artikel terkait: manfaat tanaman anting-anting

  1. Sri Rejeki untuk Bisnis

Banyaknya corak dan warna tanaman yang berbeda membuat masrarakat tertarik untuk memelihara bahkan mengoleksi setiap corak Sri Rejeki yang ada. Selain dapat disilangkan, tanaman Sri Rejeki juga mudah dikembangbiakkan, sehingga beberapa orang memanfaatkan Sri Rejeki sebagai peluang bisnis. Sebagian masyarakat lagi tidak mengembangbiakkan, tetapi mereka hanya mengoleksinya dengan membelinya dari toko bunga. Alasan keindahan daun dan kemudahan dalam perawatan membuat tanaman ini cukup laris di pasaran.  Itulah mengapa, tanaman Sri Rejeki ini tetap menjadi incaran tanaman hias yang banyak dicari serta mudah dalam mencarinya.

artikel terkait: manfaat tanaman jahe

  1. Mengatasi Polutan

Selain coraknya yang indah dan ragam daunnya yang bervariatif, tanaman Sri Rejeki memiliki fungsi untuk mengatasi berbagai polutan. Menurut penelitian yang telah dilakukan, dengan mengkombinasikan tanaman Sri Rejeki dan tanaan Lidah Mertua yang sudah dewasa dapat menggantikan AC. Kombinasi kedua tanaman ini dapat digunakan untuk menetralisir polusi udara yang ada dalam ruangan Anda. Polusi yang dapat dinetralkan oleh kombinasi Sri rejeki dan Lidah Mertua ini yakni polusi yang disebabkan oleh asap rokok dan mikroorganisme.

Selain itu, tanaman Sri Rejeki memiliki efek anti-bakteri. Fungsi anti-bakteri yang terkandung dalam tanaman ini dapat menekan jumlah populasi spora jamur dan bakteri yang merugikan hingga 50%. Selain menanamnya di dalam ruangan, Anda juga dapat menanam Sri Rejeki di luar rumah untuk mempercantik taman Anda dan menetralkan polusi udara di luar rumah, sehingga lingkungan rumah Anda menjadi segar karena terbebas dari polutan yang berbagaya bagi kesehatan Anda.

artikel terkait: manfaat tanaman lidah mertua

Banyak orang yang mengatakan bahwa tanaman Sri Rejeki adalah tanaman beracun. Ya, memang benar, Sri Rejeki merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki racun. Racun tanaman Sri Rejeki ini terletak pada getahnya. Apabila batang terkelupas dan mengenai kulit Anda, maka akan mengakibatkan tangan yang terkena getah tersebut mencari iritasi dan gatal. Hal ini disebabkan karena tumbuhan Sri Rejeki memiliki senyawa yang dipakai untuk melawan musuh. Akan tetapi, racun dalam getah Sri rejeki merupakan jenis racun dalam tahap ringan, sehingga tidak terlalu membahayakan bagi manusia.

Cara Menanam Tanaman Sri Rejeki

Bagi Anda yang ingin mencoba mengembangbiakkan tanaman Sri Rejeki ini, Anda dapat melakukan perkembangbiakan dengan beberapa hal berikut :

  1. Perkembangbiakan dengan biji

Tanaman Sri Rejeki ini merupakan tanaman yang dapat menghasilkan biji. Anda hanya perlu mengupas bijinya dan kemudian letakkan ditempat yang sedikit berangin selama 4 jam. Setelah itu Anda dapat menyemainya di media tanaman yang dapat Anda buat sendiri menggunakan sekam, pasir dan cocopeat dalam kedalaman maksimal 2 cm agar tidak terlalu dalam. Anda akan mendapatkan tumbuhan tunas muncul sekitar 4 bulan kemudian setelah persemaian. Anda dapat memindahkannya di pt atau di lahan yang lebih lebar apabila sudah muncul sekitar 5 helai daun. Siram menggunakan semprotan tanaman 2 sampai 3 hari agar tidak terlalu basah.

artikel terkait: manfaat tanaman vanili

  1. Pengembangbiakan Melalui Stek

Dalam perkembangbiakan menggunakan metode stek, Anda tidak perlu menunggu sampai Sri Rejeki ini berbungan dan berbiji, karena Anda hanya memerlukan batangnya saja. Anda hanya perlu memotong batang Sri Rejeki kira-kira sepanjang 3 mata tunas. Beberapa sumber mengatakan, bahwa Anda perlu menyelupkan bagian bawah batang dalam zat yang dapat merangsang tumbuhnya akar. Setelah didiamkan beberapa saat, Anda dapat menanam potongan batang Sri Rejeki ke dalam media tanam yang merupakan campuran dari sekam, pasir dan cocopeat. Anda dapat menanam batang Sri Rejeki dalam konsidi vertikal maupun horizontal.

artikel terkait: manfaat tanaman biji

  1. Pemisahan Anakan

Tanaman Sri Rejeki biasanya dapat memiliki anakan atau semacam tunas baru yang menempel pada pangkal tanaman Sri Rejeki induknya. Anda dapat memisahkan dari induknya ketika anakan Sri Rejeki ini sudah memiliki sekitar 3 daun. Anda hanya perlu memotong anakan tersebut dengan pisau dan memindahkannya di media tanam yang telah disiapkan.

artikel terkait:

Dengan berbagai cara perkembangbiakan Sri Rejeki ini, mungkin Anda dapat mencobanya untuk mengembangbiakkan sendiri tanaman Sri Rejeki yang telah dimiliki. Dengan banyaknya koleksi Sri rejeki di pekarangan dan di dalam rumah Anda, rumah akan menjadi lebih segar dan udaranya semakin bersih karena polutan yang ada di sekitar rumah Anda telah diserap oleh Sri Rejeki tersebut. Hanya saja, usahakan agar batangnya tidak terkelupas dan mengenai kulit, terutama kulit bayi. Karena dapat menimbulkan rasa gatal dan kulit menjadi warna merah iritasi. Mungkin bagi Anda yang masih sekedar penasaran dapat mengoleksi Sri Rejeki untuk menjaga keindahan taman dan ruangan serta memperindah kualitas udara yang ada di sekitar rumah Anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 03rd, August 2016 / 14:19 Oleh :
Kategori : Tumbuhan