10 Manfaat Buah Delima Kuning untuk Kesehatan

delima kuningBerbicara tentang buah delima, bagi beberapa orang mungkin sudah tak asing lagi mendengar begitu banyaknya khasiat dari buah ini. Buah delima yang memiliki nama latin  Punica granatum ini adalah salah satu buah yang kerap dijadikan obat herbal untuk berbagai macam solusi dari banyak jenis penyakit. Pohon buah delima ini sendiri kerap tumbuh atau lebih menyukai daerah yang gembur namun tidak terendam air, Pohon buah delima dapat tumbuh mulai dari 2,5 meter hingga 5 meter.

Pohon buah delima biasanya ditandai dengan jenis pohon yang berbatang kayu, memiliki cabang ranting yang sangat banyak, memiliki bentuk ranting seperti persegi, dan daunnya berbentuk lancip namun memiliki ujung daun yang tumpul. Sedangkan untuk ukuran buah delima sendiri memiliki diameter yang tidak menentu, namun umumnya ditemukan dengan diameter sekitar 5 hingga 12 cm. Buah delima sendiri juga memiliki varian warna kulit yang sangat beragam, seperti delima merah, hitam, coklat kemerahan, ungu, bahkan kuning.

Selain perbedaan dari segi warna, umumnya disetiap varian memiliki perbedaan dari segi banyaknya biji didalam buah dan ketebalan kulit. Namun jika dilihat dari segi manfaat, buah delima kuning memiliki khasiat yang luar biasa. Berikut ini manfaat buah delima kuning untuk kesehatan tubuh:

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan bisa disebabkan dari berbagai faktor, bisa dikarenakan salah mengkonsumsi makanan, pola waktu makan yang tidak teratur, karena adanya riwayat infeksi lambung, dan lain lain. Gangguan pencernaan sangat berbahaya karena hal ini akan menghambat tubuh dalam melakukan proses penyerapan sari sari makanan yang berupa vitamin, serat, karbohidrat, dan lain lain. Sehingga hal ini bisa menyebabkan tubuh terasa lemas atau tidak berenergi, menurunkan sistem kekebalan tubuh yang berujung pada mudahnya virus atau kuman pembawa penyakit menyerang tubuh anda.

Mengkonsumsi buah delima kuning dapat membantu anda untuk mengatasi gangguan pencernaan yang anda alami. Selain dengan cara menyehatkan lambung, buah delima kuning juga bekerja dengan cara membantu makanan yang masuk untuk dapat lebih mudah terurai sehingga kandungannya dapat terserap dengan sempurna oleh tubuh. Mengatasi gangguan pencernaan juga merupakan salah satu dari manfaat delima merah.

2. Mengobati Perut Kembung

Kandungan serat yang tinggi didalam buah delima kuning dapat anda gunakan untuk mengobati perut yang kembung. Disarankan, pada saat anda mengalami perut yang kembung dan begah, sebaiknya anda menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak air didalamnya. Perut yang kembung biasanya diakibatkan karena terlalu banyak konsumsi air dan juga karena kondisi perut yang terlalu lama dibiarkan kosong. Cara mengkonsumsi buah delima kuning untuk perut kembung sebaiknya langsung dimakan saja buahnya, tidak perlu direbus. Karena jika langsung dimakan, kandungan serat didalamnya akan jauh lebih banyak.

3. Mengobati Keputihan

Keputihan adalah permasalahan yang kerap dialami oleh sebagian perempuan, Keputihan sendiri ada yang bersifat normal dan tidak normal. Cara mengetahui apakah keputihan yang anda alami masih tergolong keputihan yang normal adalah dengan cara melihat warna dan bau dari keputihan tersebut. Apabila keputihannya memiliki warna yang cenderung bening dan tidak berbau, maka hal itu tergolong dalam keadaan yang wajar. Namun jika kebalikannya, maka keputihan tersebut harus segera diobati karena menandakan adanya pengaruh bakteri dan kuman didalamnya.

Anda bisa memakan langsung buah delima kuning, atau dapat juga memakannya dengan cara merebus terlebih dahulu buah delima kuning tersebut. Caranya sangat gampang, anda hanya perlu menyiapkan air matang dan beberapa potong buah dari delima kuning. Rebuslah kurang lebih sekitar 3 menit saja, dan minum air saringannya setelah dingin. Lakukan ini setidaknya sehari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


4. Mengobati Radang Amandel

Amandel adalah penyakit yang menyerang di bagian tenggorokan. Pembengkakan amandel biasanya disebabkan karena kuman dan virus yang menyerang saat sistem kekebalan tubuh menurun. Saat mengalami peradangan amandel, biasanya anda akan merasakan nyeri dibagian tenggorokan dan sulit untuk mengambil nafas dan berbicara seperti biasa. Untuk mengatasinya anda bisa menghentikan sementara konsumsi minuman dan makanan yang dingin dan perbanyaklah meminum air hangat sehari-hari. Dan juga hindari pula makanan yang bersifat terlalu manis, terlalu masam, ataupun terlalu pedas.

Namun, ternyata ada cara lain untuk mengobati amandel dalam kurun waktu yang tergolong cepat yang belum banyak orang ketahui, yaitu dengan mengkonsumsi buah delima kuning. Buah delima kuning bisa secara langsung anda makan, maupun dengan cara meminum air saringan dari rebusan buah delima kuning. Buah delima kuning memberikan sensasi menghangatkan dan menyegarkan bagian tenggorokan anda, selain itu juga dapat membunuh kuman dan bakteri di tenggorokan yang menyebabkan terjadinya peradangan dibagian amandel.

5. Membersihkan Mulut dan Gigi

Meskipun diluar sana sudah banyak produk yang dikhususkan untuk membersihkan bagian mulut dan gigi, namun obat kumur herbal tetaplah menjadi juaranya. Selain lebih murah, obat kumur herbal menggunakan air saringan rebusan buah delima kuning memberikan manfaat dan khasiat yang jauh lebih banyak dibandingkan obat kumur herbal biasa. Obat kumur menggunakan air saringan rebusan buah delima kuning ini mempunyai kadar antibakterial yang tinggi, sehingga dapat dengan ampuh membunuh kuman yang bersarang didalam mulut dan gigi. Sebaiknya anda menggunakannya setiap pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum hendak beristirahat.

6. Mencegah Infeksi

Infeksi adalah salah satu permasalahan yang disebabkan karena adanya luka disalah satu bagian tubuh yang terkena oleh kuman dan bakteri yang membawa bibit penyakit dan tidak higienis. Infeksi biasanya menyebabkan luka menjadi jauh lebih susah kering dan sembuh, infeksi juga bisa memicu peradangan dari luka tersebut dan membuatnya semakin jauh lebih terasa sakit. Selain mengobati infeksi dari luar tubuh, ada baiknya untuk mempercepat penyembuhannya pula dengan mengobatinya dari dalam tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi buah delima kuning.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah delima kuning memiliki anti bakterial yang tinggi sehingga dapat membunuh bakteri dan kuman jahat di tubuh anda. Selain itu, dapat pula meningkatkan daya imun atau sistem kekebalan tubuh anda, sehingga apabila terdapat luka di kemudian hari akan lebih mudah kering dan kulit akan lebih cepat meregenerasi.

7. Mengandung Antioksidan Tinggi

Tahukah anda bahwa manfaat antioksidan sangatlah banyak untuk tubuh? Antioksidan adalah salah satu penangkal yang paling ampuh untuk membasmi dan menjadi filter pada radikal radikal bebas yang menjadi sumber penyakit. Sumber antioksidan sendiri dapat anda temukan didalam berbagai buah buahan, salah satunya adalah buah delima kuning. Buah delima kuning adalah salah satu dari banyaknya buah yang memiliki kadar antioksidan yang tinggi, sehingga tidak perlu diragukan lagi mengenai kemampuan buah delima kuning untuk menjadi sistem kekebalan tubuh.

8. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut adalah salah satu permasalahan yang sangat mengganggu dan membuat ketidaknyamanan bagi seseorang dan sekelilingnya. Namun anda tidak perlu khawatir, dengan rutin meminum atau berkumur menggunakan air saringan dari rebusan buah delima kuning disetiap pagi dan malam hari akan menghilangkan secara cepat bau mulut yang anda alami.

9. Menghentikan Diare

Diare adalah salah satu penyakit yang juga disebabkan oleh adanya gangguan pencernaan didalam tubuh. Diare apabila dibiarkan dan tidak ditangani secara benar dapat membuat penderita kehilangan banyak ion dan cairan. Oleh karena itu, bagi penderita diare dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan cairan yang seimbang. Dan solusi yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi buah delima kuning, selain mengandung berbagai vitamin, buah delima kuning juga sangat memberikan pengaruh baik pada organ pencernaan anda.

10. Mencegah Sel Kanker

Manfaat jus delima kuning bisa juga untuk mencegah sel kanker. Karena mengandung antioksidan yang tinggi, buah delima kuning juga dapat menjadi solusi bagi anda untuk menangkal dan memperkecil kemungkinan sel kanker dapat tumbuh di dalam tubuh anda.

Demikian manfaat buah delima kuning yang bisa Anda dapatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Monday 30th, October 2017 / 06:16 Oleh :
Kategori : Buah Buahan