Sponsors Link

8 Manfaat Makan Pisang Sebelum Tidur bagi Tubuh

Sponsors Link

Biasanya, kita sangat-sangat menghindari makan sebelum tidur dikarenakan hal ini akan memberikan dampak yang kurang bai bagi tubuh kita seperti contohnya meningkatnya berat badan. Namun siapa sangka bahwa konsumsi buah jenis tertentu sebelum tidur ternyata dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Salah satu buah yang bagus dikonsumsi sebelum tidur adalah pisang.

ads

artikel terkait:

Siapa yang tidak mengenal pisang? Buah yang satu ini telah banyak dikenal dikalangan masyarakat di berbagai belahan dunia. Pisang lazim dikonsumsi tidak hanya sebagai buah meja akan tetapi diolah ke berbagai sajian lain. Namun apabila Anda ingin mendapatkan manfaat dari pisang ketika mengkonsumsinya sebelum tidur, alangkah baiknya apabila Anda mengkonsumsi buah pisang tersebut secara langsung tanpa proses pengolahan. Artikel berikut ini akan membahas mengenai manfaat konsumsi pisang sebelum tidur.

Kandungan Pisang

Pisang memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, makanya tidak heran apabila pisang telah ditanam setidaknya pada 107 negara. Berikut merupakan asupan gizi yang diperoleh dari konsumsi pisang ukuran sedang (sekitar 126 gram) yang dianggap satu porsi.

Tabel 1. Kandungan GIzi Pisang

Kandungan Gizi Jumlah
Kalori 110 kkal
Karbohidrat 30 gram
Protein 1 gram
Vitamin B6 0,5 mg
Mangan 0,3 mg
Vitamin C 9 mg
Kalium 450 mg
Serat 3 g
Magnesium 34 mg
Folat 25 mcg
Riboflavin 0,1 mg
Niacin 0,8 mg
Vitamin A 81 IU
Besi 0,3 mg

artikel terkait: manfaat akar pisang

Manfaat Makan Pisang Sebelum Tidur

Memang terkadang makan sebelum tidur itu sangat-sangat dihindari karena dikhawatirkan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi tubuh, misalnya membuat badan manjadi lebi gemuk. Namun apakah Anda tahu manfaat apa yang akan Anda dapatkan apabila memakan pisang sebelum tidur? Demikian merupakan ulasannya.

1. Membantu meningkatkan kualitas tidur Anda

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan gizi dan manfaat. Pisang memiliki kandungan zat triptofan dan asam amino yang dapat meningkatkan hormon melatonin serta dapat membantu menyembuhkan insomnia. Hormon melatonin merupakan salah satu hormon yang sangat berguna dalam membantu menjaga kualitas tidur yang sehat. Nah, apabila Anda memakan pisang sebelum tidur maka hal ini akan membantu meningkatkan hormone melatonin sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Selain itu, memakan buah pisang sebelum tidur akan membuat tubuh Anda semakin ringan dan rileks. Namun jangan lupa, konsumsi pisangnya diberi jeda ya sebelum tidur paling tidak satu jam.

artikel terkait: manfaat pisang untuk asam urat

2. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Selain membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, konsumsi pisang sebelum tidur dapat membuat sistem pencernaan Anda semakin lancar serta membuat tubuh Anda semakin rileks. Pisang memiliki kandungan serat yang berguna untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh Anda. Konsumsilah pisang dengan porsi yang cukup di malam hari sebelum tidur niscaya hal tersebut akan membantu Anda untuk mendapatkan pencernaan yang sehat di pagi hari. Berani coba?

artikel terkait: manfaat pisang sunpride

3. Membantu dalam proses penurunan berat badan

Pisang memilik kandungann karbohidrat kompleks yag tidak akan meningkatkan glukosa secara drastic. PIsang juga mengandung rendah lemak yang aman untuk peserta diet serta kandungan serat yang dapat membantu memperlacar proses metabolism dalam tubuh.

ads

Apabila Anda mengkonsumsi pisang di malam hari, hal ini akan membuat Anda merasa lebih kenyang dan menghindarkan Anda untuk makan makanan yang beresiko untuk menggemukkan badan seperti cheeseburger, kentang goreng, milkshake dsb. Selain itu apabila Anda memakan pisang sebelur tidur, rasa kenyang yang ditimbulkan dari konsumsi pisang juga akan menghindarkan Anda dari kemungkinan terbangun di malam hari akibat rasa lapar dan menyantap makanan ketika tengah malam. Dengan demikian, pisang dapat membantu Anda untuk mengontrol Anda untuk mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan berat badan Anda sehingga hal ini sangat membantu dalam proses penurunan berat badan.

artikel terkait: manfaat daun pisang kering

4. Membantu mencegah kram otot

Dikarenakan kandungan zat besi yang terkandung dalam buah pisang, konsumsi buah pisang dapat membantu Anda untuk menghindarkan diri dari resiko kram otot. Hal ini dikarenakan pada dasarnya zat besi yang terkandung dalam pisang sangatlah baik untuk kesehatan tulang dan juga dapat mencegah terjadinya kram otot, rematik dsb.

artikel terkait: manfaat pisang kepok

5. Membantu menyeimbangkan perasaan mood

Apabila mood Anda terasa tidak stabil setelah aktivitas seharian, silahkan Anda mengkomsumsi pisang di malam hari sebelum tidur untuk membantu menyeimbangkan mood Anda agar tidur semakin nyaman. Pisang dapat berperan sebagai elektrolit pemasok energi dikarenakan kandungan mineralnya yang tinggi. Pisang juga memiliki kandungan triptofan, serotonin dan norepinefrin yang dapat mencegah depresi serta dapat menimbulkan perasaan nyaman dan enjoy. Selain itu, kandunagn vitamin B6 pada pisang juga akan membantu Anda dalam memperbaiki suasana hati dan emosi.

artikel terkait: manfaat pisang barangan

6. Membantu meningkatkan asupan nutrisi tubuh

Konsumsi pisang di malam hari dapat membantu menebus kekurangan asupan kalium serta dapat membantu mencukupi dosis harian magnesium yang merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh. Setiap harinya, kalium dan mineral sangatlah penting bagi tubh karena dapat menjaga masalah seperti tekanan darah tinggi. Terkadang, orang dewasa tidak dapat memenuhi kebutuhan kalium rata-rata perharinya, yaitu dengan dosis sebanyak 4700 mg per hari.

artikel terkait: manfaat kulit pisang untuk kesehatan tubuh

7. Membantu menciptakan sel yang baik untuk tubuh

Konsumsi buah pisang sebelum tidur dipercaya dapat membantu menciptakan sel yang baik untuk tubuh ketika Anda sedang terlelap. Kandungan vitamin B6 pada pisang dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel yang baik seperti insulin dan hemoglobin. Meningkatnya produksi kedua sel tersebut dapat meningkatkan metabolisme tubuh agar tubuh tidak gampang terserang oleh penyakit.

artikel terkait: manfaat pisang emas

8. Membantu menjaga tekanan darah pada angka stabil

Konsumsi pisang di malam hari dipercaya dapat membantu meningkatkan kestabilan tekanan darah Anda ketika terlelap. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan potassium yang dapat membuat tekanan darah menjadi normal.

artikel terkait: manfaat pohon pisang

Mengingat banyaknya manfaat yang diperoleh dari konsumsi buah pisang sebelum tidur, alangkah baiknya bagi Anda untuk mencoba untuk membiasakan konsumsi buah pisang ini sebelum beranjak istirahat. Tidak ada salahnya bukan untuk mengkonsumsi buah yang kaya nutrisi dan manfaat ini? Demikia merupakan informasi yang dapat kami sampaikan. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 15th, December 2016 / 14:53 Oleh :
Kategori : Buah Buahan