Manfaat Ubi Jalar

Manfaat ubi jalar merupakan makanan sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi seperti cemilan. Ubi jalar mudah ditemukan dipasar-pasar tradisonal ataupun pasar moderen, karena untuk budidayanya tidak terlalu sulit.  Ubi jalar memang makanan yang menjadi sumber kalori seperti manfaat kentangmanfaat singkong dan manfaat jagung namun entah mengapa panganan ini banyak dijadikan seperti kudapan saja layaknya cemilan. Memang belum banyak yang menggunakan ubi jalar sebagai makanan pokok, tapi pada kenyataannya ubi jalar mengandung nutrisi yang berguna bagi tubuh. Berbagai jenis ubi jalar dengan mudah ditemui dipasaran, manfaat ubi jalar dari berbagai jenis ini, akan kita ulas manfaatnya pada artikel ini.

Kandungan Gizi Bermanfaat Ubi Jalar

Yang pertama adalah kandungan gizi pada ubi jalar merah adalah betakaroten. Zat ini terdapat dari warna merah kejinggaan pada warna daging ubinya, semakin berwarna merah semakin tinggi pula kadar betakerotennya. Manfaat ubi jalar pada kandungan betakaroten adalah sejenis senyawa yang menghasilkan vitamin A yang menjaga kesehatan mata seperti juga pada manfaat wortel. Antioksidan dalam ubi jalar jenis ini juga mampu menjaga serangan tubuh dari radikal bebas.

Jenis ubi yang populer lainnya adalah ubi jalar ungu. Kandungan vitamin C dan E menjadi antioksidan yang penting untuk tubuh. Antosianin menyerap polusi udara yang menjaga oksigen yang terhirup saat bernafas selalu sehat dan tidak mengganggu aliran darah. Manfaat ubi jalar lainnya juga terdapat pada kandungan-kandungan mineral penting yang  melimpah pada jenis ubi-ubian ini. Semua itu akan memberikan dampak positif  bagi yang mengkonsumsinya.

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan nutrisi yang baik akan menjadikan tubuh sehat dengan mengkonsumsi ubi jalar ini. Berikut manfaat ubi jalar yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Pada manfaat jerukmanfaat lemon ataupun manfaat strawberry vitamin C menjadi yang paling unggul. Pada ubi jalar ini juga terdapat kandungan vitamin C yang berfungsi mencegah penyakit yang datang melelui virus seperti flu. Pada vitamin C juga merangsang produksi kolagen pada tubuh, sehingga baik untuk kecantikan kulit juga seperti manfaat minyak zaitun dan manfaat minyak almond.
  • Sumber energi
Kandungan mineral penting yaitu zat besi dan magnesium meningkatkan energi yang dibutuhan untuk beraktivitas. Pada zat besi juga merangsang produksi pembentukan sel darah merah bagi tubuh.
Potasium terdapat pada manfaat ubi jalar berfungsi menormalkan ritme detak jantung sehingga tidak bekerja terlalu keras. Hal ini juga terdapat pada manfaat pisang dan manfaat mangga.
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:54 Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Latest From Tumbuhan