11 Manfaat Kol Bagi Kesehatan

kolManfaat kol sebagai sayuran sehat sudah tidak perlu diragukan, sayuran yang penuh dengan serat ini sangat penting untuk kesehatan. Kol atau yang disebut juga dengan kubis, merupakan salah satu sayuran yang banyak ditemukan di Indonesia.

Golongan & Latar Belakang

Kol termasuk jenis capitata, yaitu sayuran yang memanfaatkan daunnya yang membentuk bulat padat. Sayuran kol sendiri merupakan sayuran yang berasal dari wilayah Eropa yang sudah tersebar luas di berbagai belahan bumi. Sekitar empat ratus jenis varietas kol dibudidayakan di seluruh dunia. Seperti manfaat pada jenis sayuran contohnya manfaat ketimun, manfaat seledri atau pun manfaat terong, manfaat kol dengan kandungannya sangat baik bagi tubuh, lalu apa saja ?.

Kandungan Gizi Kol

Kol banyak yang menjadikannya digunakan dalam berbagai hidangan makanan seperti salad, sayur sop atau pada karedok biasa memasukkan sayuran kol untuk menambah kenikmatannya. Mengkonsumsi berbagai jenis makanan tersebut tidak hanya manfaat kol yang akan diperoleh namun sejumlah sayuran yang ada di dalamnya yaitu dari manfaat kentangmanfaat kacang tanah dan manfaat buncis sekaligus.

Kandungan yang terdapat pada kol adalah sebagai berikut :

  • Vitamin A
  • Vitamin B kompleks
  • Zat besi
  • Kalium
  • Ripoflavin
  • Asam folat

Kandungan gizi ini merupakan zat pembangun yang membantu menjadikan proses metabolisme tetap berjalan dengan baik. Berbagai kandungan kol membuat kesehatan yang memakannya dapat terjaga agar selalu dalam keadaan baik.  Berikut adalah daftar manfaat kol bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Membantu pembentukan sel darah merah

Zat besi merupakan komponen yang membuat proses pembentukan sel darah merah lebih produktif, sehingga menghindarkan diri dari gejala anemia. Mengkonsumsi kol dapat disandingkan dengan jus jeruk, karena manfaat jeruk mampu mengoptimalkan penyerapan zat besi dari manfaat kol.

Baik untuk sel darah merah:

2. Mencegah kanker

Golongan kubis-kubisan seperti kol memiliki zat yang mampu memerangi sel kanker dalam tubuh. Zat tersebut akan merangsang enzim untuk menahan laju pertumbuhan tumor. Penelitian di Cina juga menghasilkan wanita yang mengkonsumsi sejumlah sayuran seperti kol, brokoli mengalami penurunan resiko terjadinya gejala kanker payudara.

3. Mengontrol tekanan darah tinggi

Kalium memang senyawa yang baik untuk mengurangi gejala hipertensi, tingginya kandungan kalium dalam Kol/Buncis membuatnya merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk darah tinggi.

4. Mengandung vitamin C

Tidak hanya buah-buahan seperti pada jeruk, anggur atau pada apel terdapat kandungan vitamin C, kol juga memilikinya sehingga akan menjadikan sistem imun yang lebih kuat. Vitamin C juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit seperti juga pada manfaat minyak zaitun dan manfaat minyak almond.

5. Menurunkan Berat Badan

Kol merupakan salah satu jenis sayuran yang paling dianjurkan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara alami yang sehat. Kol memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat, mineral, dan zat gizi lainnya, anda dapat memakan kol dalam jumlah yang banyak karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan rendah kalori, ia tidak akan menyebabkan berat badan anda.

6. Detoksifikasi Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dan sulfur dalam kol dapat membantu menghilangkan racun (radikal bebas). Radikal bebas ini adalah salah satu faktor penyebab utama arthritis, penyakit kulit, rematik dan asam urat.

7. Baik Untuk Otak

Kol atau kubis sumber sayuran yang sangat banyak vitamin K dan antosianin yang dapat membantu kesehatan mental dan konsentrasi otak. Nutrisi ini juga dapat mencegah kerusakan saraf, meningkatkan pertahanan membantu mencegah penyakit Alzheimer, dan demensia. Oleh karenanya kubis sangat bermanfaat untuk kesehatan otak anda.

8. Baik Untuk Mata

Kubis adalah sumber sayuran yang kaya beta-karoten, sebagian besar orang, terutama yang sudah ‘berumur’, beralih rutin mengkonsumsi kubis karena kemampuannya untuk mencegah degenerasi makula dan dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah pembentukan katarak. Zat beta karoten dari beberapa penelitian dapat mengurangi kanker prostat.

9. Anti Inflamasi

Kubis memiliki zat Anti-inflamasi dan merupakan sumber utama glutamin. Glutamine adalah agen anti-inflamasi yang kuat, sehingga mengkonsumsi kubis dapat mengurangi efek dari berbagai jenis penyakit seperti peradangan, iritasi, alergi, nyeri sendi, demam, dan berbagai gangguan kulit.

10. Kesehatan Tulang

Kol, sayuran yang sangat banyak mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral ini dikenal dengan kemampuannya untuk menjaga kesehatan tulang manusia.

11. Mengatasi Sakit Kepala

Menggunakan daun kubis yang dikompres hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit pada kepala. Selain itu, menghancurkan daun kubis dan meletakkannya di dahi juga dapat meringankan sakit kepala. Untuk sakit kepala kronis, membuat jus kubis 25-50 ml dapat membantu membasmi sakit kepala tersebut.

Manfaat kubis untuk kesehatan tubuh cukup penting untuk kita rasakan, sebaiknya anda mengkonsumsinya secara wajar untuk mendapatkan hasil yang optimal.

, ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:51 Oleh :
Kategori : Sayuran