10 Manfaat Ceker Ayam Bagi Kesehatan

ceker ayamMakanan dari ceker ayam, mungkin akan membuat Anda merasa jijik. Ceker ayam sesuai seperti namanya adalah bagian kaki ayam. Bila kita melihat bentuknya maka itu akan menggambarkan lingkungan ayam yang kotor dan mungkin bagian ayam tersebut banyak mengandung kuman atau bakteri. Tapi di beberapa daerah di Indonesia, ceker ayam banyak dibuat menjadi berbagai macam sajian makanan.

Misalnya di daerah Solo atau Jogja maka ceker ayam dibuat dengan variasi gudek ceker ayam, mia ayam ceker, keripik ceker ayam, sup ceker ayam dan berbagai jenis sajian lain. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di beberapa negara seperti Filiphina, Korea, China, Vietnam, Afrika dan Amerika juga memakai ceker ayam dan diolah menjadi makanan yang lezat.

Salah satu alasan biasa untuk memasak ceker ayam menjadi masakan adalah, tidak ingin membuang bagian ayam yang masih bisa dimakan. Ceker ayam memiliki sedikit daging di semua bagian hingga ke ruas-ruas kakinya. Sementara itu ceker ayam juga memiliki tulang lunak yang rasanya gurih dan lezat. Tapi, tahukah Anda bahwa ceker ayam memberikan manfaat kesehatan yang sangat banyak. Berikut ini adalah fakta-fakta manfaat ceker ayam dalam dunia kesehatan.

1. Ceker Ayam Kaya Kolagen

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Hewan Universitas Chung-Hsing di Taiwan, terungkap bahwa ceker ayam mengandung kolagen yang sangat tinggi. Bahkan kadar kolagen alami pada ceker ayam hampir sama dengan kolagen yang banyak ditemukan pada sayuran hijau dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Kolagen adalah salah satu zat khusus yang diperlukan kulit tubuh untuk mempertahankan elastisitas. Manfaat kolagen yang terdapat dalam ceker ayam sangat banyak, antara lain adalah:

  • Kolagen memelihara kesehatan kulit dan membentuk kulit yang elastis karena mendukung pergantian sel-sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih cepat.
  • Kolagen membantu tubuh dalam menyerap kalsium dan protein sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat.
  • Kolagen dapat meningkatkan produksi sel darah merah karena bekerja dengan memperkuat struktur pembuluh darah.
  • Kolagen membantu tubuh dalam menurunkan berat badan karena bisa meningkatkan metabolisme tubuh terhadap lemak.
  • Kolagen bisa membuat struktur tulang menjadi lebih kuat dan mencegah penyakit kerapuhan tulang.

2. Memelihara Sendi dan Mengurangi Resiko Tulang Rapuh

Penyakit nyeri sendi dan tulang rapuh biasanya banyak terjadi pada orang lanjut usia. Penyebabnya adalah tubuh tidak bisa mendapatkan kalsium dan tulang sudah tidak bisa menyerap kalsium dengan baik. Tapi dengan konsumsi ceker ayam sejak masih muda maka akan memberikan efek yang berbeda. Bagian ceker ayam memang hanya terdiri dari kulit, tendon dan tulang. Kandungan ceker ayam yang kaya dengan protein, kalsium, tulang rawan dan kolagen bisa mudah diserap oleh tubuh. Nutrisi ini sangat penting untuk memperkuat struktur tulang dan bisa mencegah kerapuhan tulang saat sudah lanjut usia.

3. Menyembuhkan Cedera

Nutrisi yang ditemukan dalam ceker ayam adalah seperti protein dan kalsium. Kedua nutrisi ini sangat penting untuk membantu meregenerasi syaraf, otot dan tulang manusia. Penelitian yang sudah dilakukan oleh seorang peneliti di Amerika mengungkapkan bahwa potensi nutrisi tersebut bisa membantu menyembuhkan cedera. Bahkan kondisi cedera tulang belakang dipercaya bisa cepat sembuh dengan memakai makanan yang mengandung ceker ayam.

4. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Ceker ayam bisa dibuat menjadi kaldu atau sup yang menyegarkan. Bagian ceker ayam yang banyak mengandung jaringan ikat dan tulang rawan yang sangat lezat. Bahkan semua nutrisi seperti protein, kolagen, kondroitin dan glukosamin juga akan larut ketika dimasak menjadi kaldu. Khasiat dari berbagai nutrisi ini juga sangat baik untuk membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Efek dari nutrisi ini juga sangat penting untuk membuat usus menjadi lebih lembut sehingga membuat saluran pencernaan Anda menjadi lebih sehat.

5. Menjaga Kesehatan Kuku

Ceker ayam yang sudah dimasak akan mengeluarkan beberapa nutrisi yang sangat penting untuk tubuh. Kaldu atau beberapa jenis masakan lain dari ceker ayam bisa menghasilkan asam amino, kolagen, glisin, hidroksipolin, dan prolin yang bisa membantu menjaga kesehatan kuku. Ceker ayam yang dimasak biasanya akan mengeluarkan cairan atau gel khusus yang banyak mengandung gelatin. Nutrisi ini membantu tubuh dalam mengolah kalsium dan diserap oleh kuku.



6. Menyehatkan Gusi

Gusi adalah jaringan kuat yang digunakan untuk menopang gigi. Beberapa jenis penyakit gusi banyak disebabkan oleh masalah kesehatan gigi yang buruk. Namun bisa juga masalah ini ditimbulkan dari dalam tubuh. Kekurangan vitamin dan beberapa nutrisi lain juga akan membuat masalah pada gusi. Ceker ayam adalah makanan yang banyak mengandung nutrisi dalam jumlah yang sangat banyak. Ada jaringan ikat dan tulang rawan yang bisa berubah menjadi gel karena mengandung kolagen, asam amino, dan beberapa zat pembentuk gelatin. Karena itulah semua zat ini akan memperbaiki kondisi kesehatan gusi .

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ceker ayam memang terkenal dengan semua nutrisinya yang sangat penting seperti kolagen atau zat pembentuk gelatin. Selain itu ternyata ceker ayam juga mengandung berbagai jenis mineral seperti seng, tembaga, magnesium, kalsium dan fosfor. Semua mineral ini dibutuhkan oleh organ tubuh untuk membangun kesehatan dan mengatasi berbagai jenis penyakit. Dengan konsumsi ceker ayam maka juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Membentuk Probiotik Alami

Ceker ayam yang banyak mengandung kolagen dan berbagai jenis mineral lain ternyata juga bisa membentuk probiotik alami. Agen gelatin yang banyak ditemukan pada cairan dari rebusan ceker ayam sangat baik dalam membentuk probiotik alami. Probiotik akan membuat tubuh mampu membentuk kekebalan alami, menyehatkan usus dan mengatasi masalah saluran pencernaan.

9. Menyeimbangkan Hormon Tubuh

Ceker ayam juga menghasilkan beberapa jenis asam amino yang sangat baik untuk tubuh. Salah satu jenis asam amino yang dilepaskan dari ceker adalah arginin. Ini adalah jenis asam amino yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah membantu tubuh dalam melepaskan hormon yang menyebabkan perasaan tertekan dan stress. Bahkan arginin juga penting untuk memproduksi hormon reproduksi baik untuk pria dan wanita.

10. Mencegah Kerusakan Jaringan Tubuh

Manfaat ceker ayam yang terakhir adalah untuk menjaga kerusakan jaringan tubuh. Memiliki jaringan tubuh yang kuat memang sangat penting untuk kesehatan. Jaringan ikat diperlukan untuk otot, tulang dan berbagai jenis organ tubuh seperti hati, empedu dan organ lain. Ceker ayam yang sudah dimasak akan mengeluarkan asam amino kelompok glisin. Glisin memiliki fungsi penting untuk memperkuat jaringan ikat tubuh, menjaga kesehatan organ tubuh, membantu tubuh dalam mengeluarkan racun-racun tubuh dan juga meningkatkan kualitas syaraf sehingga bisa meningkatkan rasa nyaman saat tidur.

Tips Memasak Ceker Ayam

Ceker ayam memang terbukti mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat untuk membangun kesehatan tubuh. Ceker ayam juga bisa membantu memulihkan stamina karena kelelahan, masa pemulihan setelah sakit atau operasi, memulihkan kondisi usus yang bermasalah dan mengatasi alergi terhadap beberapa makanan. Namun memasak ceker ayam tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memasak ceker ayam dan menghilangkan semua potensi bakteri.

  • Ambil bagian ceker ayam. Potong sebatas paha bawah sehingga yang tertinggal benar-benar ceker.
  • Cuci dengan air bersih yang mengalir sehingga semua kotoran bisa keluar. Jika Anda membeli ceker ayam dari pedagang maka jangan langsung memasaknya tapi cuci ulang kembali.
  • Potong semua bagian kuku ceker ayam untuk menghilangkan bagian ceker yang terlihat kotor dan menjijikkan.
  • Rebus kaki ayam dengan air panas selama beberapa menit.
  • Tiriskan dan hilangkan lapisan kulit keras pada kaki ayam. Lapisan kulit berwarna kuning harus dihilangkan untuk mengurangi potensi bakteri dan kotoran yang memang tertinggal dalam ceker ayam.
  • Rebus lagi bagian ceker ayam dan masak sesuai dengan selera Anda.
  • Selalu gunakan ceker ayam yang masih segar dan baru dipotong dan jangan memasak ceker ayam yang sudah disimpan lebih dari 48 jam di dalam kulkas.

Manfaat ceker ayam memang cukup banyak, namun pastikan anda memasaknya dengan cara yang benar. Karena ceker ayam harus di cuci dengan bersih agar tidak menimbulkan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Sunday 24th, May 2015 / 11:58 Oleh :
Kategori : Daging