14 Manfaat Danau bagi Kehidupan Manusia dan Lingkungan

manfaat-danauDanau merupakan salah satu sumber daya alam akuatik yang terbentuk dari kumpulan air (tawar atau asin) yang dikelilingi oleh daratan. Danau terjadi karena pencairan gletser, aliran air sungai, atau karena adanya sumber mata air. Sebuah danau dapat menopang kehidupan berbagai organisme, sehingga danau memiliki ekosistem sendiri.

Bagi makhluk hidup, danau merupakan salah satu sumber mata air dan keberadaannya sangatlah penting untuk menunjang kehidupan. Baik kehidupan organisme didalam danau itu sendiri, maupun kehidupan di sekitarnya. Mari kita simak beberapa manfaat danau bagi kehidupan manusia dan lingkungan sekitarnya sebagai berikut :

1. Memenuhi kebutuhan air sehari-hari

Keberadaan danau sangatlah penting, apalagi disaat musim kemarau sedang melanda. Tak jarang danau digunakan sebagai sumber untuk memenuhi kebutuhan air bagi penduduk di sekitarnya. Manfaat air putih bagi kehidupan manusia sangat pentung untuk minum, memasak, mencuci, dan lainnya.

2. Sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Beberapa perusahaan milik pemerintah air danau digunakan sebagai salah satu sumber pembangkit untuk memproduksi aliran listrik. Manfaat pembangkit istrik yang nantiinya akan disalurkan ke rumah-rumah penduduk. Misalnya untuk thermoelectric, hydroelectric, dan hydropower.

3. Sarana Irigasi

Luasnya lahan pertanian dan perkebunan memberikan andil tersendiri bagi keberadaan sebuah danau. Pada masa-masa musim kemarau dimana tidak ada curah hujan sedikitpun, tak jarang air danau digunakan untuk mengaliri lahan-lahan pertanian dan perkebunan penduduk sekitar.

4. Membantu Proses Produksi Barang

Di pabrik-pabrik besar yang biasanya membutuhkan jumlah suplai air yang sangat besar, biasanya air danau akan sangat membantu untuk mensuplai kebutuhan tersebut. Misalnya saja untuk pabrik pengolahan makanan, fiber serta biochemical.

5. Sarana rekreasi menarik

Kita bisa memanfaatkan danau sebagai tempat untuk berlibur dan bersantai bersama keluarga. Udara sejuk yang yang ada di sana dapat membuat pikiran kembali segar setelah aktivitas sehari-hari. Kita bisa memancing, berenang, berselancar, dan menikmati keindahan alam sekitar danau tersebut.

Kita juga bisa memanfaatkan berbagai sarana yang tersedia di sana, seperti menjelajah dengan menggunakan speedboat atau perahu kayu.

6. Memelihara ikan air tawar

Kebanyakan danau merupakan danau air tawar. Hal ini juga sangat berguna untuk sarana pemeliharaan air tawar baik dibuat tambak atau hanya sekedar menangkap ikan. Hal ini tentu saja dapat menunjang manfaat ikan, yang akan menunjang perekonomian penduduk sekitar.

7. Pengembangan nilai budaya

Sebuah danau terkadang digunakan sebagai sarana untuk pelaksanaan upacara adat bagi sebagian penduduk. Misalnya saja untuk upacara adat larung sesajen, dan sebagainya.

8. Sebagai sarana edukasi dan penelitian ilmiah

9. Sebagai sarana penunjang transportasi untuk mendukung mobilitas penduduk

10. Sebagai wadah resapan air tanah sehingga dapat membantu mengendalikan banjir dan erosi

11. Membantu mengatur keanekaragaman hayati

12. Membantu proses pembentukan tanah

13. Membantu menjaga siklus zat-zat yang berguna bagi makluk hidup sekitar

14. Sebagai sumber kekayaan hewani seperti udang, ikan, dan sebagainya

Jenis-jenis Danau

Berdasarkan proses terjadinya, danau dapat dibedakan menjadi :

  1. Danau tektonik, yaitu danau yang terjadi karena penurunan muka bumi atau proses vulkanis. Danau ini sering disebut sebagai danau kaldera.
  2. Danau vulkanik, yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitastektonis kerak bumi yang membentuk cekungan dan akhirnya terisi air.
  3. Danau tektovulkanik, yaitu danau yang terjadi akibat gabungan dari kedua proses bumi, yaitu tektonik dan vulkanik.
  4. Danau bendungan alami yaitu danau yang terbentuk akibat lembahsungai yang terbendung oleh aliran lava saat erupsi
  5. Danau karst, yaitu danau yang terbentuk akibat pelarutan tanah kapur.
  6. Danau glasial, yaitu danau yang terbentuk akibat mencairnya es / gletser.
  7. Danau buatan, yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas manusia. Biasanya digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air, rekreasi, keperluan industri, pertanian, atau penyediaan air domestik.

Berdasarkan kekayaan dan zat hara yang mempengaruhi ekosistem didalamnya, danau dibagi menjadi 4 macam, yaitu :

  1. Danau oligotropik, yaitu danau dengan ekosistem rendah. Biasanya air danau ini tampak jernih.
  2. Danau mesotrophic, yaitu danau yang memiliki kandungan nutrien rata-rata dan kondisi airnya lumayan jernih.
  3. Danau eutrofic, danau yang memiliki kandungan nitrogen, fosfor dan zat organik yang tinggi sehingga ekosistemnya dapat berkembang dengan baik.
  4. Danau hipertrobi, yaitu danau yang memiliki kandungan nutrien yang berlebihan. Air di danau jenis ini sangat keruh.

Danau merupakan salah satu kekayaaan alam yang harus dilestarikan dan kita jaga keberadaannya, karena di sana terdapat banyak sekali manfaat untuk kehidupan. Namun, Terkadang kita mengabaikan hal tersebut dan dengan seenak hati melakukan kegiatan yang biarpun sepele tetapi dapat merusak dan mencemari ekosistem di dalamnya.

Akhirnya kerusakan danau pun terjadi dan kita sendirilah yang akan merasakan akibatnya. Oleh karena itu marilah kita belajar menjaga dan melestarikan kekayaan alam yang berada di dalamnya yang tentunya sangat bermanfaat untuk kehidupan kita dan generasi penerus kita.