30 Manfaat Buah Apel Fuji Untuk Penyakit – Kulit – Rambut dan Mata

Apel fuji merupakan jenis apel yang dikembangkan para petani Jepang yang merupakan hasil persilangan dari 2 jenis apel amerika yakni red delicious dan juga old virginia rails genet. Apel fuji menjadi 1 dari 15 kultivar apel yang paling populer di Amerika Serikat dan juga Indonesia. Apel fuji ini memiliki tekdtur daging buah yang padat dengan rasa lebih segar dan manis dibandingkan jenis apel kultivar lainnya. Selain itu, apel fuji juga bisa lebih awet disimpan bahkan tanpa perlu dimasukkan dalam lemari es, sedangkan jika disimpan dalam lemari es, maka apel fuji bisa tahan hingga 1 tahun. Tidak hanya memiliki rasa yang lebih manis dan segar, namun banyak manfaat apel fuji untuk tubuh yang mungkin belum anda ketahui seperti ulasan khasiat apel fuji dari kami berikut ini.

  1. Memutihkan Gigi

Khasiat apel fuji yang pertama adalah sangat baik untuk memutihkan gigi. Menggigit dan mengunyah apel fuji akan merangsang produksi air liur dalam mulut sehingga bisa mengurangi kerusakan gigi dengan cara menurunkan kadar bakteri dalam mulut.

  1. Mencegah Alzheimer

Sebuah studi yang meneliti tentang manfaat dari apel fuji membuktikan jika mengkonsumsi jus buah ini secara teratur sangat baik untuk mencegah alzheimer dan mengurangi efek penuaan yang terjadi di dalam otak yakni dengan cara meningkatkan kadar asetilkolin neurotransmitter lebih tinggi.

  1. Menghindari Penyakit Parkinson

Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan serat seperti apel ini sangat baik untuk memberi pelindungan terhadap penyakit parkinson yang ditandai dengan pemecahan sel saraf penghasil dopamin otak sekaligus menyehatkan otot dan saraf. Sedangkan antioksidan yang tergantung dalam jenis apel ini juga akan meningkatkan perlindungan terhadap parkinson.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Ilmuwan American Association for Cancer Research mengatakan jika mengkonsumsi apel seperti apel fuji yang tinggi akan kandungan flavonol menjadi solusi kanker pankreas hingga mencapai 23%. Sedangkan periset lain membuktikan jika senyawa triterpenoid yang ada dalam kulit apel merupakan anti pertumbuhan poten pada sel kanker hati, usus besar dan juga payudara.

  1. Mengurangi Risiko Diabetes

Seorang wanita yang mengkonsumsi apel fuji setiap hari lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi apel. Hal ini dikarenakan apel fuji sangat tinggi akan kandungan serat larut yang sangat ampuh untuk mengurangi kadar gula darah.

  1. Mengurangi Kolesterol

Serat larut yang terdapat dalam apel fuji sangat baik untuk mengikat lemak dalam usus sehingga kolesterol tinggi juga bisa dihindari dengan sangat baik hanya dengan rutin mengkonsumsi jenis apel ini setiap hari.

  1. Menyehatkan Organ Jantung

Penelitian juga menghubungkan antara manfaat serat larut akan dengan cepat mengurangi penumpukan plak penuh dengan kolesterol pada arteri. Senyawa fenolik yang ada pada kulit apel sangat baik untuk mencegah kolesterol masuk ke dalam sistem dan pemadatan dinding arteri. Apabila plak berkurang, maka aliran darah ke jantung bisa semakin lancar dan langkah terbaik untuk pencegahan penyakit arteri koroner.

  1. Mencegah Batu Empedu

Manfaat kesehatan lain dari apel fuji adalah mencegah batu empedu terbentuk. Ini bisa terjadi apabila kadar kolesterol terlalu tinggi dalam empedu sehingga untuk langkah pencegahan dibutuhkan diet tinggi serat untuk mengontrol kolesterol tinggi seperti mengkonsumsi apel ini.

  1. Mencegah Diare dan Konstipasi

Serat yang terkandung dalam air baik untuk mengeluarkan air dari dalam usus besar sehingga sangat baik untuk mencegah konstipasi atau sembelit. Sedangkan manfaat berlawanan juga terdapat dalam apel fuji yakni sangat baik dalam menyerap kelebihan air dalam tinja sebagai solusi diare.


  1. Mengatasi Sindrom Iritasi Usus Besar

Sindrom iritasi usus besar bisa terlihat dari terjadinya sembelit, mengurangi rasa sakit perut, diare dan juga kembung sehingga sangat disarankan untuk menjauhi makanan olahan dari susu berlemak. Agar gejalanya tidak semakin memburuk, maka mengkonsumsi makanan beserat tinggi seperti apel fuji adalah kunci terbaiknya.

  1. Pencegahan Wasir

Wasir merupakan pembuluh darah bengkak yang ada di saluran anus. Meskipun tidak sampai mengancam jiwa, namun pembuluh darah yang pecah tersebut tetap terasa sangat menyakitkan yang terjadi karena terlalu banyak tekanan pada area pelvis dan rektum. Untuk mencegah terjadinya wasir, maka makanan berserat tinggi sangat baik dikonsumsi sehingga buang air besar tidak terlalu keras dan meringankan rasa sakit yang dirimbulkan dari wasir.

  1. Menjaga Berat Badan

Semua masalah kesehatan seperti diabetes, jantung, tekanan darah tinggi, stroke dan sebagainya selalu dikaitkan dengan berat badan yang terlalu berlebih. Untuk menjaga berat badan dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh, maka melakukan diet sehat seperti mengkonsumsi apel fuji sangat disarankan.

  1. Detoksifikasi Hati

Hati memiliki tugas untuk membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Untuk menjaga kinerja organ hati agar bisa selalu bekerja dengan baik, maka bisa diatasi dengan banyak mengkonsumsi buah buahan seperti apel fuji yang terbukti baik untuk detoksifikasi organ hati.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Apel fuji mengandung antioksidan yang dinamakan quercetin dan dalam penelitian membuktikan jika quercetin sangat baik untuk meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh khususnya saat anda sedang stress.

  1. Mencegah Katarak

Penelitian yang baru baru ini dilakukan membuktikan jika orang yang mengkonsumsi buah tinggi sumber antioksidan seperti apel fuji, maka akan menurunkan risiko terkena katarak sebanyak 10 sampai 15%.

  1. Mengatasi Masalah Pernapasan

Sistem pernapasan sangat rentan terhadap bengkak dan segala macam kondisi yang berhubungan dengan pembengkakan selaput dan sel dalam sistem seperti salah satunya adalah asma yang bisa berakibat faral dalam kasus parah. Apel fuji memiliki sifat anti inflamasi yang sangat tinggi serta kandungan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk mengatasi masalah pernapasan seperti asma.

  1. Mencegah Rematik

Seseorang yang menderita rematik dan mengkonsumsi apel fuji akan mempercepat proses penyembuhan penyakit karena kandungan flavonoid tinggi yang ada dalam jenis apel ini. Selain itu, dalam apel fuji juga mengandung kaemferol, quercetin dna juga myricetin yang sangat berhubungan dengan pencegahan rematik dan inflamasi lainnya seperti artritis dan juga asma urat.

  1. Perawatan Kulit

Menggunakan apel sebagai scrub dan juga masker juga terbukti untuk meningkatkan kilau alami kulit. Sedangkan senyawa antioksidan yang ada dalam apel fuji juga sangat baik untuk mencegah tanda tanda penuaan dini seperti keriput, bintik hitam dan memperbaiki sel kulit yang sudah rusak.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi apel fuji juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang khususnya mencegah penyakit tulang berbahaya yakni osteoporosis. Kandungan mineral tinggi dan juga senyawa flavnoid yang ada dalam apel fuji sangat ampuh untuk mempertahankan kekuatan tulang secara alami.

  1. Menjaga Tekanan Darah Ibu Hamil

Saat masa kehamilan, tekanan darah bisa lebih mudah meningkat atau sering disebut dengan hipertensi atau darah tinggi. Dengan mengkonsumsi apel fuji ini secara teratur, maka kandungan lemak yang ada dalam darah juga akan berkurang secara bertahap sehingga tekanan darah bisa lebih normal.

  1. Mengurangi Mual dan Muntah

Selama masa kehamilan, seorang wanita juga seringkali mengalami mual dan muntah atau dikenal dengan istilah morning sickness. Mengkonsumsi buah apel sudah terbukti mengirangi gejala morning sickness ini sekaligus meningkatkan nafsu makan ibu hamil.

  1. Meningkatkan Kesehatan Usus

Salah satu yang mungkin sering disepelekan adalah kehadiran bakteri baik dalam usus yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Apel fuji ini secara khusus akan membantu dalam perbaikan kinerja dari bakteri dalam usus besar. Sebuah studi juga membuktikan jika apel sangat baik untuk merangsang metabolisme dalam saluran pencernaan sekaligus menyeimbangkan bakteri dan akhirnya membuat kesehatan tubuh semakin meningkat, meningkatkan penyerapan hara sekaligus menghilangkan racun dan juga bakteri berbahaya dalam usus.

  1. Mengatasi Anemia

Apel fuji juga menjadi salah satu buah yang bagus untuk mengatasi anemia karena merupakan buah sumber zat besi. Anemia sendiri merupakan defisiensi hemoglobin dalam darah yang hanya bisa diatasi dengan meningkatkan asupan zat besi dalam tubuh sehingga tidak hanya anemia saja yang bisa dicegah, namun juga memastikan oksigenasi tetap berjalan dengan baik pada beberapa organ penting dalam tubuh.

  1. Mengatasi Badan Lemah

Apel fuji juga merupakan buah yang sangat baik untuk menghilangkan badan lemah, mengatasi lelah, menambah semangat dan juga vitalitas pada orang yang lemah sekaligus mempercepat proses penyembuhan dari penyakit. Apel sangat baik dalam mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Selain itu, kandungan protein yang ada dalam apel, kombinasi senyawa antioksidan dan berbagai vitamin lainnya sudah terbukti ampuh dalam mencegah kelemahan dan meningkatkan tonus otot.

  1. Membuat Kenyang Lebih Lama

Kandungan serat tinggi yang ada dalam apel akan membuat perut terasa kenyang lebih lama tanpa menambahkan terlalu banyak kalori. Serat kompleks dalam apel fuji akan dicerna tubuh lebih lama dibandingkan dengan bahan lebih sederhana seperti gula.

  1. Menyembuhkan Pilek dan Batuk

Tidak hanya jeruk yang merupakan buah sumber vitamin C tinggi, namun apel fuji juga tinggi akan kandungan vitamin C sekitar lebih dari 8 miligram dalam setiap buah apel fuji berukuran sedang sehingga bisa mencukupi 14% kebutuhan vitamin C yang direkomendasikan sekaligus menyembuhkan flu dan solusi batuk.


  1. Mencegah Penuaan Dini

Apel fuji yang tinggi akan vitamin C juga sangat penting dalam mencegah penuaan dini dengan cara meningkatkan sintesis kolagen. Sedangkan kandungan vitamin A dalam apel ini juga akan menamngkal radikal bebas yang menjadi pemicu dari timbulnya keriput, mengangkat sel sel kulit mati, flek hitam dan juga garis garis halus pada wajah. Mengkonsumsi apel fuji bersama dengan kulitnya merupakan makanan terbaik untuk menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit tampil lebih awet muda.

  1. Mempertahankan Warna Kulit

Dalam apel fuji dan jenis apel lainnya juga menggandung mineral tembaga yang dibutuhkan untuk menghasilkan melanin. Melanin sendiri merupakan pigmen pemberi warna kulit, mata dan juga rambut. Mengkonsumsi buah apel fuji dengan teratur akan menyamakan warna kulit anda tanpa perlu memakai produk kecantikan seperti krim atau lotion.

  1. Mengatasi Sengatan Matahari

Apel fuji mengandung partikel penghambat UVB yang akan memberi perlindungan kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari meskipun tidak bisa dianggap sebagai pengganti tabir surya. Untuk mengatasi sengatan matahari ini, anda bisa menghaluskan 1 buah apel fuji lalu campur dengan 1 sendok teh gliserin dan oleskan pada kulit kemudian cuci sampai bersih untuk mencegah kulit terkelupas karena sengatan matahari sebagai solusi kecantikan kulit.

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Dalam apel fuji juga mengandung banyak mineral seperti potasium, magnesium, manfaat kalsium dan juga tembaga yang sangat baik untuk mengurangi rambut rontok dan menjaga kesehatan kulit kepala. Apel fuji juga mengandung procyanidin yang merupakan senyawa alami untuk mendorong protein dalam meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga mengkonsumsi apel fuji setiap hari sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut khususnya anda pemilik rambut panjang sehingga tidak mudah rontok.

  1. Mengatasi Penyakit Kulit

Sebuah studi juga mengungkapkan jika mengkonsumsi apel fuji dengan teratur sangat baik untuk mengurangi penyakit kulit karena kandungan antioksidan tinggi sekaligus mencegah kerusakan sel dan juga jaringan.

Manfaat buah apel fuji sudah terbukti ampuh tidak hanya mengatasi beberapa penyakit, namun juga menjaga kesehatan kulit, kesehatan rambut bahkan meningkatkan kesehatan otak sehingga menjadi salah satu buah terbaik yang bisa anda konsumsi setiap hari dengan aman dan tanpa menimbulkan efek samping berbahaya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.