Sponsors Link

10 Manfaat Probiotik bagi Tubuh Manusia

Sponsors Link

Di Indonesia tampaknya kepopuleran produk makanan serta minuman dengan kandungan probiotik makin meningkat saja. Hanya mungkin banyak dari kita yang belum terlalu akrab dengan probiotik yang merupakan jamur atau bakteri ini. Tidak seperti bakteri atau jamur yang dapat memicu berbagai penyakit serius di dalam tubuh kita, probiotik adalah bakteri baik yang akan membantu meningkatkan kesehatan para pengonsumsi makanan maupun minuman berkandungan bakteri sehat ini. Berikut ini adalah manfaat probiotik bagi tubuh manusia yang perlu diketahui :

ads

1. Membuat Saluran Usus Bersih

Dengan segudang makanan dan minuman yang kita konsumsi, tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada banyak kotoran yang mengalami pengendapan di dalam usus. Tidak jarang juga endapan kotoran tersebutlah yang dapat menyebabkan masalah pencernaan. Dengan probiotik, usus akan dibersihkan dari kotoran tersebut. Ketika di usus terdapat endapan kotoran, maka bakteri yang memicu penyakit akan dibersihkan oleh asam.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bakteri yang baik dan sehat semacam probiotik rupanya sangat dapat berfungsi merangsang respon imunitas tubuh kita. Cara paling mudah untuk mempertahankan atau bahkan menambah daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang diketahui kaya akan probiotik di dalamnya. Sebuah studi pun telah membuktikan dan menyatakan bahwa orang-orang yang meminum susu fermentasi (bukan susu biasa), limfositnya bertambah banyak alias meningkat. Peningkatan pada produksi limfosit inilah yang dapat menjadi petunjuk adanya respon imun. Bila imunitas meningkat, otomatis serangan penyakit apapun serta rasa lelah akan dapat dihilangkan.

3. Membuat Efek Antibiotik Berkurang

Perlu diketahui bahwa mikroorganisme dibagi menjadi dua jenis, yakni probiotik dan antibiotik. Bila di dalam tubuh manusia terdapat bakteri antibiotik, maka bakteri ini akan dikurangi dengan mendapat asupan probiotik secara cukup sehingga dapat menyeimbangkan. Otomatis jika bakteri antibiotik berkurang, tubuh pun akan terus terjaga kesehatannya. Bahkan penyakit diare yang dipicu oleh parasit, bakteri atau virus pun dapat diredakan oleh probiotik. Diare yang dapat juga dipicu oleh reaksi pada antibiotik juga akan diatasi secara sempurna.

4. Membantu Mengatasi Obesitas

Bakteri pada usus orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan atau obesitas ditemukan berbeda dari bakteri pada usus orang yang berbobot normal oleh para peneliti dari Stanford University di tahun 2006. Telah ditunjukkan oleh beberapa penelitian bahwa orang dengan masalah obesitas yang sudah mengalami proses operasi untuk sedot lemak demi menurunkan berat badan akan terbantu dengan probiotik. Probiotik di sini bisa diandalkan untuk mempertahankan berat badan yang sudah dicapai tersebut.

5. Mengatasi Masalah Eksim

Sebuah studi menemukan adanya kaitan antara para wanita hamil yang mengonsumsi probiotik dengan adanya pengurangan risiko eksim atau tanda awal alergi sebanyak 30% pada bayi mereka. Beberapa wanita dipilih oleh peneliti kasus ini dan wanita-wanita tersebut adalah yang memiliki riwayat alergi musiman atau yang memiliki pasangan dengan riwayat alergi. Para bayi yang mendapat asupan probitik diketahui dapat membuat sistem daya tahan tubuh mereka meningkat dan risiko mengidap alergi akan berkurang. Jadi, eksim pada anak-anak akan dapat dicegah, sementara gejala eksim yang dialami orang dewasa akan dapat diredakan.

ads

6. Membuat Intoleransi Laktosa Berkurang

Asam laktat ada di dalam probiotik dan rupanya inilah yang akan membantu supaya laktosa dapat dikonversi menjadi asam laktat. Dengan adanya proses konversi ini, maka seseorang yang tadinya memiliki reaksi alergi terhadap produk olahan susu di mana laktosa terkandung di dalamnya akan teratasi. Tidak ada masalah lagi untuk mengonsumsi produk susu tersebut.

7. Mengatasi Masalah Pencernaan

Banyak dari kita yang mengalami sembelit atau keadaan di mana kita makan dan minum seperti biasa namun susah untuk buang air besar atau BAB. Iritasi usus pun juga dapat terjadi pada beberapa orang. Diare juga bukanlah masalah sepele dan ini kerap dialami oleh banyak orang. Kabar baiknya adalah gangguan-gangguan pencernaan tersebut dapat diobati oleh probiotik.

8. Menjaga Kondisi Vagina Tetap Sehat

Sama seperti sistem pencernaan, area vital wanita atau vagina rupanya juga memikiki ketergantungan terhadap keseimbangan dari bakteri baik dan buruk di dalam tubuh. Infeksi jamur dan vaginosis bakteri merupakan beberapa masalah infeksi yang akan membuat para wanita tidak merasa nyaman. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan bakteri baik dan buruk tidak dalam keadaan yang seimbang.

Itulah yang menjadi alasan kuat mengapa wanita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan maupun minuman yang probiotiknya tinggi. Segala masalah kesehatan pada area vital wanita akan dicegah secara aman oleh probiotik, baik itu vaginitis, kandidiasis, maupun infeksi jamur. Kesehatan vagina pun akan selalu terjaga dan justru malah akan semakin meningkat secara keseluruhan.

9. Membantu Pencegahan Peradangan

Sistem pencernaan yang tidak terlalu diperhatikan terkadang dapat mengalami peradangan yang pastinya tidak akan nyaman. Radang usus adalah masalah sistem pencernaan yang cukup sering terjadi dan dialami oleh banyak orang. Namun, dengan mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar probiotik tinggi, bakteri sehat ini akan membantu pencegahan radang pada usus.

10. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

Banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa saluran kemih dapat diserang dengan mudah oleh bakteri-bakteri jahat. Saat bakteri-bakteri tersebut berhasil menyerang, maka infeksi saluran kemihlah yang akan timbul. Untuk itulah penting menjaga populasi bakteri sehat nan baik untuk berada di bagian saluran kemih kita. Mungkin antibiotik dipercaya dapat menghilangkan masalah infeksi ini, namun sayangnya ada sekitar 30-40% kemungkinan infeksi dapat kembali mengganggu. Itulah mengapa penanganan dengan probiotik lebih disarankan daripada antibiotik.

Itulah daftar dari beberapa manfaat probiotik bagi tubuh manusia yang sangat penting untuk menambah pengetahuan kita. Suplemen serta makanan probiotik pada umumnya aman untuk dikonsumsi siapapun walaupun probiotik tidak begitu disarankan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki kondisi kesehatan yang serius dan masalah pada sistem daya tahan tubuh mereka. Jika ragu untuk mengkonsumsi makanan dan minuman dengan komponen probiotik, cobalah untuk mengonsultasikan hal tersebut dengan dokter.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 09th, February 2016 / 04:07 Oleh :
Kategori : Kesehatan