Manfaat Kangkung

Manfaat kangkung yang paling unik dan tidak pernah disangka-sangka adalah kehebatannya dalam memerangi diabetes. Kangkung adalah jenis sayuran yang sangat mudah untuk didapatkan dan harganya pun terjangkau untuk semua kalangan. Selain itu, sayuran ini sangat mudah penanamannya sehingga dapat dengan mudah dicari di pasar-pasar dan pedagang sayur.
kangkung

Tentang Kangkung

Kangkung berasal dari wilayah India yang kemudian menyebar ke wilayah Asia, Australia dan Afrika. Penanaman kangkung dilakukan pada tempat yang basah seperti pada rawa atau permukaan lumpur. Kangkung sendiri merupakan tanaman yang dapat dengan cepat tumbuh sekitar 6 minggu penanaman, hasilnya sudah dapat dipanen.

Berbagai jenis kangkung sudah di budidayakan secara luas. Yang terdapat di Indonesia sendiri adalah jenis kangkung darat dan kangkung air. Kangkung air memiliki daun yang lebih lebar dan bewarna hijau kelam dan bunga yang bewarna keunguan. Sedangkan kangkung yang kering lebih kecil daunnya dengan bunga yang bewarna keputihan.

Kandungan Gizi Kangkung

Kandungan zat gizi kangkung tidak kalah dengan sayuran lain, seperti pada manfaat daun singkong atau pun manfaat daun pepaya. Sejumlah zat penting seperti vitamin A. C dan B kompleks, kalsium, fosfor dan zat besi terkandung dalam kangkung. Hal ini menjadi pertimbangan yang dapat anda lakukan untuk pemberian sayur kangkung sebagai menu asupan makanan sehari-hari.

Manfaat Kangkung Bagi Tubuh

Beberapa kandugan nutrisi baik diatas, memberikan dampak positif bagi kesehatan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pencegahan Anemia

Badannya yang terasa lesu dan lemah disertai kepala yang terasa pusing dapat menjadi pertanda anda kekurangan darah. Kangkung terdapat ada zat besi yang dapat merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh. Hal ini juga terdapat pada manfaat ubi jalar dan kacang-kacangan seperti pada manfaat kacang panjang atau pun manfaat kacang merah.

2. Pencegahan terhadap diabetes

Mengkonsumsi kangkung menghasilkan zat-zat yang mampu menghambat penyerapan gula pada tubuh. Jadi anda mungkin tidak terlalu khawatir jika memakannya dengan nasi. Selain manfaat kangkung yang dapat mencegah dalam menyerap gula dalam tubuh ini, tentunya anda juga dapat menikmati manfaat nasi tanpa perlu khawatir.

3. Meningkatkan kualitas otak

Manfaat kangkung dengan kandungan vitamin B kompleks dan omega 3 membantu kinerja otak lebih baik. Sehingga sayur kangkung sangat baik dihidangkan pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, karena mampu meningkatkan kecerdasan otak.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kangkung memiliki nutrisi penting dan kandungan yang cukup tinggi vitamin A dan C serta beta-karoten. Nutrisi ini dapat membantu mengurangi radikal bebas di tubuh (sebagai antioksidan) sehingga dapat membantu mencegah kolesterol yang teroksidasi. Kolesterol yang teroksidasi pada dinding pembuluh darah, menyebabkan arteri tersumbat, serangan jantung atau stroke. Selain itu, folat yang terkandung dalam kangkung dapat membantu untuk mengkonversi bahan kimia yang berpotensi berbahaya yang disebut homosistein, yang pada tingkat tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Magnesium merupakan mineral yang menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung.

5. Menjaga Sistem Imun

Sayuran hijau adalah salah satu sumber sayuran yang dapat menjaga sistem imun dan meningkatkan tingkat kekebalan tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi Sayuran hijau maka anda dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh anda.

6. Sangat Baik Untuk Mata

Mungkin anda tidak menyangka bahwa sayuran kangkung terdapat kandungan vitamin A, karotenoid, dan lutein. Ketiga kandungan vitamin dan mineral ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu zat ini dapat membantu mencegah katarak.

7. Mengurangi Kolesterol

Kangkung sebagai sumber yang sangat penting untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh anda. Penelitian yang dilakukan dengan subjek tikus telah membuktikan bahwa kangkung efektif untuk menurunkan kadar kolesterol serta triglycoside dalam darah.

, , ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:52 Oleh :
Kategori : Sayuran