20 Manfaat Garam Himalaya Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Garam Himalaya merupakan jenis garam murni dari bumi dan terbebas dari polusi serta racun berbahaya. Seperti namanya, jenis garam ini diambil dari Himalaya yang disebut juga dengan emas putih. Gram Himalaya berwarna merah muda yang terjadi karena oksida besi sehingga sering juga disebut dengan garam merah muda. Kandungan dalam garam Himalaya ini adalah natrium klorida serta 80 persen elemen alami lain seperti magnesium, sulfat, kalium, kalsium, tembaga, fosfor, seng, yodium, selenium dan juga flouride yang berbentuk koloid sehingga lebih mudah diserap oleh sel tubuh. Oleh karena begitu banyak kandungan, manfaat garam himalaya juga sangat banyak untuk penyembuhan dan juga terapi, berikut ulasan selengkapnya.

Artikel terkait:

  1. Membersihkan Saluran Pencernaan

Secara alami, garam Himalaya ini akan membersihkan saluran pencernaan di dalam tubuh. Garam ini berfungsi sebagai pencahar alami sehingga membuat sistem pencernaan didorong untuk mengeluarkan racun yang tersimpan ke dalam bentuk limbah sehingga sistem pencernaan seperti lambung dan usus akan bersih dari berbagai kotoran serta limbah berbahaya.

  1. Menghilangkan Racun Dalam Tubuh

Garam Himalaya yang mengandung muatan listrik dan beberapa mineral akan disalurkan dalam bentuk air. Apabila air ini digunakan untuk mandi, maka berbagai racun akan dibuang dari sel sehat dan juga dari aliran darah. Racun nantinya akan dilepas dan membersihkan tubuh secara otomatis.

  1. Menjaga Kestabilan Cairan Tubuh

Beberapa kandungan elektrolit dalam garam Himalaya akan berfungsi untuk hidrasi tubuh secara efektif. Kandungan elektrolit utama yakni natrium, kalsium, kalium, klorida dan juga magnesium akan lebih cepat diserap dalam tubuh jika dibandingkan dengan air.

  1. Menjaga Keseimbangan pH

Keseimbangan pH di dalam tubuh sangat penting untuk dijaga. Kandungan alkaline yang tidak terlalu banyak di dalam tubuh akan membantu tubuh untuk berfungsi dengan baik dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker. Garam Himalaya akan menjaga alkalin dalam tubuh sehingga membantu dalam proses pengeluaran racun dan pH tubuh bisa menjadi normal sekaligus sedikit basa.

  1. Mengobati Sakit Saluran Pernapasan

Beberapa penyakit yang berhubungan dengan saluran pernapasan seperti asma, bronkitis dan juga sinusitis serta alergi bisa diatasi dengan memanfaatkan garam himalaya. Garam ini akan bertugas untuk membersihkan saluran pernapasan dna sifat anti inflamasinya akan melegakan serta mengurangi lendir berlebih dan meningkatkan transportasi mukosiliar.

Artikel terkait:

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ tubuh bagian dalam, namun garam ini juga bisa digunakan untuk mengobati masalah gigi seperti berlubang, bau mulut dan juga radang gusi. Kandungan kalium dalam jenis garam ini akan mencegah terjadinya pendarahan di area gusi. Selain itu, sifat antiseptik dan anti bakteri yang ada dalam garam Himalaya ini akan mencegah berkembangnya bakteri di dalam mulut.

  1. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Penderita diabetes memiliki resiko gula darah tinggi yang jauh lebih besar dibandingkan orang pada umumnya. Beberapa mineral dalam garam ini seperti vanadium, kromium, magnesium dan juga mangan akan menjaga kestabilan gula darah supaya bisa tetap dalam keadaan normal.

  1. Mencegah Terjadi Kram Pada Otot

Garam Himalaya juga dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan serta elektrolit khususnya untuk kesehatan otot. Elektrolit dalam garam ini akan membantu proses impuls listrik sehingga kontraksi otot yang terjadi bisa berjalan dengan baik sekaligus impuls saraf ke sel tubuh yang lainnya.

  1. Mengobati Radang Kulit

Masalah radang pada kulit bisa diatasi dengan menggunakan garam Himalaya yang mengandung magnesium bersifat anti inflamasi. Beberapa masalah kulit seperti psoriasis, eksim dan juga kulit kering akan diatasi dengan cara berendam air yang sudah dicampur garam ini secara teratur.

  1. Mengatasi insomnia

Tidur memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Apabila anda menderita insomnia atau susah tidur, maka garam Himalaya menjadi solusi terbaik supaya kelenjar adrenal bisa dijaga dengan baik. Magnesium yang terkandung di dalamnya akan membuat tubuh lebih rileks sehingga kualitas tidur bisa lebih ditingkatkan.

Artikel terkait:

  1. Pembersih Udara

Garam Himalaya juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat lampu untuk membersihkan udara. Garam Himalaya akan menarik uap air dan juga polutan udara di sekitar lampu tersebut. Uap air nantinya akan menguap karena panas yang dihasilkan dari lampu, akan tetapi untuk debu dan berbagai suber alergen lainnya akan tetap menempel pada garam sehingga tidak akan terhirup masuk ke dalam tubuh.

  1. Detoksifikasi Tubuh

Menggunakan garam Himalaya untuk dicampur kedalam air rendaman mandi sangat baik sebagai detoksifikasi tubuh yang sangat kuat. Saat garam ini dilarutkan ke dalam air maka akan menarik racun keluar dari kulit dan juga jaringan adiposa. Apabila berendam air garam himalaya dipadukan dengan infus mineral, maka akan membuat tubuh lebih segar dan berenergi.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Menggunakan garam untuk scrub memang sudah lama dilakukan, akan tetapi menggunakan garam Himalaya sebagai scrub merupakan trend terbaru saat ini. Scrub dengan garam ini sangat efektif untuk mengangkat kotoran dan juga sel kulit mati pada kulit sekaligus menjaga kelembutan kulit secara menyeluruh.

  • Siapkan mangkuk ukuran sedang sampai besar lalu masukkan 1 cangkir butiran halus garam himalaya.
  • Tambahkan dengan setengah cangkir minyak kelapa, 10 tetes minyak geranium dan beberapa kelopak mawar yang sudah dikeringkan.
  • Campur semua bahan dan gunakan sebagai scrub tubuh.
  1. Menyeimbangkan pH kulit Wajah

Sebagian besar produk pembersih muka mengandung alkalin. Akan tetapi, kandungan alkalin ini akan berdampak buruk untuk kulit alami tubuh yang memang agak asam. Agar pH kulit wajah bisa seimbang, maka bisa menggunakan garam Himalaya ini untuk mencuci muka sehari hari.

  • Cuci bersih wajah lalu tambahkan 1 sendok teh garam Himalaya kristal ke dalam sabun pembersih muka yang biasa anda gunakan.
  • Tambahkan juga 3 tetes minyak pohon teh atau tea tree oil, 3 tetes minyak lavender dan juga 3 tetes minyak geranium.
  • Tambahkan dengan sabun cair serta 1 cangkir air suling.
  • Kocok botol yang sudah berisi dengan campuran dan siap digunakan sebagai produk pencuci muka sebanyak dua kali dalam sehari.
  1. Pegganti Deodorant

Garam Himalaya yang berbentuk seperti bongkahan batu kecil berguna untuk menyerap keringat berlebih, mendetoksifikasi tubuh dan menghilangkan bau tidak sedap. Garam ini bisa digunakan untuk deodoran alami yang aan digunakan sehari hari.

  • Siapkan botol semprot lalu masukkan 2 sendok teh garam Himalaya, 1 ons witch hazel, 3 ons air suling dan 1/2 sendok teh baking soda.
  • Tambahkan juga dengan 10 tetes minyak esensial seperti lemon dan kocok sampai rata lalu gunakan sebagai pengganti deodorant sehari hari.

Artikel terkait:

  1. Toner Wajah

Garam ini bisa mengering dan bisa digunakan juga sebagai toner wajah alami sehingga tampilan wajah bisa terlihat lebih kencang, seperti mengecilkan ukuran pori kulit yang terlihat membesar.

  • Campur 1/2 sendok teh garam Himalaya dengan 1/2 sendk teh minyak kelapa, 2 tetes minyak lemon dan juga 1/2 cankir air ke dalam botol semprot.
  • Semprot cairan ke wajah dan tutup mata anda.
  • Biarkan sampai mengering dan gunakan minyak kelapa sebab toner ini akan lebih mudah mengering.
  1. Memperbaiki Tekstur Rambut

Garam Himalaya akan memberikan tekstur dan rambut yang terlihat lebih bervolume. Untuk anda yang memiliki rambut tipis, lemas dan tidak mengembang, bisa memakai garam Himalaya ini sebagai solusi efektif.

  • Siapkan botol semprot lalu tambahkan dengan 1 sendok teh garam Himalaya, 1/2 cangkir air dan 5 tetes minyak bergamot.
  • Campur sampai rata dan semprotkan pada rambut lalu dicuci dan keringkan memakai handuk sehingga rambut akan terlihat lebih bervolume.
  1. Mengatasi Ketombe

Anda bisa menambahkan 2 sendok teh samai 2 sendok makan garam himalaya ke dalam shampo yang biasa digunakan sebagai solusi menghilangkan ketombe yang bisa digunakan sehari hari.

  1. Mengatasi Rambut Berminyak

Garam Himalaya juga berfungsi sebagai penarik kadar minyak berlebih di area rambut. Rambut yang lepek karena terlalu berminyak ini bisa diatasi dengan menambahkan garam Himalaya ke dalan sampo.

  1. Menyembuhkan Jerawat

Garam Himalaya memiliki sifat anti septik alami yang sangat baik untuk mengatasi kulit berjerawat. Bakteri penyebab jerawat nantinya akan dihilangkan khususnya mengurangi jerawat bernanah.

  • Tambahkan 1/2 sendok teh garam Himalaya ke dalam botol lalu tambahkan dengan setengah cangkir air  mineral.
  • Kocok sampai rata dan semprotkan pada wajah secara rutin sampai jerawat bisa disembuhkan..

Manfaat garam Himalaya tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan tubuh serta menyembuhkan beberapa jenis penyakit, namun garam Himalaya juga memiliki banyak khasiat untuk kecantikan dan perawatan kulit. Lakukan penyembuhan dan perawatan dengan garam Himalaya secara rutin sehingga semua masalah kulit bisa diatasi dengan baik.