Sponsors Link

25 Manfaat Kapur dalam Kehidupan Manusia

Sponsors Link

Ada yang tahu dengan kapur? Sebagian besar kita pasti tahu dengan kapur namun dalam pengertian yang beragam. Anak sekolah mungkin lebih mengenal kapur tulis yang digunakan di sekolah sementara ibu-ibu lebih familiar dengan kapur sirih yang biasanya digunakan untuk memasak. Namun sebenarnya semua produk tersebut berasal dari kapur yang sama namun berbeda dalam proses pembuatannya. Kapur sendiri biasanya didapatkan di alam dalam bentuk batuan sedimen yang sebagian besar mengandung kalsium karbonat. Warnanya putih dan halus persis seperti kapur yang kita lihat sehari-hari. Kapur bisa diolah menjadi berbagai macam produk sehingga dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan. Berikut 25 manfaat kapur yang diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan.

ads

Baca juga:

Bidang Pertanian

1. Meningkatkan pH tanah

Agar tanaman dapat tumbuh dengan baik diperlukan berbagai unsur hara seperti kalsium dan fosfor. Tanah yang terlalu asam tidak memiliki unsur hara yang cukup sehingga harus ditingkatkan pH-nya dengan cara dilakukan pengapuran.

Baca juga: manfaat dolomit – manfaat abu janjangan sawit

2. Membasmi hama

Hama merupakan pengganggu yang merusak tanaman sehingga hasil panen tidak maksimal bahkan gagal. Kapur dapat dimanfaatkan untuk membasmi hama baik berupa kapur bangunan maupun kapur sirih yang biasa digunakan pada makanan.

Bidang Industri

1. Bahan dasar pembuatan kapur tulis

Kapur tulis yang digunakan oleh guru untuk menulis pelajaran di papan tulis merupakan salah satu produk dari pengolahan kapur.

2. Bahan dasar pembuatan semen

Kapur merupakan salah satu bahan utama pembuatan semen yang sangat berguna untuk membuat berbagai bangunan sehingga kuat dan kokoh.

Baca juga: manfaat semen – manfaat gipsum

3. Bahan pemutih murah untuk berbagai produk

Kapur kerap digunakan sebagai bahan campuran yang murah sebagai pemutih pada berbagai produk seperti pasta gigi, ubin, cat, plastik, dan kertas.

4. Bahan dasar pembuatan jalan dan jembatan

Kapur dalam bentuk batuan dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan jalan dan jembatan. Dengan menggunakan batu kapur jalan dan jembatan yang dibangun akan lebih kuat, keras, dan kokoh.

Sponsors Link

Baca juga: manfaat jalan raya – manfaat jembatan

5. Sebagai pondasi rumah

Begitupula dengan pondasi rumah. Batu kapur merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk membangun pondasi rumah sehingga kuat dan kokoh.

6. Glasir

Kapur juga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan keramik sebagai bahan campuran glasir sehingga keramik terlihat lebih mengkilap.

7. Bahan campuran dalam industri kertas

Baca juga: manfaat kayu albasia – manfaat limbah tebu

8. Bahan baku dalam industri karet

Bidang kecantikan dan kesehatan

1. Pembuatan kosmetik

Kapur ternyata juga dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam pembuatan kosmetik.

Baca juga: manfaat bengkoang untuk wajah – manfaat bb cream dan cc cream

2. Pembuatan obat

Selain kosmetik ada juga obat-obatan yang dibuat dengan menggunakan bahan campuran berupa kapur.

3. Mengobati luka bakar

Caranya dengan membuat pasta dari campuran kapur sirih, air kelapa muda, dan bubuk kunyit. Ketiga bahan ini diaduk dan kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.

ads

Baca juga: manfaat minyak kelapa bagi kesehatan – manfaat aerosol

4. Memutihkan bagian tubuh seperti pangkal paha dan ketiak

Pangkal paha dan ketiak merupakan salah dua bagian tubuh yang sering menghitam karena berada di daerah lipatan kulit. Namun jangan khawatir karena ada ramuan alami untuk memutihkannya yaitu kapur sirih. Caranya dengan rutin membalurkan campuran kapur sirih dan jeruk nipis pada kedua bagian tubuh tersebut.

5. Menghilangkan bau ketiak

Bau ketiak yang kurang sedap dapat membuat anda tidak percaya diri. Untuk menghilangkannya anda dapat menggunakan kapur sirih yang langsung dioleskan pada ketiak dan didiamkan selama 15 menit. Setelah itu ketiak dicuci bersih. Dengan pemakaian yang rutin ketiak anda akan berangsur terbebas dari bau. Namun jika anda mengalami keluhan berupa iritasi, gatal, atau kulit ketiak memerah sebaiknya pemakaian dihentikan.

Baca juga: manfaat tawas untuk ketiak – manfaat daun beluntas untuk bau badan

6. Menghilangkan kutil

Kapur sirih juga dapat digunakan untuk menghilangkan kutil. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan kapur sirih pada kutil yang telah dibersihkan. Kemudian plester dan diamkan selama 2 hari. Seteleah itu bersihkan kutil dan ganti lagi dengan kapur yang baru. Dengan pemakaian rutin kutil anda akan berangsur menipis dan menghilang.

7. Menghilangkan stretch mark

Ibu-ibu zaman dulu setelah bersalin kerap menggunakan ramuan kapur sirih, minyak kayu putih, dan jeruk nipis untuk menghilangkan stretch mark yang muncul di area perut sehingga perut terlihat mulus kembali. Ramuan ini dapat digunakan setelah mandi.

Baca juga: manfaat bio oil

8. Mengatasi diare

Caranya dengan meminum campuran air kapur sirih dan air rebusan kunyit. Diminum 3 kali sehari hingga diare berangsur membaik.

9. Mengatasi encok

Terlalu sibuk bekerja, salah gerak, atau faktor usia dapat membuat anda terserang encok. Untuk mengatasinya anda dapat menggunakan ramuan dari perasan daun singkong dan kapur sirih pada bagian tubuh yang encok. Dengan menggunakan ramuan ini 3 kali sehari encok yang diderita akan berangsur membaik.

Baca juga: manfaat daun handeuleum – manfaat leunca

10. Menghaluskan kulit

Kulit yang halus dan lembut dapat diraih dengan menggunakan bahan alami seperti kapur sirih. Caranya dengan rutin mengoleskan campuran kapur sirih dan air jeruk nipis pada kulit. Diamkan selama lebih kurang sepuluh menit dan setelah itu bersihkan kulit. Secara berangsur kulit anda akan terasa lebih halus.

11. Mengatasi tenggorokan yang sakit

Jika tenggorokan anda terasa gatal dan sakit anda dapat mengonsumsi campuran air jeruk nipis dan sedikit air kapur sirih untuk mengatasinya. Dengan rutin meminum ramuan ini 2 kali sehari maka tenggorokan anda akan berangsur membaik.

Manfaat Lain

1. Bahan dasar pembuatan ukiran dan patung

Batu kapur menjadi pilihan para seniman karena bahannya mudah dibentuk sehingga tidak sulit ketika dipahat atau diukir.

2. Sebagai pakan ternak

Karena kadar kalsiumnya yang tinggi batu kapur juga dapat diolah menjadi bahan baku pembuatan pakan ternak seperi pakan untuk unggas.

3. Menjernihkan air

Anda juga dapat menggunakan kapur gamping untuk menjernihkan air. Dengan menggunakan kapur akan terjadi pengendapan sekaligus peningkatan pH atau kadar keasaman air.

Baca juga: manfaat arang – manfaat tawas

4. Bahan campuran dalam masakan

Air rendaman kapur sirih sering digunakan dalam masakan seperti sebagai campuran adonan gorengan sehingga gorengan menjadi lebih garing dan gurih serta untuk merendam kentang yang diiris halus sehingga lebih renyah setelah digoreng.

Ternyata ada begitu banyak manfaat kapur yang terkadang tidak kita sadari dalam kehidupan sehari-hari mulai dari makanan yang kita makan, kosmetik yang kita gunakan, hingga rumah yang kita tempati. Semuanya menggunakan kapur sebagai bahan dasar ataupun campuran sehingga produk-produk tersebut lebih bemanfaat untuk kehidupan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 11th, August 2017 / 04:14 Oleh :
Kategori : Alam