10 Manfaat Air Beras Untuk Rambut Sehat, Kuat, Dan Cantik Berkilau

Beras merupakan salah satu bahan makanan pokok masyarakat Indonesia yang menjadi sumber energi bagi tubuh dan kaya akan berbagai nutrisi. Oleh karena itu tidak hanya beras atau nasi saja yang baik untuk dikonsumsi. Air beras yang didapatkan baik dari rendaman beras atau air rebusan beras juga diyakini kaya akan nutrisi sehingga dapat digunakan untuk merawat kecantikan baik wajah maupun rambut. Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat air beras untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Air beras saja atau yang sudah dicampur dengan bahan-bahan alami lain seperti manfaat madu atau manfaat susu dapat diaplikasikan langsung pada rambut sebagai langkah perawatan rambut. Lalu apa saja manfaatnya bagi rambut? Berikut penjelasan mengenai manfaat air beras untuk rambut sehat dan kuat:

1. Mengatasi ketombe

Air beras yang dibilaskan pada rambut secara teratur dapat membantu mengatasi ketombe sehingga produksi ketombe berkurang dan masalah ketombe di kulit kepala bisa diatasi. Selain air beras anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami lain seperti manfaat biji rami atau manfaat madu untuk rambut rontok dan berketombe.

2. Sebagai kondisioner alami

Untuk mendapatkan rambut sehat dan kuat tidak bisa didapatkan hanya dengan rajin mencuci rambut. Disamping itu diperlukan perawatan tambahan seperti manfaat kondisioner rambut. Tersedia banyak banyak merek kondisioner di pasaran yang bisa anda pilih. Namun alangkah baiknya jika menggunakan bahan alami yang jauh dari efek samping seperti air beras. Ya, air beras dapat dijadikan sebagai kondisioner alami yang akan melembabkan, menghaluskan, menghitamkan, mengatasi radikal bebas, serta mencegah kerontokan dan rambut bercabang.

3. Memperbaiki tekstur rambut

Penggunaan air beras secara teratur 3 kali seminggu dapat memperbaiki dan meningkatkan tekstur rambut anda sehingga rambut terlihat lebih tebal dan bervolume. Cara alami lainnya untuk meningkatkan tekstur rambut diantaranya dengan manfaat garam himalaya dan manfaat pare.

4. Mendorong pertumbuhan rambut

Jika rambut anda terasa sangat tipis dan lambat pertumbuhannya maka anda dapat mencoba perawatan dengan menggunakan air beras. Penggunaan air beras secara teratur dapat mendorong pertumbuhan rambut sehingga rambut lebih cepat panjang dan tebal. Disamping itu anda juga dapat menggunakan manfaat buah apel fuji atau manfaat jeruk nipis untuk mendapatkan khasiat serupa.

5. Mengatasi rambut bercabang

Masalah rambut bercabang juga dapat diatasi dengan menggunakan air beras. Caranya sangat mudah yaitu dengan merendam ujung rambut yang bercabang dalam air beras selama sekitar 15 menit. Kemudian bilas rambut dengan air bersih. Perawatan rambut lainnya juga juga bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini diantaranya manfaat creambath dan manfaat hair spa.

6. Menjadikan rambut lebih berkilau

Selain sehat dan kuat anda tentu juga menginginkan rambut yang tampak indah berkilau sehingga semakin enak dilihat dan tentunya meningkatkan kepercayaan diri. Untuk mendapatkan hal ini anda bisa menggunakan campuran air beras dengan manfaat air mawar. Campuran ini kemudian diaplikasikan pada rambut dan didiamkan sekitar 20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Bahan alami lain yang juga sering digunakan untuk menjadikan rambut tampak lebih berkilau adalah manfaat bengkuang untuk rambut dan manfaat nanas untuk rambut.


7. Mengatasi kutu pada rambut

Manfaat air beras untuk rambut juga bisa digunakan untuk membasmi kutu yang bersarang di rambut. Dengan penggunaan air beras secara teratur dapat membantu membasmi kutu rambut beserta telur-telurnya sehingga rambut menjadi bersih dan terbebas dari kutu. Manfaat buah kelapa bagi rambut juga bisa digunakan sebagai alternatif lain untuk mengatasi kutu rambut.

8. Mengatasi kerontokan rambut

Kerontokan rambut yang berlebihan tentu menimbulkan kekhawatiran dan mengganggu penampilan. Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasinya diantaranya manfaat daun inai untuk rambut, manfaat madu untuk rambut rontok, dan air beras. Setelah keramas aplikasikan air beras pada rambut dan diikuti dengan pijatan lembut pada kulit kepala selama sekitar 10 menit. Terakhir bilas rambut hingga bersih. Dengan melakukannya secara teratur 3 kali seminggu maka masalah rambut rontok akan teratasi serta rambut anda akan menjadi sehat dan kuat.

9. Mengatasi rambut kusut dan kering

Manfaat air beras untuk rambut juga dapat membantu mengatasi rambut kering dan mudah kusut sehingga tidak enak dilihat. Kandungan protein pada air beras akan meningkatkan elastisitas rambut dan mencegahnya dari kekusutan. Selain itu anda juga dapat menggunakan manfaat minyak kemiri untuk rambut kusut dan kering sehingga terlihat lebih rapi dan mudah diatur.

10. Melembutkan rambut

Penggunaan air beras untuk rambut juga dianjurkan karena dapat membuat rambut terasa lebih lembut. Disamping itu anda juga dianjurkan untuk menggunakan manfaat vitamin rambut sehingga rambut mendapat aspan nutrisi yang cukup yang menjadikan rambut sehat dan lembut. Cara alami lainnya yang bisa ditempuh untuk melembutkan rambut adalah dengan menggunakan manfaat teh basi yang diaplikasikan pada rambut secara teratur.

Demikianlah beberapa manfaat air beras untuk rambut sehat, kuat, dan cantik. Selain digunakan langsung air beras juga dapat disimpan di kulkas atau freezer sehingga lebih tahan lama dan dapat digunakan ketika diperlukan. Selain itu air beras juga dapat dicampurkan dengan berbagai bahan alami lainnya sehingga semakin menambah manfaatnya bagi kesehatan rambut.

, ,
Oleh :
Kategori : kecantikan