5 Manfaat Timun untuk Kolesterol yang Sangat Ampuh

Bagi sebagian besar orang termasuk anda pasti taka sing dengan salah satu jenis sayur yang satu ini. Timun merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah ditemui berbeda jika anda melihat manfaat kayu rambutan, anda bisa menemukannya mulai di pasar tradisional hingga swalayan ataupun minimarket. Dan timun merupakan salah satu tumbuhan menjalar yang biasa ditanam di pekarangan ataupun kebun. Banyak sekali orang menanam timun tidak hanya sekedar dijadikan hiasan kebun ataupun taman saja tetapi juga dibudidayakan dan sebagai lahan bisnis. Harga timun di pasaran sendiri sangat ekonomis, sehingga banyak orang yang menggemarinya.

Selain itu timun juga merupakan salah satu sayuran wajib yang banyak manfaatnya. Rasanya yang khas dengan kandungan air yang banyak dan teksturnya yang renyah, menambahkan timun pada masakan dapat membuat cita rasa semakin lezat. Timun sendiri banyak dimanfaatkan orang sebagai salah satu bahan makanan olahan seperti lalapan, sayur, urap- urap, acar, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebagai lalapan karena timun dapat dimakan secara mentah maka timun hanya dipotong dan dihidangkan begitu saja sebagai hidangan pelengkap.

Selain karena cara mengolah yang sangat sederhana dan mudah, timun juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik. Tidak hanya baik untuk kesehatan saja tetapi juga untuk kecantikan, bahkan banyak sekali produk kecantikan berbahan dasar timun. Beberapa produk kecantikan yang bisa anda coba di rumah, di antaranya yaitu mulai dari nutrisi rambut, masker wajah, hingga hand and body lotion. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja kandungan nutrisi pada timun berbeda dengan manfaat daun pandan pantai, berikut rincian lengkapnya.

Kandungan Nutrisi Timun

  • Kalori
  • Lemak
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Glukosa
  • Protein
  • Kalsium
  • Air
  • Vitamin A, B12, B6, C, D

Banyak sekali kandungan nutrisi pada timun, banyak juga manfaat yang ada, apalagi untuk kesehatan timun sangat berpengaruh jika anda bisa memanfaatkannya dengan baik. Selain dapat melengkapi nutrisi pada tubuh anda berbeda dengan manfaat daun iler, timun sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki riwayat darah tinggi. Secara efektif ketika darah tinggi anda sedang kambuh, anda bisa mengkonsumsi timun untuk menstabilkan tekanan darah anda. Selain itu timun juga sangat baik untuk anda yang memiliki riwayat kolesterol. Dan berikut merupakan rincian serta penjelasan mengenai manfaat timun untuk kolesterol.

Manfaat Timun untuk Kolesterol

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi anda yang memiliki riwayat kadar kolesterol tinggi dan sering kambuh walaupun sudah menjalani berbagai jenis diet, anda mungkin bisa menggunakan cara yang satu ini. Caranya sangat mudah, praktis dan tentunya hemat berbeda dengan manfaat daun binahong untuk diabetes, anda hanya perlu menyediakan 2 buah timun yang masih segar dan mencucinya hingga bersih. Untuk menurunkan kadar kolesterol secara efektif, juslah buah timun dan minum secara rutin setiap pagi sebanyak 1 gelas dengan ukuran 250 cc. dengan begini kolesterol anda yang tinggi akan kembali normal lagi.

  1. Menjaga Kestabilan Kadar Kolesterol

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dengan efektif, timun juga dapat menjaga kestabilan kadar kolesterol. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi anda yang sering mengalami ketidak stabilan kadar kolesterol. Untuk itu anda bisa minum jus timun ataupun mengkonsumsi timun begitu saja sebelum makan siang. Atau setelah anda mengkonsumsi makanan berlemak tinggi seperti daging ataupun telur.


  1. Membersihkan Darah dari Kolesterol

Adanya lemak jenuh seperti kolesterol dalam peredaran darah tentunya sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Ini bisa membuat darah mengandung kolesterol sehingga darah tidak lagi bersih. Sangat penting untuk menjaga kesehatan terutama darah agar terhindar dari kolesterol untuk itu anda bisa mengatasinya dengan cara mengkonsumsi jus timun secara berkala. Dengan begini darah akan lebih bersih dan sehat.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Kolesterol tentunya sangat berbahaya bagi tubuh terutama jika sudah mencemari peredaran darah anda. Jika dibiarkan secara terus menerus berbeda dengan manfaat daun seledri untuk membersihkan ginjal, ini akan menimbulkan kerak dan dapat menyumbat peredaran darah sehingga jadi tidak lancar. Untuk itu anda bisa mengkonsumsi timun secara berkala setiap 3 hari sekali. Terutama bagi anda yang memiliki riwayat kolesterol dan sering mengalami kram ataupun kesemutan.

  1. Mencegah Naiknya Kadar Kolesterol

Kandungan nutrisi pada timun dapat menjaga kestabilan kadar kolesterol anda dengan cara mencegah naiknya kadar kolesterol. Hal ini tentunya sangat baik bagi anda yang sering mengalami tingginya kadar kolesterol terutama setelah mengkonsumsi sedikit makanan berlemak. Untuk itu anda bisa mengkonsumsi timun secara berkala.

Itulah berbagai manfaat timun untuk kolesterol yang dapat kami sampaikan, konsumsilah timun secara berkala ataupun rutin untuk mengatasi kolesterol anda yang tinggi. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran