Sponsors Link
     Sponsors Link

35 Manfaat Jeruk Limau bagi Kehidupan Manusia

Sponsors Link

manfaat jeruk limauSebagai orang Indonesia, pastilah sudah kenal dengan salah satu jenis jeruk yang satu ini. Ya, jeruk limau, atau yang dalam bahasa internasionalnya sering dikenal dengan istilah citrus. Jeruk limau berbeda dengan jeruk pada umumnya, karena tidak dapat dimakan begitu saja. Jeruk limau banyak disamakan dengan jeruk nipis, namun meskipun memiliki buah yang mirip, biasanya jeruk limau memilii rasa yang lebih baik. Namun, banyak orang yang menyamakan jeruk limau dengan jeruk nipis.

Jeruk limau memiliki ukuran yang kecil, dengan ukuran diameter 2-5 cm, dan biasanya memiliki rasa asam yang luar biasa. Manfaat jeruk limau ini banyak sekali digunakan untuk keperluan rumah tangga dan kehidupan sehari-hari.

Apa saja manfaat jeruk limau?

Manfaat Jeruk limau memiliki banyak sekali khasiat, meskipun buah ini memiliki ukuran yang kecil. Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk limau:

  1. Sebagai Bahan dan Bumbu Masakan

Manfaat jeruk limau yang sudah pasti sering di gunakan adalah sebagai bahan dan juga bumbu masakan. Yang paling sering adalah jeruk limau dimanfaatkan untuk pembuatan sambal, sehingga jeruk ini juga terkenal dengan istlah jeruk sambal.

  1. Untuk Membersihkan Lemak pada Peralatan Dapur

Jika peralatan dapur kotor dan penuh noda bekas lemak, kini tidak perlu lagi merasa khawatir. Jeruk limau merupakan salah satu solusi yang cukup jitu untuk membersihkan peralatan dapur dari noda lemak yang membandel. Buktinya, hampir semua produk pencuci perabotan dapur dan alat masak memilki kandungan jeruk limau di dalamnya.

  1. Menjadi “sabun” untuk Mencuci Tangan

Bagi yang gemar dengan masakan di restoran padang atau masakan sunda, peralatan makan jarang digunakan. Biasanya lebih nikmat makan langsung menggunakan tangan, tanpa bantuan sendok dan garpu. Tangan yang kotor oleh makanan, bisa bersih dan segar, apabila anda mencuci tangan dengan air yang sudah dicampur potongan jeruk limau.

  1. Menyegarkan Badan

Manfaat jeruk limau juga sangat baik untuk menyegarkan badan. Rasanya yang asam membuat jeruk limau dapat mencegah kantuk dan membuat tubuh menjadi segar kembali.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jeruk limau ini memiliki kandungan vitamin C dan juga vitamin lainnya yang berperan untuk menjaga dan juga meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini akan membuat tubuh terhindar dari resiko berbagai penyakit.

  1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Jeruk limau juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi ini tentu saja sangat penting untuk kesehatan pencernaan, dan dapat membantu memperlancar proses pencernaan, serta mencegah gangguan pada organ pencernaan.

  1. Dapat Meredakan Asam Urat

Bagi yang menderita asam urat, jeruk limau merupakan salah satu obat alami yang dapat digunakan untuk meredakan gejala nyeri dan juga sakit pada persendian karena asam urat.

  1. Mencegah Masalah Lambung

Lambung yang terasa begah, maag dan juga naik kadar keasamannya juga dapat dinetralisir dan disembhkan dengan memanfaatkan jeruk limau ini.

  1. Mencegah Kanker

Jeruk limau memiliki kandungan antioksidan dan juga vitamin C yang tinggi. Hal in idapat mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh, dan juga dapat menghindar dari resiko terserang kanker.

  1. Anti Bakteri dan Virus

Selain dapat menjaga daya tahan tubuh dengan baik, jeruk limau juga sangat baik untuk menangkal berbagai macam vitus dan juga bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Tubuhpun pastinya akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh infeksi dari virus dan juga bakteri.

  1. Menyembuhkan Sariawan

Manfaat Jeruk limau yang lainnya juga merupakan salah sau obat sariawan paling sadis dan juga paling ampuh diantara berbagai jenis jeruk dan buah-buahan bervitamin C lainnya. Tutulkan saja setetes air jeruk limau pada sariawan, maka sariawan anda akan cepat sembuh, meskipun harus merasakan perih yang luar biasa.

  1. Mengobati Jerawat dan Gangguan Kulit

Bagi yang memiliki wajah berjerawat pun dapat menggunakan jeruk limau untuk mengobati jeawat. Cukup oleskan air perasan jeruk limau pada bagian wajah yang mengalami jerawat secara teratur, maka jerawat di wajah anda dapat hilang dan sembuh. Manfaat jeruk limau lainnya juga dapat mengobati segala gangguan kulit dan dapat mengobati luka.

  1. Pengobatan pada Penderita Hipertensi

Jeruk limau mungkin tidak dapat menyebuhkan hipertensi secara langsung, namun jeruk limau mampu untuk mendukung pengobatan para penderita hipertensi, dengan cara mengontrol tekanan darah penderitanya.

  1. Baik untuk Kesehatan Ginjal

Dengan mengkonsumsi jeruk limau, kesehatan ginjalpun akan terjaga dengan baik. Hal ini dapat menghindarkan tubuh dari gangguan kesehatan yang menyerang ginjal.

  1. Mengobati Sakit Batuk

Manfaat jeruk limau juga ada pada campuran antara jeruk limau, atau jeruk nipis dan juga masuk serta kecap merupakan salah satu obat tradisional yang sangat ampuh untuk penyakit batuk dan radang tenggorokan yang di alami.

  1. Melegakan Tenggorokan

Salah satu efek dari penyakit batuk yang melanda adalah tenggorokan yang terasa tercekat dan sesak. Dengan mengkonsmsi jeruk limau, maka kondisi ini dapat hilang, dan tenggorokan akan kembali lega.

  1. Dapat Menurunkan Demam

Anda mengalami panas demam? Cobalah untuk mengkonsumsi perasan jeruk limau yang dicampur dengan air hangat. Ini akan membantu untuk memberikan efek yang baik untuk meredakan panas dan juga demam yang di alami.

  1. Dapat Mengobati Penyakit Amandel

Jeruk limau merupakan salah satu obat wajib yang dapat membantu menuntaskan gejala penyakit amandel. Biasanya dokter juga akan merekomendasikan jeruk limau untuk membantu penyembuhan penyakit amandel.

  1. Mengurangi Bau Badan

Dapat mencampurkan perasan jeruk limau untuk membersihkan badan dan juga menghilangkan bau badan. Hal ini disebabkan oleh sifat alami dari jeruk limau yang mampu membunuh kuman, salah satunya adalah kuman penyebab bau badan.

  1. Baik untuk Kesehatan Otak

Jeruk limau juga ternyata memilki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan otak kita.

  1. Mengobati Ambeien serta Anyang-anyangan

Kandungan serat yang tinggi pada jeruk limau dapat membantu dalam mengatasi berbagai macam penyakit yang mengganggu pencernaan, seperti wasir dan juga anyang-anyangan.

  1. Baik untuk Penderita Diabetes

Jeruk limau dapat mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga baik untuk penderita diabetes. Selain itu, jeruk limau juga diketahui sangat baik untuk mengobati kencing manis.

  1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Tubuh akan selalau sehat dan juga bugar, apabila rajin mencampur perasan jeruk nipis untuk konsumsi sehari-hari.

  1. Relaksasi Otot yang Tegang

Ketika otot terasa tegang dan sakit, maka cobalah untuk meminum air perasan jeruk nipis hangat. Hal ini dapat membantu untuk meregangkan dan juga merelaksasikan kondisi otot yang menegang.

  1. Baik untuk Kesehatan Reproduksi dan Juga Menstruasi

Bagi para wanita yang merasa siklus menstruasinya tidak teratur, dapat mencoba untuk menambahkan jeruk limau pada menu makanan sehari-hari. Hal ini dapat membantu memperbaiki siklus menstruasi.

  1. Mengurangi Produksi Keringat

Manfaat jeruk limau juga sangat baik untuk menekan pengeluaran keringat. Hal ini akan berefek pada kondisi kulit yang akan menjadi lebih sedikit berminyak, karena produksi keringatnya yang berkurang.

  1. Menghilangkan Bekas Jerawat
sponsored links

Selain dapat mengobati jerawat, jeruk limau juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Hanya perlu mengoleskan air perasan jeruk limau pada bekas jerawat anda untuk menghilangkannya.

  1. Mencerahkan Wajah

Karena memilki kandungan anti bakteri dan juga anti kuman yang tinggi, jeruk limau dapat digunakan untuk membersihkan wajah, namun harus berhati-hati, jangan sampai air jeruk tersebut mengenai mata.

  1. Dapat Meredakan Gejala Mabuk

Baik itu mabuk karena minuman keras ataupun mabuk dalam perjalanan, cobalah untuk minum air jeruk limau. Hal ini dapat mengurangi gejala mabuk, seperti pusing, mual dan juga muntah.

  1. Membantu Menghilangkan Ketombe

Tak hanya untuk kesehatan tubuh dan kulit, manfaat jeruk limau juga baik untuk mencegah dan juga mengurangi ketombe rambut. Hanya cukup menggosokkan air jeruk limau pada kulit kepala.

  1. Baik untuk Kesehatan Rambut

Untuk memperoleh rambut yang sehat, dapat mencoba tonik alami yang menggunakan jeruk limau. Hal ini akan membantu menjaga kesehatan rambut, serta mencerahkan rambut agar tidak terlihat kusam.

  1. Meningkatkan Daya Ingat dan Kuga Konsentrasi

Bagi yang sering tidak focus dan kehilangan konsentrasi, perlu mengkonsumsi minuman jeruk nipis. Hal ini akan membantu untuk meningkatkan daya ingat, tingkat focus dan juga konsentrasi.

  1. Mengencerkan Dahak

Selain dapat melegakan tenggorokan, jeruk limau juga memilki manfaat yang sangat baik untuk mengencerkan dahak, sehingga sangat efektif bagi yang menderita batuk berdahak.

  1. Baik untuk Kesehatan dan Juga Kekuatan Tulang

Jeruk limau juga memiliki kandungan kalsium. Kalsium ini tentu saja akan sangat baik untuk kesehatan tulang, serta dapat mencegah munculnya gangguan pada tulang, seperti osteoporosis dan juga tulang keropos.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ini merupakan manfaat jeruk limau yang sangat penting bagi yang sedang menjalani program diet. Jeruk limau juga dapat membantu menrunkan berat badan. Namun demikian, harus mengkombinasikannya dengan pola hidup sehat dan juga olahraga.

Itulah beberapa manfaat dari jeruk limau yang wajib untuk di ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 23rd, June 2015 / 05:12 Oleh :
Kategori : Buah Buahan