Manfaat Buah Mahoni

Manfaat buah mahoni pada awalnya terkenal dengan rasa buahnya yang pahit. Pohon mahoni banyak ditemukan pada hutan-hutan Indonesia, disana juga banyak terdapat pepohonan jati dan juga di sekitaran pantai. Pepohonan mahoni sangat berfungsi sebagai penyerapan air pada musim hujan, dedaunan rimbunnya membantu mengurangi polusi udara dari lingkungan sekitar.

Batang pohon mahoni, diambil kayunya untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan furniture perkakas rumah tangga. Bagian lain masih jarang tersentuh adalah buahnya. Pada artikel ini akan kita bahas secara khusus mengenai kandungan baik yang menjadikan manfaat buah mahoni banyak dikembangkan untuk berbagai macam pengobatan tradisional

Pengobatan Tradisional Dengan Manfaat Buah Mahoni

Buah mahoni sering berjatuhan disekitar pohonnya, sehingga sering diabaikan. Penelitian baru-baru ini menunjukkan beberapa kandungan alami mahoni dapat mengurangi permasalahan kesehatan. Buah-buahan dengan rasa pahit seperti buah mahoni digunakan sebagai tanaman apotik hidup yang juga terdapat pada manfaat buah mengkudu ataupun manfaat pare . Di balik rasa pahitnya itu dapat dimanfaatkan untuk dibuat resep obat tradisional seperti berikut ini :

  • Mengurangi gejala penyakit hipertensi – Caranya : serbuk mahoni sebanyak 1/2 sendok diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Tambahkan sedikit madu dan minumlah selagi hangat. Minum 2 sampai 3 kali sehari
  • Mengatasi gejala penyakit kencing manis – Caranya : sebnayak 1/2 sendok serbuk buah mahoni diseduh dengan sepertiga gelas air panas. Selagi hangat dapat diminum, 30 menit sebelum makan.
  • Menambah nafsu makan – caranya : setengah sendok serbuk mahoni, kemudian seduh dengan 1/3 cangkir air panas kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum selagi masih hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

Kandungan Manfaat Buah Mahoni

Buah mahoni ternyata memiliki kandungan baik, sehingga banyak resep obat tradisional yang membantu persoalan kesehatan. Hal ini karena kandungan manfaat buah mahoni seperti flavonoid dan saponin yang melimpah. Flavonoid merupakan senyawa untuk melancarkan peredaran darah. Saponin juga sangat baik untuk mengurangi lemak dalam tubuh. Kombinasi keduanya dapat magurangi persoalan penyakit berikut ini :

  • Mengurangi gejala penyakit jantung karena mengurangi penimbunan lemak pada saluran darah
  • Sebagai antioksidan yang menyingkirkan radikal bebas yang menyebabkan gejala kanker
  • Memperkuat fungsi hati dengan mencegah gejala penyakit liver
  • Meningkatkan sistem imun tubuh
  • Mengurangi lebam saat terjadi benturan
Saat ini ekstrak buah mahoni sudah banyak beredar yang sudah siap pakai, jadi manfaat buah mahoni dapat dirasakan dengan mudah.
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:39 Oleh :
Kategori : Buah Buahan