4 Manfaat Lemon untuk Batuk yang Belum Banyak Diketahui

Ada banyak sekali jenis buah jeruk dengan rasa serta ukuran berbeda, mulai dari jeruk dengan rasa sangat manis hingga jeruk dengan rasa sangat asam. Tidak hanya itu berbeda jika anda melihat manfaat jeruk sunkist untuk diet dan menjaga berat badan, ada pula jeruk dengan ukuran sebesar ibu jari orang dewasa hingga sebesar bola basket. Jeruk sendiri merupakan jenis buah yang banyak dikonsumsi orang dan salah satu jenis buah jeruk yang saat ini sedang banyak dicari orang yaitu lemon, merupakan salah satu macam jenis jeruk yang memiliki ciri warna kuning terang dan memiliki rasa yang sangat masam melebihi jeruk yang biasa kita konsumsi seperti jenis jeruk keprok ataupun jeruk manis.

Biasanya lemon dimanfaatkan sebagai bahan perasa dan penambah aroma untuk menambah keasaman pada hidangan salad dan berbagai menu masakan karena memang rasanya yang sangat masam, selain itu di dalam dunia boga lemon biasanya dimanfaatkan sebagai penghias untuk membuat makanan menjadi lebih indah dan menarik tentunya bertujuan agar hidangan tersebut banyak digemari. Tidak hanya berperan penting di dunia boga saja, aroma khas dari buah lemon menjadikan buah yang satu ini banyak sekali dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai macam produk kebutuhan rumah tangga.

Oleh sebagian besar industri mereka bahkan membuatnya menjadi produk  seperti shampo, sabun cuci piring, pewangi pakaian, hingga parfum. Selain itu berbagai inovasi menu kue dan minuman pun juga telah banyak bermunculan dengan berbahan dasar lemon, seperti pie lemon, kue lemon, selai lemon, dan untuk minuman lemon sudah sering dijadikan penambah rasa agar minuman jadi lebih segar. Tidak hanya karena rasanya yang segar dan enak jika ditambahkan sebagai bahan pembuatan kue ataupun minuman berbeda dengan manfaat buah pir korea, lemon memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh anda.

Kandungan Nutrisi Lemon Water

  • Protein
  • Serat
  • Vitamin C, A, E, dan K
  • Folat
  • Asam pantotenat
  • Riboflavin
  • Thiamin
  • Mineral
  • Air

Banyaknya kandungan nutrisi pada lemon, ada berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan mulai dari segi kesehatan hingga kecantikan. Diantaranya yaitu dengan mengkonsumsi lemon di pagi hari, anda dapat menghilangkan semua zat serta racun yang mengendap di dalam tubuh anda, selain itu lemon juga merupakan salah satu jenis buah yang sangat baik dalam mendukung proses diet anda jika anda sedang menjalani diet. Dengan mengkonsumsi lemon maka lemak dan kolesterol yang menumpuk di tubuh anda akan hilang dengan lebih efektif, adapun salah satu manfaat dari lemon yang saat ini menjadi bahan perbincangan banyak orang. Lemon sangat baik untuk anda yang sedang batuk berbeda dengan manfaat buah pir hijau, adapun penjelasannya.

Manfaat Lemon untuk Batuk

  1. Meredakan Batuk

Bagi anda yang batuk dan dalam waktu yang cukup lama suliit reda, selain mengkonsumsi obat dokter dengan baik anda bisa mencoba yang satu ini. Minumlah air lemon hangat setiap pagi dan menjelang tidur, ini akan membantu proses penyembuhan batuk lebih cepat. Hal ini karena dengan minum air jeruk lemon setiap hari, ini membantu meningkatkan sistem imun anda, sehingga batuk bisa lebih cepat sembuh.

  1. Meredakan Nyeri

Batuk terkadang tidak hanya mengganggu saja, batuk juga bisa menyebabkan nyeri di dada. Rasa nyeri yang diabaikan begitu saja tentunya tidak baik, untuk mengatasinya sebenarnya cukup mudah. Anda bisa membuat air rebusan lemon dan sedikit madu sebagai penambah rasa agar tidak terlalu asam. Minumlah selagi hangat dan disaat batuk anda menimbulkan nyeri.  Akan lebih enak lagi jika ditambahkan jahe berbeda dengan manfaat buah okra untuk diabetes, ini juga bisa menghangatkan badan anda.


  1. Mengatasi Sesak

Batuk tidak hanya menimbulkan rasa nyeri saja, pada beberapa orang juga merasa sesak napas. Bagi anda yang mengalami hal tersebut, anda tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali solusinya. Salah satu cara tradisional yang ampuh yaitu membuat minuman dari jeruk lemon. Caranya sangat mudah, sediakan jeruk lemon yang sudah dicuci bersih dan juga tambahkan beberapa macam rempah seperti pala, jahe, dan serai. Rebuslah air mendidih bersama pala, jahe dan serai selama 2 menit lalu tuangkan ke gelas. Setelah itu tambahkan madu dan jeruk lemon, atur rasanya hingga cocok untuk lidah anda dan minum saat sedang hangat.

  1. Mencegah Batuk

Cuaca yang tidak menentu dan ekstrim bisa jadi membuat anda mudah terserang berbagai penyakit seperti demam, flu, dan batuk. Jeruk lemon merupakan salah satu jenis jeruk dengan kandungan vitamin C sangat tinggi. Kandungan vitamin C yang tinggi inilah dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda sehingga anda tidak mudah terkena penyakit ringan tersebut khususnya batuk. Sebagai pencegahan berbeda dengan manfaat daun meniran untuk wajah cantik, anda bisa setiap pagi minum air jeruk lemon hangat.

Itulah berbagai macam manfaat dari buah lemon yang sangat baik untuk batuk, konsumsilah setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Semoga informasi di atas bermanfaat serta menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.