Sponsors Link

15 Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Gandum telah dikenal sebagai makanan yang sehat yang sangat dianjurkan, terutama sebagai bahan makanan pokok untuk dikonsumsi setiap hari. Gandum memang terbilang jenis karbohidrat yang berguna sebagai makanan utama layaknya nasi putih kita konsumsi. Di indonesia kebiasaan untuk menyantap nasi putih sebagai makanan pokok sudah mendarah daging, tapi sebenarnya gandum juga merupakan alternatif makanan pokok yang baik.

ads

Berikut ini manfaat gandum yang baik untuk tubuh ((organicfacts.netHealth Benefits of Wheat, diakses 19 Desember 2014)) :

1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Gandum kaya akan magnesium, yang merupakan mineral yang bertindak sebagai co-faktor untuk lebih dari 300 enzim. Enzim ini terlibat dalam penggunaan fungsional tubuh insulin dan sekresi glukosa. Makanan yang mengandung gandum minimal 51% dan juga rendah lemak jenuh dan kolesterol, berarti menurunkan resiko penyakit koroner dan beberapa jenis kanker. Selain itu, konsumsi secara teratur gandum mempromosikan kontrol gula darah yang sehat. Orang yang menderita diabetes dapat menjaga kadar gula dengan mengganti nasi dengan gandum.

2. Mengurangi Peradangan Kronis

Gandum dapat membantu dalam pencegahan peradangan kronis, yang juga ditemukan dalam manfaat bayam. Peradangan merupakan konstituen utama dalam sebagian besar jenis sakit rematik. Dengan demikian, makan gandum dalam jumlah yang sehat dan aktif akan mengurangi peradangan. Konsumsi betaine mempengaruhi sejumlah aspek dalam kimia tubuh kita yang menjamin risiko yang lebih rendah peradangan kronis dan penyakit lain seperti osteoporosis, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, penurunan kognitif, dan diabetes tipe-2.

3. Mencegah Batu Empedu

Sponsors Link

Dalam berbagai survei oleh American Journal of Gastroenterology, telah terbukti bahwa roti dan sereal yang terbuat dari gandum utuh membantu perempuan untuk menghindari batu empedu. Gandum kaya akan serat larut, yang menurunkan sekresi asam empedu. Asam empedu yang berlebihan adalah penyebab utama dari pembentukan batu empedu. Selain gandum juga bisa ditambahkan serat larut dari manfaat buah-buahan dan sayuran tertentu seperti manfaat ketimun, tomat apel, pir. dan kacang-kacangan.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Biji-bijian seperti gandum sangat efektif pada pasien dengan gangguan metabolisme. Jenis-jenis sindrom metabolik termasuk obesitas visceral,  trigliserida tinggi, rendahnya tingkat kolesterol HDL dan tekanan darah tinggi dapat dilindungi dengan gandum. Dokter merekomendasikan makan roti gandum dan makanan kaya serat lainnya. Diet gandum mungkin adalah cara yang paling efektif, cepat, dan menyenangkan untuk mengurangi sindrom metabolik tubuh.

5. Mencegah Asma Pada Anak

The American Lung Association, mengatakan bahwa sekitar 20 juta orang Amerika mengalami asma. Studi telah menyatakan bahwa biji-bijian dan ikan pada sebagian anak, dapat menurunkan kemungkinan asma. Studi Internasional Alergi dan Asma pada anak dibuktikan melalui banyak penelitian bahwa diet berbasis gandum memiliki kapasitas untuk menurunkan kemungkinan terkena asma hampir 50%. Selama survei, diberikan diet khusus gandum, ikan dan biji-bijian dan menunjukkan penurunan hampir 66% dalam kemungkinan penyakit asma.

6. Melawan Kanker Payudara

Penelitian di Inggris menemukan bahwa diet kaya serat sangat penting bagi wanita untuk menjaga kanker payudara. Makanan dari biji-bijian seperti gandum dan buah-buahan memberikan perlindungan yang signifikan bagi perempuan pra-menopause terhadap kanker payudara.

Studi mengatakan bahwa sekitar 30 gram gandum yang dikonsumsi sehari-hari, cukup bagi perempuan untuk mengurangi risiko kanker payudara. Laporan mengatakan bahwa wanita pra-menopause yang mengkonsumsi gandum memiliki 41% penurunan risiko kanker payudara dibandingkan dengan yang memakan serat dalam bentuk lain.

7. Kontrol Obesitas (terutama pada wanita)

Gandum memiliki kemampuan alami untuk mengendalikan berat badan dalam setiap orang, tapi kemampuan ini lebih menonjol bagi wanita. The American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan penelitian gandum adalah pilihan yang baik untuk pasien obesitas. Wanita yang mengkonsumsi produk gandum dalam waktu lama menunjukkan penurunan berat badan jauh lebih baik dari pada makanan lain.

8. Menu Diet Paling Ampuh

Sponsors Link

Gandum dapat digunakan sebagai menu diet paling ampuh bagi anda yang ingin menjaga asupan penuh gizi tanpa menambah berat badan.

9. Kesehatan Jantung

Salah satu sumber makanan sehat untuk jantung adalah gandum, banyak seral yang dibuat dari gandum untuk menjaga nutrisi dan kesehatan jantung. Contohnya saja oatmeal yang digunakan para penderita sakit jantung.

Baca Juga : Manfaat Oatmeal

10. Sumber Gizi & Mineral

Jangan salah loh.. gandum juga memiliki gizi yang tidak kalah banyaknya dengan makanna lain, ternyata ia memiliki berbagai kandungan seperti vitamin B, E, tembaga, seng, dan mangan.

Manfaat Lainnya dari gandum :

  • Baik untuk Perkembangan otak janin
  • Pencegah anemia
  • Sangat baik untuk kesehatan kulit

Nilai Gizi Pada Gandum

Gandum kaya akan unsur katalitik, garam mineral, kalsium, magnesium, potasium, belerang, klor, arsenik, silikon, mangan, seng, iodida, tembaga, vitamin B, dan vitamin E. Kekayaan ini nutrisi mengapa gandum sering digunakan sebagai dasar makanan atau makanan pokok. Sebagai makanan pokok, gandum merupakan jenis karbohidrat yang tinggi serat sehingga menyehatkan pencernaan yang dianggap lebih baik dari jenis karbohidrat lain.

Diet Sehat Dengan Gandum

manfaat-gandum

Gandum

Berbagai program diet yang dijalankan oleh sebagian orang, bertujuan untuk menurunkan berat badan agar lebih ideal, untuk hal tersebut banyak yang memanfaatkan gandum untuk diet. Gandum yang telah diolah menjadi roti ataupun oatmeal ini bisa dikombinasikan dengan beragam sayuran dan manfaat susu low fatt yang diterapkan pada makannya.

Berbagai jenis cemilan yang berasal dari gandum juga sudah banyak kita dapatkan seperti biskuit gandum dengan selai buah. Berikut ini menu makanan untuk yang ingin mencoba manfaat gandum untuk diet :

  • Sarapan pagi : 2 lembar roti gandum dengan fillet dada ayam,
  • Makan siang : Nasi merah dengan kombinasi berbagai sayuran (sup brokoli atau asparagus)
  • Makan malam : Susu low fatt dengan beberapa keping biskuit gandum


Artikel Lainnya


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:33 Oleh :
Kategori : Makanan