15 Manfaat Nanas Madu untuk Kesehatan Tubuh

Indonesia adalah salah satu Negara di daerah tropis yang mempunyai keragaman sumber daya alam, buah-buahan salah satunya. Buah yang ditemukan di Indonesia, memiliki variasi yang sangat berbeda, baik dari segi bentuk, warna, dan rasa. Bahkan satu jenis buah saya mempunyai beberapa jenis varian, contohnya adalah Nanas. Buah Nanas adalah buah yang sudah sangat umum dikenal banyak orang.

Namun tahukah kamu bahwa ternyata Nanas memiliki varian lain? Pernah dengar tentang Nanas madu? Nanas Madu adalah salah satu variasi dari hasil persilangan buah Nanas. Dilihat dari segi kandungannya, tidak terlalu berbeda jauh dengan Nanas biasa. Nanas madu juga mengandung berbagai vitamin, berbagai mineral, serat, antioksidan, dan lain-lain.

Jika dilihat dari segi fisik, cukup sulit membedakan mana Nanas madu dan yang mana Nanas biasa. Tapi jika ingin melihat lebih teliti tentang perbedaannya, perhatikan beberapa hal ini:

  • Nanas madu mempunyai bentuk buah yang lebih besar, baik secara keseluruhan ataupun dari mata kulitnya.
  • Nanas madu memiliki daging lebih tebal.
  • Aroma yang dimiliki oleh Nanas madu umumnya jauh lebih kuat dari Nanas biasa. Nanas madu mempunyai ciri khas aroma yang sangat harum.
  • Nanas madu berwarna kuning cenderung orange.
  • Jika Nanas yang biasa kita temui memiliki rasa buah yang asam, berbeda hal dengan rasa yang dimiliki Nanas madu. Nanas madu memiliki rasa buah yang sangat manis dan segar.

Berikut adalah beberapa tips untuk membedakan Nanas madu dan Nanas biasa. Dan selanjutnya adalah beberapa manfaat Nanas madu untuk kesehatan anda:

1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat didalam Nanas bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan makanan yang masuk kedalam tubuh. Saluran pencernaan yang baik memastikan kandungan mineral dan vitamin yang terdapat dalam makanan anda dapat terserap oleh tubuh. Selain itu, pencernaan yang lancar juga berguna untuk membuang sisa ampas yang terdapat didalam tubuh, seperti membuang bakteri dan virus yang merugikan metabolisme dan imun tubuh. Baca juga: Manfaat Jus Blewah.

2. Mencegah Kanker Payudara

Bagu kaum wanita, penyakit kanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti. Namun tahukah kamu bahwa Nanas madu mampu mencegah anda terkena penyakit ini? Kandungan mineral kalium, fosfor, dan kalsium bermanfaat mencegah resiko anda terkena kanker, bahkan tidak hanya kanker payudara saja. Baca juga: Manfaat Daun Kelor Untuk Kanker.

3. Mengurangi Rasa Sakit Haid

Haid atau menstruasi yang datang setiap bulan biasanya membawa rasa sakit dan nyeri yang tidak bisa dianggap remeh. Mulai dari nyeri perut, rasa mual, dan lain lain nyatanya sangat menyiksa bagi kaum wanita. Bagi anda yang merasakan hal ini, anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi Nanas madu. Zat antioksidan yang ada didalam Nanas madu mampu mengurangi rasa sakit anda saat haid. simak pula: Manfaat Minum Asam Jawa Saat Haid.

4. Mengontrol Kolesterol dalam Tubuh

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat memicu datangnya banyak penyakit. Sehingga menjaga kestabilan kadar kolesterol adalah hal yang sangat penting. Vitamin C dan kandungan serat didalam Nanas madu dapat anda jadikan solusi untuk menjaga kadar kolesterol anda, bahkan untuk menurunkannya pula. Baca juga artikel berikut untuk menjaga kolesterol tubuh anda: Manfaat Buncis Untuk Kolesterol.

5. Memperkuat Tulang

Tulang adalah salah satu organ yang penting bagi tubuh. Tulang adalah pondasi bagi tubuh dan juga tempat dimana organ lain menempel. Menjaga kesehatan tulang dan membuat tulang anda tetap kuat bisa anda atasi dengan mengkonsumsi Nanas madu secara rutin setiap harinya. Kandungan mangan didalam Nanas madu bermanfaat untuk membangun tulang. Bahkan dengan mengkonsumsi 1 Nanas madu artinya anda sudah memenuhi sekitar 73% kebutuhan mangan dalam tubuh. Simak pula: Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Tulang.


6. Mencegah dan Meringankan Batuk Pilek

Kandungan Vitamin C yang tinggi didalam Nanas madu menstabilkan dan meningkatkan sistem imun tubuh untuk memfilter berbagai macam virus yang merugikan tubuh. Selain itu, enzim bromelain didalam Nanas madu mempunyai mengendorkan lendir saat anda mengalami batuk dan pilek. Oleh karena itu, Nanas madu sangat cocok dijadikan solusi untuk batuk dan pilek yang anda alami. Baca juga: Manfaat Nanas Untuk Batuk.

7. Mengontrol Gula Darah / Mencegah Diabetes

Selain menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, kandungan mangan juga berfungsi dalam mengontrol anda yang memiliki riwayat penyakit gula darah. Nanas madu juga cocok dikonsumsi untuk anda yang ingin terhindar dari penyakit diabetes. Simak pula: Manfaat Jus Pare Mentah.

8. Menjaga Kesehatan Gusi

Vitamin C yang tinggi tentunya menjaga dan memastikan gusi anda dalam keadaan yang kuat dan sehat. Gusi yang sehat menunjang gigi yang kuat untuk tumbuh secara baik. Kesehatan gusi juga berpengaruh besar dalam penampilan anda. Hal ini juga dapat mencegah apabila sewaktu-waktu terjadi pembengkakan atau nyeri saat mengalami sakit gigi. Baca juga: Manfaat Air Garam untuk Gusi Bengkak.

9. Meredakan Mual

Mual biasanya sering dialami oleh anda yang biasa melakukan perjalanan jauh, atau yang sedang mengalami haid, dan lain lain. Untuk mengurangi rasa mual anda, anda bisa menyiapkan beberapa potong Nanas madu untuk menemani anda diperjalanan. Simak pula: Manfaat Nanas Merah.

10. Menyehatkan Jantung

Jantung adalah organ yang paling vital dalam kehidupan. Jantung berfungsi memompa oksigen didalam darah sehingga mampu mengalir dan menjembatani setiap organ tubuh melaksanakan fungsinya masing-masing. Dan dengan mengkonsumsi Nanas madu anda dapat menyehatkan kondisi jantung anda dari berbagai permasalahan jantung. Hal ini sangat dianjurkan untuk diterapkan pada gaya hidup orang yang sudah berada di usia lanjut. Baca pula: Manfaat Nanas Untuk Jantung.


11. Mengobati Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa disebabkan karena banyak hal. Bisa dikarenakan stress, kondisi marah, bahkan dari riwayat keturunan. Hipertensi juga merupakan salah satu penyakit dengan urutan tertinggi yang dirasakan oleh orang di usia lanjut. Sebaiknya, konsumsilah Nanas madu untuk menjaga tekanan darah anda. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi jus, dan lain lain.

12. Menu Diet

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, Nanas madu adalah solusinya. Nanas madu adalah salah satu menu diet yang sangat dianjurkan karena kandungan air sekitar 85% dan kandungan serat yang tinggi. Mengkonsumsi Nanas madu dapat membuat anda lebih mudah kenyang tanpa harus takut kehilangan kebutuhan mineral, vitamin, dan air dalam tubuh. Simak pula: Manfaat Buah Nanas Untuk Diet.

13. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah organ yang berfungsi sebagai filter dari penyakit yang akan menyerang tubuh. Konsumsilah Nanas mau untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Baca pula: Manfaat Nanas Kerang.

14. Mengobati Peradangan

Nanas madu berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan pada organ tubuh. Peradangan bisa dilihat dari munculnya warna kemerahan, nyeri, dan juga pembengkakan. Dan enzim bromelain dalam Nanas madu dapat mengatasinya. Baca juga: Manfaat Nanas Muda.

15. Mengatasi Asam Urat

Kandungan anti inflamasi yang dimiliki Nanas madu dapat mengatasi penyakit asam urat yang ada derita. Sehingga membantu dalam proses penyembuhan serta tidak menambah bengkak asam urat yang diderita. Baca juga: Manfaat Nanas Untuk Asam Urat.

Demikian beberapa manfaat Nanas madu untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Semoga bermanfaat dan jaga selalu kesehatan Anda.

, , , ,
Post Date: Wednesday 13th, September 2017 / 03:19 Oleh :
Kategori : Buah Buahan