9 Manfaat Mempelajari Psikologi Pendidikan Bagi Guru

Belajar adalah proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh sesuatu yang berupa tambahan ilmu pengetahuan. Setiap orang akan mempelajari berbagai macam bentuk ilmu pengetahuan yang ada melalui banyak cara. Salah satu istilah yang menunjukkan adanya pemberian informasi atau ilmu kepada seseorang yang dapat merubah pemikiran maupun perilaku disebut pendidikan.

Pelaku yang berkaitan dengan proses pendidikan yaitu Guru atau pengajar dengan Murid sebagai penerima pembelajaran, serta ilmu yang diajarkan sebagai pokok pembahasan dan metode pembelajaran sebagai media penyampaian kepada murid.

Definisi Guru

Dalam dunia pendidikan salah satu motor penggerak keberhasilan yaitu pengajar atau guru. Salah satu definisi guru dapat ditemukan Dalam UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dalam Undang-undang tersebut dijelaskan bahwa guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sehingga Seorang guru yang mengajarkan atau menyampaikan segala informasi mengenai ilmu pengetahuan tertentu  memiliki kewajiban dalam mengajar dan memberntuk serta menilai  siswa yang menjadi perhatiannya.

Seorang pengajar maupun calon pengajar (calon guru) sudah selayaknya mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan cara mengajar (belajar dan pembelajaran) yang baik dan cara-cara yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian siswa ketika seorang guru menerangkan sesuatu.

Ada salah satu disiplin ilmu psikologi yang memiliki keterkaitan dengan proses belajar dan pembelajaran yang disebut Psikologi pendidikan. Ruang lingkup dalam psikologi pendidikan yaitu aspek psikologi yang berkaitan dengan proses belajar dan pembelajaran tentang cara untuk menciptakan suasana kondusif, penyusunan jadwal yang efektif. Mempelajari psikologi pendidikan bagi seorang guru dan calon guru mendatangkan banyak manfaat. berikut manfaat mempelajari psikologi pendidikan.

artikel terkait : manfaat mempelajari psikologi – manfaat psikologi bagi remaja – manfaat filsafat pendidikan

Berikut ini manfaat belajar psikologi pendidikan

1. Mengetahui teknik pembelajaran yang efektif

Belajar psikologi pendidikan berarti belajar tentang keterkaitan aspek psikologis seorang siswa pada proses pembelajaran, sehingga seseorang pengajar maupun calon pengajaran memiliki bekal dasar dalam menilai teknik pembelajaran yang efektif diterapkan dalam keadaan tertentu maupun keadaan karakteristik siswa tertentu. Teknik pembelajaran juga menyangkut strategi dalam pembelajaran yang disampaikan apakah dapat dimengerti oleh siswa dengan baik atau tidak.

2.  Mengetahui perbedaan individu dalam pembelajaran

Pada proses mendidik seorang pengajar (guru) memiliki tantangan dalam menilai perbedaan karakteristik setiap individu yang menjadi siswanya, sehingga setiap pengajar diharapkan memiliki penilaian yang baik dalam membedakan karakteristik siswanya. Dalam psikologi pendidikan Seorang pengajar (guru) maupun calon pengajar akan mengetahui seluk beluk perbedaan karakter individu dalam belajar dan cara mengatasi setiap perbedaan karakter tersebut sehingga dengan mempelajari psikologi pendidikan baik seorang pengajar maupun calon pengajar mengetahui betul perbedaan karakter individu dan tidak bingung dalam menghadapinya.

3. Membantu membuat rancangan media pembelajaran yang menarik

Dengan mempelajari psikologi pendidikan seorang pengajar yang hendak menggunakan media pembelajaran pendukung di dalam kelas seperti LCD proyektor, spekaer, poster maupun alat peraga lainnya, bisa memilih media pembelajaran yang bisa menarik perhatian siswa (sesuai dengan kondisi siswa)  serta menciptakan suasana belajar dalam kelas yang menyenangkan. Hal ini dimaksudkan agar pengajar yang memilih menggunakan dukungan media pembelajaran tidak salah pilih serta media yang digunakan bisa mewakili materi yang disampaikan sehingga tujuan belajar yang menyenangkan serta ilmu yang disampaikan bisa di terima oleh siswa dengan baik.

4. Konseling

Mempelajari psikologi pendidikan juga bermanfaat untuk pengajar (Guru). Salah satunya yang tak kalah penting yaitu konseling atau bimbingan. Pada psikologi pendidikan akan banyak dibahas masalah masalah yang berkaitan dengan perkembangan manusia. Sehingga seorang guru tidak hanya bisa mengajarkan materi dalam kelas tetapi juga bisa memberikan pengarahan atau bimbingan kepada siswa yang membutuhkan terkait masalah akademik. Selain bisa memberikan solusi terhadap siswa yang memiliki masalah akademik seorang guru juga dapat menjalin keterikatan sosial dengan siswa selanjutnya bisa menciptakan suasana positif dalam kegiatan pembelajaran.

5. Terhindar dari salah penilaian

Seorang pengajar yang mempelajari psikologi pendidikan akan memiliki kemampuan dalam menilai siswa dengan adil dan sesuai kaidah. Terkadang dalam praktik penilaian (evaluasi) seorang pengajar bisa saja menjadi subjektif atau hanya terpaku pada siswa yang menonjol saja akan tetapi hal ini berakibat buruk pada kelanjutan perkembangan peserta didik. maka dari itu mempejari psikologi pendidikan membuat seorang pengajar mampu mendalami dan mengerti kemampuan masing-masing siswanya. Sehingga kejadian pilih kasih dalam penilaian tidak akan terjadi dan penilaian secara adil bisa terwujud.

6. Membantu penyusunan jadwal pelajaran yang efektif

Penyusunan jadwal pelajaran juga tak lepas dari aspek psikologis peserta didik. Sehingga mempelajari psikologi pendidikan akan membantu pengajar menempatkan mata pelajaran dalam jadwal secara efektif sehingga siswa tidak merasa terbebani dalam jam pelajaran tertentu. seperti ketika mata pelajaran fisika berada di jam akhir sekolah akan terasa tidak efektif karena siswa telah lelah dan umumnya menginginkan cepat pulang. Sehingga keadaan seperti itu membuat proses pembelajaran tidak efektif.

artikel terkait : manfaat perencanaan pembelajaranmanfaat pembelajaran – manfaat perencanaan jadwal bagi guru

7. Membantu mengenali bakat

Mempelajari psikologi pendidikan bagi pengajar maupun calon pengajar akan membantu dalam hal mengenali bakat dari seorang peserta didik dari perilakunya. Sehingga seorang pengajar bisa berperan sebagai fasilitator untuk membuat bakat yang dimiliki oleh siswa tersalurkan.

8. Membantu pengajar menciptakan suasana interaksi yang menyenangkan

Pengajar dan siswa diharapakan memiliki hubungan yang harmonis dan saling berinteraksi aktif. Hubungan yang harmonis antara siswa dan pengajar dapat terwujud bila seorang pengajar memiliki kemampuan dalam mencipatakan pembahasan yang sesuai karakter siswa serta menaruh perhatian dengan baik.

baca juga : manfaat lingkungan sekolah untuk pembelajaran – manfaat bersosialisasi

9.  Tujuan pembelajaran tercapai dengan baik

Seorang pengajar yang bisa menerapkan ilmu yang didapat setelah mempelajari psikologi pendidikan secara tidak langsung bisa membuat tujuan pembelajaran tercapai dengan baik.

Tujuan pembelajaran secara umum yaitu mengarahkan siswa untuk mengetahui atau memahami sesuatu yang diajarkan dengan baik dan diterapkan dalam kehidupan, dengan mempelajari psikologi pendidikan seorang pengajar tersebut juga bisa membuat tujuan yang disebut diatas tercapai dengan baik. Seperti contoh pembelajaran yang disampaikan oleh pengajar (guru)  sukses ketika seorang siswa menampilkan hasil berupa pemahaman atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

baca juga : manfaat pendidikanbagi masyarakatmanfaat menuntut ilmu

Psikologi pendidikan dilain sisi tidak hanya berguna untuk pengajar maupun calon pengajar saja. Mempelajari psikologi pendidikan juga dapat dipelajari oleh orangtua sebagai tambahan informasi dalam mendampingi buah hatinya dalam belajar (mendapat pendidikan yang sesuai).