8 Manfaat Buah dan Biji Mahoni

Advertisement

Pohon mahoni, ditemukan di wilayah Pasifik Selatan terutama di Kepulauan Solomon. Tanaman mahoni ini dikenal dengan kayu indah yang digunakan untuk furnitur dan ukiran. Namun, tanaman mahoni juga memiliki kegunaan yang kurang dikenal, bagian biji dan buah mahoni dapat digiling dan diambil untuk berbagai manfaat kesehatan.

Biji mahoni dikenal di mana pohon-pohon mahoni tumbuh dan dengan akrab digunakan sebagai bagian dari makanan yang bervariasi dan sehat. Selain itu, menggiling biji mahoni menjadi bubuk dan meminumnya dengan air. Saat ini, ekstrak biji mahoni ada dalam bentuk kapsul, sebagai suplemen makanan. Biji mahoni mengandung 33 jenis flavonoid dan 27 jenis saponin, hal ini membuatnya lebih kaya nutrisi tanaman padat nutrisi lainnya, seperti ginseng. Selain itu juga mengandung berbagai vitamin, mineral, protein, dan asam lemak yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang sehat.

Berikut ini beberapa manfaat Buah dan Biji Mahoni 1) 2) :

1. Menyehatkan Jantung

Salah satu keuntungan terbesar dari biji mahoni adalah efeknya pada peningkatan sirkulasi darah. Flavonoid dalam biji mahoni langsung membantu dalam meningkatkan sirkulasi, sedangkan saponin baik untuk kesehatan jantung. Kombinasi nutrisi dalam biji mahoni membuat pengobatan alami yang baik untuk mendorong kesehatan jantung dan sirkulasi darah yang lebih baik.

2. Mengontrol Gula Darah

Manfaat positif lain dari biji mahoni adalah efeknya yang mampu mengatur gula darah. Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi 1/2 sdt biji mahoni bubuk dengan air hangat sebelum makan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kandungan saponin yang ada pada tanaman mahoni, langsung bertanggung jawab untuk membantu mengeluarkan gula darah.

3. Penangkal Serangga

Biji mahoni yang diambil dalam bentuk bubuk, dapat berfungsi sebagai semacam semprotan penangkal serangga. Secara khusus, saponin dalam bijinya cenderung untuk mencegah serangga. Bagi orang-orang yang tinggal di iklim tropis atau yang tidak bisa menghindari kontak dengan serangga seperti nyamuk pembawa malaria, bubuk biji mahoni dapat digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang ditularkan oleh serangga.

4. Mengatasi Sembelit

Ketika menderita sembelit, sulit untuk membantu melewati hari. Manfaat kesehatan dari buah mahoni datang untuk manfaat ini. Biji buah langit yang dihancurkan dapat diminum bersama dengan air hangat untuk meredakan sembelit.

5. Mengurangi Alzheimer

Jika menderita penyakit Alzheimer, dapat menambahkan buah mahoni ke dalam makanan, misalnya bubuk biji mahoni yang di seduh bersama dengan secangkir susu. Penyakit Alzheimer tidak dapat disembuhkan dan tidak regeneratif, oleh karena itu bentuk-bentuk bantuan untuk bertahan hidup seperti ini sangat diperlukan.

6. Nyeri Haid

Wanita yang sedang mengalami nyeri haid dapat mengekang rasa sakit ini dengan bantuan buah mahoni. Makan sejumput buah mahoni pada hari pertama siklus menstruasi, akan mengurangi rasa sakit.

7. Tingkat Kehamilan

Jika sedang mencoba untuk hamil dan memulai sebuah keluarga, namun tidak mampu melakukannya karena impotensi, buah mahoni dapat memberikan keajaiban. Daging buahnya yang dikonsumsi dapat meningkatkan peluang kesuburan.

8. Kurang Nafsu Makan

Jika kemungkinan kita bertanya-tanya mengapa tubuh tidak bisa mendapatkan berat badan dengan semua makanan sehat yang telah konsumsi. Buah mahoni dapat menjadi pilihan lain, yang bermanfaat bagi mereka yang ingin menambah nafsu makan. Dengan demikian akan menambah berat badan secara bertahap.


manfaat-buah-mahoni

Buah Mahoni

Ekstrak buah mahoni dan biji mahoni bubuk keduanya merupakan suplemen gizi yang dapat diambil untuk berbagai hasil positif. Manfaat kesehatan dari buah mahoni dan biji mahoni lainnya meliputi :

  • memerangi radikal bebas dengan antioksidan
  • menurunkan membangun lemak dalam aliran darah
  • menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mengambil suplemen biji mahoni teratur dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan Anda dalam berbagai cara, dan dengan demikian menyebabkan lebih kesejahteraan umum.


Buah mahoni sering berjatuhan disekitar pohonnya, sehingga sering diabaikan. Penelitian baru-baru ini menunjukkan beberapa kandungan alami mahoni dapat mengurangi permasalahan kesehatan. Buah-buahan dengan rasa pahit seperti buah mahoni digunakan sebagai tanaman herbal, seperti yang juga terdapat pada manfaat buah mengkudu ataupun manfaat pare . Di balik rasa pahitnya itu dapat dimanfaatkan untuk dibuat resep obat tradisional seperti berikut ini :

  • Mengurangi gejala hipertensi – Caranya : serbuk mahoni sebanyak 1/2 sendok diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Tambahkan sedikit madu dan minumlah selagi hangat. Minum 2 sampai 3 kali sehari
  • Mengatasi gejala kencing manis – Caranya : sebnayak 1/2 sendok serbuk buah mahoni diseduh dengan sepertiga gelas air panas. Selagi hangat dapat diminum, 30 menit sebelum makan.
  • Menambah nafsu makan – caranya : setengah sendok serbuk mahoni, kemudian seduh dengan 1/3 cangkir air panas kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum selagi masih hangat, lakukan 2-3 kali sehari.

Batang pohon mahoni, diambil kayunya untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan furniture perkakas rumah tangga. Bagian lain masih jarang tersentuh adalah buahnya. Pada artikel ini akan kita bahas secara khusus mengenai kandungan baik yang menjadikan manfaat buah mahoni banyak dikembangkan untuk berbagai macam pengobatan tradisional


Advertisement
, , , ,

Referensi   [ + ]

1. ehow.com, The Uses of Mahogany Fruits, diakses 08 Desember 2014
2. boldsky.com, Health Benefits Of Sky Fruit, diakses 08 Desember 2014
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:39 Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links