Manfaat Tawas untuk Ketiak Pengganti Deodorant

Tawas merupakan kumpulan senyawa garam dengan bentuk seperti batu bening atau menyerupai kristal. Tawas sering digunakan untuk menjernihkan air karena dianggap efektif dan aman bagi kesehatan. Tawas memiliki sifat pengumpul kotoran dan aman digunakan. Tidak hanya berfungsi untuk menjernihkan air, tawas juga bisa digunakan sebagai pengganti deodorant. Bahkan tawas merupakan deodorant alami yang aman bagi kulit karena tidak mengandung berbagai bahan kimia seperti pada deodorant bermerek lainnya.

Bagaimana Tawas Bekerja di Ketiak ??

Tawas memiliki sifat anti-bakteri dan mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan berbagai kotoran di ketiak. Selain itu, tawas juga bisa mencerahkan kulit ketiak yang gelap. Penggunaan deodorant dengan kandungan zat kimia yang tinggi justru akan rentan menimbulkan iritasi pada kulit sehingga kulit ketiak menjadi gelap. Tawas berbeda dengan deodorant berbahan kimia lainnya. Tawas sangat aman digunakan di kulit, bahkan tidak menimbulkan efek samping sama sekali.

Kandungan mineral yang ada dalam tawas berkemampuan untuk bekerja pada kelenjar keringat. Tawas akan menangkal berbagai bakteri penyebab bau badan. Berbagai kotoran yang ada di ketiak juga akan mudah terkumpul dan bau badan dapat diatasi. Berbeda dengan deodorant yang dapat membuat ketiak menjadi wangi, tawas tidak membuat ketiak menjadi wangi. Tawas hanya bersifat menetralkan bau badan dengan mencegah bakteri bersarang di ketiak dan juga berperan untuk mengumpulkan kotoran. Namun, sifatnya yang menetralkan bau badan itu justru aman bagi kulit dan juga kesehatan tubuh karena tawas bebas dari kandungan zat kimia berbahaya.

Cara Menggunakan Tawas untuk Deodorant

Untuk anda yang ingin mengganti deodorant dengan menggunakan tawas, pertama-tama yang perlu Anda siapkan tentu saja tawas. Caranya :

  • Tumbuklah tawas sampai halus, atau paling tidak menjadi partikel-partikel kecil
  • Kemudian, siapkan botol penyemprot berukuran kecil
  • Botol penyemprot tersebut berguna untuk menyampaikan cairan tawas ke ketiak, karena seperti yang kita ketahui, ketiak kita berada pada posisi melawan gravitasi
  • Jika botol penyemprot sudah siap, langkah selanjutnya adalah memasukkan air ke dalam botol penyemprot.
  • Usahakan menggunakan air matang agar lebih terjamin kebersihannya, sehingga dapat mengurangi kemungkinan resiko iritasi kulit
  • Jumlah air bisa disesuaikan dengan keinginan
  • Setelah itu, campurkan tawas bersama air di dalam botol semprotan
  • Jangan terlalu banyak mencampurkan tawas ke dalam air karena bisa membuat penyemprot tersumbat
  • Jika sudah tercampur, kocok-kocoklah botol penyemprot agar air dan tawas tercampur dengan baik
  • Cairan tawas siap digunakan untuk menggantikan deodorant.

Bahaya Deodorant Bagi Tubuh

Deodorant pada umumnya menyebabkan ketiak kering sekaligus wangi. Namun itu justru berbahaya bagi kulit dan juga kesehatan tubuh. Deodorant dengan kandungan bahan kimia terlalu tinggi membuat ketiak kering karena ia menghalangi kulit untuk mengeluarkan keringat. Akibatnya, proses metabolisme tubuh justru mengalami gangguan karena keringat tidak bisa keluar dari tubuh. Kandungan bahan kimia yang sangat tinggi pada deodorant juga terbukti dengan noda kuning atau putih yang ditinggalkan oleh deodorant di baju. Noda kuning dan putih tersebut sulit dihilangkan jika sudah menempel di baju. Bayangkan jika bahan kimia dari deodorant masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori ketiak, sudah tentu berpotensi menimbulkan penyakit.

Bahkan, beberapa orang menyatakan bahwa penggunaan deodorant dapat menyebabkan kanker payudara. Oleh karena itu sangat disarankan mengganti deodorant berbahan kimia dengan tawas. Karena manfaat tawas untuk ketiak, terbukti mencegah bau badan sekaligus aman bagi kulit dan juga kesehatan tubuh.

Solusi bau badan juga diperoleh dari :