7 Manfaat Energi Bunyi Untuk Makhluk Hidup dan Kebutuhan Sehari Hari

Bunyi merupakan getaran di udara yang dihasilkan dari banyak benda dan hampir setiap makhluk hidup juga bisa menghasilkan sebuah bunyi. Bunyi merupakan energi gelombang yang asalnya dari sumber bunyi yakni benda yang bergetar. Sedangkan gelombang bunyi merupakan gelombang mekanik yang bisa merambat lewat medium. Bunyi merupakan sebuah bentuk energi yang ada di dunia dimana dalam kehidupan sehari hari, kita sering mendengar banyak suara dari mulai musik, kicauan burung, orang yang sedang berbicara, kendaraan dan lain sebagainya. Energi bunyi yang terdengar kuat mengartikan sumber bunyi tersebut juga dekat. Sedangkan bunyi yang lemah menandakan sumber bunyi tersebut terletak jauh atau kita menjauhi sumber bunyi tersebut. Berdasarkan kuat lemahnya atau frekuensi, energi bunyi bisa dibedakan menjadi 3 jenis yakni infrasonik, audiosonik dan juga manfaat bunyi ultrasonik. Lalu, apa sajakah manfaat energi bunyi tersebut?.

  1. Untuk SONAR

Manfaat pemantulan bunyi bisa digunakan untuk mempelajari tentang lingkungan yakni SONAR yang merupakan singkatan dari Sound Navigation and Ranging. SONAR ini dipakai untuk memetakan objek yang berasal di dasar laut yang bekerja dengan cara mengirimkan muatan ke sumbernya kemudian dikonversikan ke jarak untuk mengetahui kecepatan dari suara.

  1. Peringatan Dini Bencana Alam

Kegunaan energi bunyi selanjutnya yakni bunyi infrasonik bisa dipakai untuk peringatan dini dari bencana alam letusan gunung berapi. Suara infrasonik bisa diproduksi dari manfaat gempa bumi, longsor dan juga gunung berapi. Para ilmuwan nantinya akan memantau bunyi infrasonik tersebut yang dipakai untuk mempelajari lebih lanjut mengenai prosesnya yang kemudian akan memberikan peringatan dini sebelum terjadinya bencana alam seperti gunung berapi.

  1. Pendengaran Manusia

Manfaat dari energi bunyi yang paling sederhana sebetulnya adalah untuk pendengaran manusia. Setiap manusia bisa mendengar frekuensi suara berkisar 20 Hz sampai 20 ribu Hz. Gelombang bunyi dengan frekuensi kurang dari 20 Hz akan terlalu rendah bagi manusia sehingga tidak bisa didengar yang disebut dengan bunyi infrasonik namun manfaat gelombang bunyi infrasonik bisa didengar oleh beberapa jenis hewan.

  1. Survey Geofisika

Energi bumi bisa dipakai untuk melakukan survey geofisika yakni untuk mendeteksi, menentukan lokasi dan juga mengklafisikasikan gangguan yang ada di bumi seperti manfaat gunung meletus atau untuk memberikan informasi tentang struktur bumi, mendeteksi lapisan batuan yang memiliki banyak kandungan endapan minyak.

  1. Mendeteksi Janin Dalam Rahim

Transduser merupakan komponen dari USG atau manfaat echo jantung yang akan ditempelkan pada bagian tubuh yang akan diperiksa seperti dinding poros usus besar pada pemeriksaan prostat atau pada dinding perut. Transducer akan bekerja sebagai pemancar dan juga menerima gelombang bunyi. Pulsa listrik yang nantinya dihasilkan generator akan diubah menjadi energi akustik dari transducer yang dipancarkan ke arah tertentu bagian tubuh yang akan dipelajari atau diamati. Nantinya sebagai sumber bunyi akan dipantulkan dan sebagian lagi akan merambat menembus jaringan yang kemudian akan menciptakan berbagai macam pantulan sesuai dengan jaringan yang sudah dilalui. Pantulan dari beberapa jaringan tersebut nantinya akan membentur transducer sehingga akan diubah menjadi alur listrik kemudian diperkuat dan diperlihatkan ke dalam bentuk cahaya di layar oscilloscope.

  1. Untuk Stetoskop

Energi bunyi bisa dipakai untuk stetoskop yakni alat yang dipakai dokter untuk mendengarkan detak jantung pasien. Stetoskop sendiri terdiri dari tabung penghubung telinga dokter dengan pasien. Energi bumi yang berasal dari jantung nantinya akan masuk ke tabung dan dipantulkan kembali oleh dinding tabung telinga.

  1. Penggunaan Echo Sounder

Energi bunyi selanjutnya bisa dipakai Echo Sounder pada sebuah kapal untuk mengukur kedalaman laut. Prinsip kerja dari alat ini adalah memantulkan energi bunyi yang berfrekuensi tinggi dan diarahkan ke dasar laut. Manfaat gelombang bunyi nantinya akan mengenai dasar laut kemudian memantul kembali ke bagian bawah kapal dan akhirnya gelombang bunyi bisa ditangkap sensor piranti hidrofon yang kemudian akan dilepaskan kembali oleh echo sounder.

Masih ada banyak manfaat energi bunyi yang bisa digunakan untuk kebutuhan manusia sehari hari selain yang sudah kami sebutkan diatas. Energi bunyi ini juga bisa dipakai untuk mendeteksi keretakan sebuah logam, menciptakan speaker, telepon dan masih banyak lagi yang lainnya sehingga ada begitu banyak kegunaan energi bunyi yang bisa dipakai oleh manusia dan juga untuk hewan sekali pun.