7 Manfaat Ganggang Merah Untuk Kulit Yang Baik Dalam Menjaga Kesehatannya

Kulit bagi manusia bukan hanya sebagai organ tubuh yang menyelimuti bagian tubuh lainnya dan berfungsi sebagai salah satu pelindung dari berbagai macam kondisi seperti perubahan iklim di lingkungan hingga adanya ancaman fisik tertentu Kulit bukan hanya berfungsi sebagai salah satu bagian pelindung tubuh manusia saja, namun juga menjadi bagian yang berhubungan dengan kecantikan atau kualitas fisik seseorang. Kulit yang terawat tentu akan memberikan pengaruh pada penampilan yang cukup signifikan.

Untuk menjaga agar manfaat kulit selalu dalam kondisi yang normal dan dapat selalu memberikan pengaruh positif pada penampilan maka kondisi kesehatan kulit harus selalu dijaga. Ada banyak upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan kulit mulai dari melakukan perawatan, mengkonsumsi obat atau menggunakan bahan herbal yang salah satunya adalah ganggang merah. Berikut beberapa manfaat ganggang merah untuk kulit dalam penjelasan di bawah ini.

1. Menangkal radikal bebas

Alga atau ganggang merah memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu dalam menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Zat antioksidan antaxanthin yang menjadi salah satu kandungan di dalam ganggang merah tersebut yang memiliki efek anti radikal bebas. Dengan adanya penangkal radikal bebas tersebut dapat menjadikan ganggang merah memiliki manfaat dalam mencegah kerusakan yang terjadi pada kulit. Radikal bebas banyak berasal dari lingkungan disekitar yakni melalui paparan sinar matahari dan polusi. Manfaat alga coklat juga mampu menangkal radikal bebas seperti ganggang merah.

2. Menghindari flek hitam dan kulit kendur

Manfaat ganggang merah untuk kulit lainnnay adalah membantu dalam menghidarkan kulit dari munculnya flek htam dan kondisi kulit yang kendur. Flek hitam pada kulit muncul akibat adanya kerusakan pada elastin dan kalogen akibat paparan radikal bebas yang cukup kuat pada kulit. Seperti dalam penjelasan diatas, zat antioksidan antaxanthin yang terdapat di dalam ganggang merah dapat membantu menangkal radikal bebas yang menyebabkan munculnya flek dan kulit kendur tersebut.

3. Mencegah munculnya kerutan

Kerutan terutama pada bagian kulit wajah merupakan salah satu kondisi yang tidak diinginkan terjadi pada seorang wanita. Untuk mencegah munculnya kerutan tersebut maka dapat menggunakan manfaat ganggan merah yang memiliki kandungan asam lemak essensial. Asam lemak yang terkandungan di dalam ganggang merah seperti omega 6 dan omega 3 akan membantu mengatur membran sel untuk mempertahankan air dan nutrisi penting sehingga kondisi kerutan pada kulit wajah dapat dicegah agar tidak terjadi. Asam lemak essensial yang terdapat pada ganggang merah tersebut juga membantu dalam mengeluarkan lemak dan sel  sel yang sudah rusak.

4. Mengatasi peradangan pada kulit

Ganggang merah banyak dimanfaatkan dalam produk produk kosmetik dan kecantikan karena memang memiliki manfaat positif bagi kesehatan kulit. Salah satu manfaat lain yang hampir sama dengan manfaat alga hijau dan dimiliki oleh ganggang merah tersebut adalah membantu dalam mengatasi kondisi peradangan pada kulit. Kandungan vitamin B12 di dalam ganggang merah tersebut membantu dalam mencegah peradangan, memperbaiki sel sel kulit, membuat kulit menjadi lebih bersih, dan meredakan kemerahan pada jerawat.

5. Membantu mengatasi penyakit eksim

Eksim merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang dapat terjadi pada kulit. Eksim muncul akibat adanya penyebab tertentu yang menimbulkan kondisi peradangan pada kulit. Eksim dapat menyebabkan kulit menjadi gatal, kemerahan, kering, pecah pecah, dan kulit yang kasar. Ganggang merah dapat membantu dalam mengatasi kondisi eksim yang terjadi akibat adanya peradangan karena kandungan vitamin B 12 dan berberapa senyawa lainnya. Untuk lebih efektif dampak positif ganggang merah tersebut dapat dikombinasikan dengan manfaat daun gandarusa.


6. Meregenerasi kulit

Sel sel pada kulit akan terus melakukan proses regenerasi dengan menganti sel sel kulit mati dengan sel kulit baru yang tentunya lebih sehat. Proses regenerasi bagi kulit sangat penting untuk menjaga kondisi kulit dalam keadaan yang optimal dan tampak cerah serta mencegah berbagai permasalahan yang dapat terjadi pada kulit. Salah satu cara untuk menjadikan kondisi regenerasi kulit berlangsung dengan baik adalah memperbanyak asupan protein. Ganggang merah memiliki kandungan peptide yang melimpah sebagai pembentuk protein di dalam tubuh sehingga dapat membantu proses regenerasi kulit berlangsung secara baik sama halnya dengan manfaat kencur untuk kulit.

7. Menjaga kelembapan kulit

Manfaat ganggang merah untuk kulit lainnya dalam membantu dalam menjaga kondisi kelembapan pada kulit. Alga atau ganggang dapat berfungsi sebagai humektan yakni senyawa yang dapat menarik kelembapan dari udara di dalam kulit dan meningkatkan kandungan air maupun nutrisi di dalam lapiran kulit. Manfaat tersebut menjadikan kulit akan tampak lebih sehat seperti kondisi yang diidamkan oleh banyak orang terutama bagi kaum hawa atau wanita.

Itulah beberapa manfaat ganggang merah untuk kulit yang perlu diketahui oleh setiap orang yang ingin menjaga kondisi kesehatan kulitnya. Karena adanya manfaat bagi kulit dari ganggang merah yang positif tersebut menjadikan ekstrak dari ganggang merah banyak digunakan sebagai bahan utama maupun bahan pelengkap dalam produk produk kosmetik maupun produk kecantikan lainnya. Selain ganggang merah, manfaat ganggang biru juga positif bagi kesehatan tubuh.

, , ,
Oleh :
Kategori : kecantikan