17 Manfaat Jeruk untuk Tubuh Sehat

Jeruk merupakan salah satu jenis buah-buahan yang berasal dari anggota marga Citrus yang memiliki rasa manis dan juga asam. Rasa asam yang berada pada buah jeruk berasal dari asam sitrat yang berada pada semua jenis jeruk. Ketika Anda datang ke pasar tradisional maupun modern, jenis buah yang satu ini akan mudah ditemukan.

Tanaman ini diperkirakan berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara, hingga kerberadaannya sudah tersebar ke seluruh penjutu dunia. Di Indonesia sendiri terdapat lima dari banyaknya jenis buah jeruk yang terkenal dan sering dikonsumsi ialah:

1. Jeruk Sunkist

Manfaat jeruk sunkist sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Buah yang memiliki kandungan vitamin C ini mampu mencegah kanker, mencerdaskan otak, meningkatkan imun tubuh, mencegah anemia, mencegah susah buang air besar, dan lain-lain.

2. Jeruk Lemon

Siapa yang tak kenal jeruk lemon? rasanya yang segar selalu dimanfaatkan untuk program diet. Jeruk yang satu ini memiliki aroma yang khas dan rasanya yang asam. Selain untuk diet, manfaat buah jeruk lemon yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, untuk memutihkan gigi, membersihkan usus, dan lain-lain

3. Jeruk Nipis

Rasa yang dimiliki jeruk nipis tak kalah asamnya dengan jeruk lemon. Meskipun bentuknya lebih kecil, tapi manfaat jeruk nipis sebanding dengan jeruk lain yang memiliki bentuk lebih besar di antaranya meningkatkan imunitas, mengurangi tekanan darah tinggi, mengobati asam urat, mencegah kanker, menurunkan kolesterol, dan lain-lain.

4. Jeruk Mandarin

Tanaman yang satu ini berasal dari tanah melayu. Selain rasanya yang segar, jeruk mandarin mampu mencegah kolesterol, sangat cocok untuk diet, kaya akan vitamin C, mencegah penyakit kanker, mengatasi hipertensi, sebagai anti oksidan alami, sebagai pengharum ruangan, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan lain-lain.

5. Jeruk Bali

Jeruk yang satu ini memiliki ukuran yang jeuh lebih besar daripada buah jeruk pada umumnya. Permukaan kulitnya cukup tebal sehingga saat mengupasnya membutuhkan pisau agar mudah terkupas. Beberapa manfaat Jeruk Bali di antaranya mencegak penyakit kanker, menambah sel dara merah, menurunkan kolesterol, sebagai anti bakteri, mencegah hipertensi, dan lain-lain.

Itulah lima dari banyaknya jenis buah jeruk yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Nah untuk buah jeruk yang satu ini jarang sekali orang membahas apalagi mengkonsumsinya karena tidak mudah untuk ditemukan.

Jeruk Hutan yang memiliki nama ilmiah Citru Macroptera merupakan spesies semi liar dari jeruk asli Malesia dan Melanesia. Pohon jeruk hutan ini berbeda dari pohon jeruk lain pada umumnya, yaitu memiliki duri mencapai 5 meter dengan buahnya berdiameter 6 – 7 cm.


Pupl buahnya berwarna kuning kehijauan dan kering sehingga ketika di jus tidak menghasilkan banyak cairan. Bahkan saat di jus, jeruk hutan ini memiliki rasa pahit dan agak asam. Di Bangladesh sendiri, jeruk ini cukup mudah ditemukan. Mereka menggunakan jeruk hutan sebagai obat, kuliner, hingga parfum.

Orang-orang Bangladesh memanfaatkan kulit jeruk hutan atau jeruk macroptera ini sebagai sayuran. Kulit tebal dipotong kecil-kecil kemudian dimasak bersama dengan daging kambing atau daging sapi. Buah ini merupakan bahan utama acar satkora dan Anda bisa temukan banyak sajian seperti ini di berbagai resotoran atau rumah makan di Bangladesh.

,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.