7 Manfaat Adiwiyata Bagi Masyarakat

Adiwiyata terdiri dari dua kata, yaitu adi dan wiyata. Adapun pengertian dari kata adi yaitu agung, besar, sempurna, ideal, dan baik. Sedangkan kata wiyata berarti tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan serta norma dan etika dalam kehidupan sosial. Adapun makna dari adiwiyata secara keseluruhan adalah tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh secara ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup menuju ke arah cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Program adiwiyata merupakan salah satu program dari Kementerian Lingkungan Hidup yang dibuat untuk mendorong terciptanya pengetahuan serta kesadaran para warga sekolah dalam upaya melestarikan lingkungan hidup. Dengan adanya program ini, diharapkan setiap warga sekolah berpartisipasi dalam kegiatan yang ada sehingga mampu menciptakan lingkungan sehat serta menghindari dampak negatif lingkungan yang merugikan.

Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam upaya pembentukan program Adiwiyata yaitu menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah sehingga mampu menjadi tempat belajar bagi para warga sekolah untuk menjadi orang yang bertanggung jawab terhadap lingkungannya. Pembentukan program Adiwiyata dibuat dengan dasar norma kebersamaan, keterbukaan, kejujuran, keadilan, kelestarian fungsi lingkungan hidup, dan sumber daya alam.

Sekolah adiwiyata merupakan sekolah yang menerapkan kecintaan serta kepedulian pada kelestarian lingkungan sekolah. Ajaran yang diterapkan berbasis lingkungan disertai kesadaran para warga sekolah terkait pentingnya pelestarian lingkungan. Sekolah yang mengikuti program Adiwiyata ini sebaiknya melibatkan seluruh elemen warga sekolah yang ada agar kesemuanya berpartisipasi secara aktif dalam menjaga keberlangsungan program yang telah disepakati bersama.

artikel terkait: pendidikanmanfaat pendidikanmanfaat pendidikan karaktermanfaat pendidikan pancasila

Tujuan Adiwiyata

Adapun tujuan dibentuknya sekolah Adiwiyata adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Umum

Adapun tujuan secara umum dibentuknya sekolah Adiwiyata adalah untuk menimbulkan rasa kecintaan warga sekolah terhadap lingkungan serta pembangunan yang berkelanjutan untuk kepentingan generasi sekarang maupun generasi yang akan datang.

2. Tujuan Khusus

Tujuan khusus dari program ini adalah untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dengan cara melindungi serta mengelola lingkungan sekolah. Dalam pengelolaan tersebut, warga sekolah dapat menggunakan tata kelola yang baik untuk mendukung adanya pembangunan secara berkelanjutan.

Bagi sekolah negeri maupun yang swasta sebaiknya secara bertahap memberikan binaan dan kesempatan untuk menuju sekolah Adiwiyata. Ada begitu banyak keuntungan yang dapat diperoleh melalui pengadaan program Adiwiyata ini, seperti tumbuhnya rasa cinta dan peduli warga sekolah pada kelestarian lingkungan. Kecintaan pada lingkungan bukan hanya diajarkan secara teori melainkan juga harus dipraktikkan dengan tindakan yang nyata. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dalam upaya pelestarian lingkungan seperti pemberian latihan serta aktivitas bagi para siswa untuk memanfaatkan bahan bekas mulai dari daun-daunan serta kotoran hewan untuk dijadikan pupuk kompos.

Adiwiyata merupakan tempat yang baik sebagai tempat belajar sekaligus mengajar yang ideal bagi para warga sekolah. Untuk menerapkan sekolah Adiwiyata secara baik dan optimal memang memerlukan usaha yang tidak mudah. Pihak sekolah atau penyelenggara harus memikirkan dengan matang mengenai konsep serta tindakan yang akan dilakukan guna menunjang program Adiwiyata ini. Sekolah juga diharuskan dapat membentuk mental maupun fisik dari para warganya supaya program yang hendak dijalankan berjalan sesuai dengan keinginan.

Program Adiwiyata tidak akan berjalan jika ada beberapa pihak yang nyatanya tidak mau ambil pusing dan tidak ikut berpatisipasi secara aktif di dalamnya. Hal ini juga menjadi tantangan bagi pihak sekolah dalam membuat warganya tertarik dan ikut meramaikan program Adiwiyata tersebut.

Manfaat Adiwiyata

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh bagi sekolah dalam pemberlakuan program Adiwiyata, antara lain:

1. Tempat Pembelajaran

Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai pemeliharaan serta pengelolaan lingkungan hidup dengan baik dan benar.

artikel terkait pembelajaran:

2. Efisiensi

Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah serta penggunaan berbagai sumber daya yang ada.

artikel terkait efisiensi:

3. Kebersamaan

Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.

artikel terkait: manfaat musyawarah untuk kehidupan sehari harimanfaat reuni alumnimanfaat olahraga bola tangan

4. Penghematan Sumber Dana

Meningkatkan penghematan sumber dana dengan cara mengurangi sumber daya dan energi yang digunakan.

artikel terkait: manfaat hidup hemat bagi masa depanmanfaat pajak dan fungsinya bagi negara

5. Menghindari Dampak Negatif Lingkungan

Sebagai salah satu upaya dalam menghindari berbagai risiko dampak dari lingkungan yang negatif yang berada di lingkungan sekolah.

6. Menciptakan Suasana Kondusif

Meningkatkan kondisi belajar mengajar supaya lebih nyaman dan kondusif untuk semua warga sekolah.

7. Peduli Lingkungan

Merubah perilaku warga sekolah supaya lebih sadar lingkungan dengan cara melestarikan lingkungan.

artikel terkait:

Untuk mewujudkan program adiwiyata maka diharuskan adanya partisipasi dari seluruh warga sekolah. Dalam hal ini, sebaiknya komunitas sekolah ikut terlibat dalam mengatur kebijakan sekolahnya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta melakukan evaluasi sesuai dengan peran serta tanggung jawab yang dimiliki. Untuk menunjang keberhasilan program Adiwiyata, maka program tersebut sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan yang berarti diperlukannya perencanaan yang matang supaya kecintaan warga sekolah terhadap lingkungan akan terus terjaga. Bukan hanya generasi sekarang saja yang ikut program tersebut, melainkan generasi mendatang diharapkan juga dapat mempertahankan semangat dalam rangka menerapkan program ini.