8 Manfaat Jagung untuk Pakan Ayam

Jagung merupakan salah satu tanaman palawija yng terkenal di masyarakat indonesia ini sering dijumpai pada masakan-masakan khas indonesia. Salah satu masakan yang menggunakan bahan dasar jagung adalah bakwan yang terbuat dari campuran jagung dan tepung serta bumbu khas indonesia dan digoreng sehingga rasa yang tercuota adalah gurih asin yang enak. Selain sebagai bakwan jagung juga sering digunakan sebagai topping tambahan pada bubur maupun martabak.

Jagung selain sebagai bahan yang bisa dimasak juga pada dunia industri digunakan sebagai bahan pengganti gula tebu. Jagung memiliki rasa manis sehingga dipandang cocok untuk membuat gula dengan kandungan kalori yang rendah. Selajutnya jagung juga baik untuk makanan hewan. Salah satu hewan yang baik diberi makan jagung yaitu ayam. Ayam merupakan komoditas ternak yang menghasilkan banyak keuntungan sebab ayam sangat banyak digunakan untuk lauk di kalangan maasyarakat indonesia. Hingga sebagian besar masakan pasti akan ada olahan daging ayam. Ayam selain diolah menjadi masakan serta ayam yang digunakan untuk tujuan yang lain harus dijaga kesehatannya sehingga salah satu cara yang digunakan yaitu memberi pakan yang baik. Jagung memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan ayam berikut penjelasannya

1.  Menjaga kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan yang sehat juga diperlukan oleh ayam agar gizi dari makanan bisa terserap dengan baik. Jagung memiliki kandungan serat yang tinggi. Sama halnya dengan manusia kandungan serat yang tinggi juga baik untuk kesehatan ayam. Serat dari jagung yang dikonsumsi oleh ayam akan membuat pencernaaanya sehat sehingga ayam akan lebih cepat mendapat energi dari proses pencernaan jagung tersebut. Selain itu pentingnya menjaga kesehatan pencernaan ayam sangat diperlukan agar ayam ternutrisi dengan baik dan tidak mudah sakit apabila ayam digunakan untuk tujuan bertarung kesehatan adalah yang terpenting.

2.  Sebagai Makanan Pokok

Jagung sudah sangat jelas bisa menjadi makanan pokok bagi ayam. Sebagai makanan pokok jagung sangat baik dalam kandungan nutrisi dan bisa diberikan dalam jangka waktu yang lama. Ayam dari jenis umur termuda hingga tua dapat diberikan makan jagung. Penyajian pakan dari bahan jagung pada ayam bisa berbeda, jagung dapat dihaluskan maupun dalam bentuk biji – bijian. Jagung halus akan cocok untuk pakan ayam kecil dan jagung biji-bijian cocok bagi ayam ukuran sedang hingga dewasa.

3. Menambah Berat Badan

Ayam yang gemuk dan sehat adalah dambaan para pemilik ayam. Jagung yang dijadikan makanan pokok pada ayam akan memberikan mafaat karbohidrat sebab kandungan karbohidrat dalam jagung sangat tinggi sehingga banyaknya karbohidrat (kalori) akan membuat ayam menjadi gemuk dan sehat.

Bertambahnya berat badan pada ayam akan berpengaruh dan menjadi nilai tambah apabila ayam tersebut merupakan ayam pedaging sehingga daging yang bisa dihasilkan berkualitas baik. Selain itu pada ayam aduan berat badan yang dimiliki ayam juga sangat berpengaruh sebab berat badan akan mempengaruhi pergerakan dan beban untuk melawan lawan. Badan yang gemuk kekar akan memberikan kekuatan pada ayam dalam melawan di pertandingan ayam.

4. Meningkatkan Stamina Ayam

Ayam yang ditujukan untuk menjadi ayam aduan akan sangat penting memiliki stamina yang bagus apabila bertanding bisa baik dan menang. Jagung dipercaya dapat meningkatkan stamina ayam aduan. Kandungan nutrisi jagung akan membantu organ tubuh ayam aduan menjadi maksimal. Dalam hal ini peran Manfaat vitamin C dalam jagung sangat dibutuhkan untuk menjaga stamina ayam. Jagung tidak hanyak mengenyangkan ayam dan menambah berat stamina ayam juga dapat ditingkatkan.

5. Menyehatkan Tulang

Jagung memiliki kandungan manfaat kalsium. Kalsium yang ada pada jagung dinilai tinggi sehingga kebutuhan kalsium pada ayam dapat terpenuhi. Ayam juga butuh perawatan kesehatan terutama kesehatan tulang , tulang yang sehat akan membuat ayam menjadi aktif bergerak. Ayam untuk aduan akan sangat baik apalagi jika memiliki kesehatan tulang yang baik maka ayam akan sangat aktif dan tidak mudah dikalahkan. Dalam jangka panjang jagung akan membuat tulang ayam menjadi kuat dan terhindar dari gangguan kesehatan tulang.

6. Sumber kalium

Cairan tubuh merupakan sebuah kebutuhan yang membantu tubuh menjadi segar akan tetapi keseimbangan cairan tubuh yang tidak baik akan memberikan dampak negatif. Salah satu dampak negatif tidak seimbangnya cairan tubuh yaitu kinerja organ tubuh menurun, penyerapan vitamin kurang maksimal, tubuh ayam menjadi kurus. Memberi pakan dengan bahan jagung akan membantu ayam menyeimbangkan cairan tubuh.

Jagung mengandung manfaat kalium yang tinggi. Kandungan kalium pada jagung akan membantu organ tubuh ayam untuk mengatur cairan tubuh dan elektrolit. Cairan tubuh yang dikelola dengan baik akan membuat ayam tidak mudah lelah dan dehidrasi. Selain itu kandungan cairan tubuh yang baik akan menunjang kinerja organ tubuh menjadi baik dengan ini maka ayam akan menjadi lebih fit dalam stamina dan produktivitas.

7. Memperkuat otot

Otot seringkali menjadi pembahasan yang berkaitan dengan kekuatan tubuh. Tidak hanya manusia ayam juga memmiliki jaringan otot yang tak kalah baik dan harus dijaga untuk tujuan tertentu. JAringan otot bisa dirawat kesehatannya dengan memberikan bahan pangan pada ayam yang tepat. Salah satu pentingnya kekuatan otot pada ayam aduan.

Ayam yang ditujukan untuk pertandingan membutuhkan kemampuan otot tubuh yang mumpuni. Jagung dapat membantu ayam untuk meningkatkan otot. Kandungan dalam jagung dapat menjaga pertumbuhan jaringan ikat yang terdiri dari tulang rawan, otot dan ligamen. Kesehatan jaaringan otot ini sangat baik untuk menunjang pergerakan ayam apalagi untuk ayam aduan. Kegesitan yang diperlukan oleh ayam aduan sangat berpengaru terhadap kemenangan sehingga ayam yang gesit akan lebih berpeluang menang selain itu karakteristik tubuh ayam yang diberikan makan jagung akan lebih berotot dan trengginas.

8. Sumber vitamin K

Jagung memiliki kandungan manfaat vitamin K yang baik. Pada ayam vitamin k yang tercukupi akan membuat bulu ayam menjadi bagus. Penampilan bulu ayam yang bagus terkesan sehat akan membuat ayam memiliki nilai plus. Sebab ayam akan terlihat perkasa dengan bulu yang indah. Karakter bulu ayam yang bisa bisa bagus dan tidak mudah jatuh atau rontoh dapat di wujudkan dengan memberi pakan berbahan jagung sebab jagung akan memneuhi kebutuhan vitamin K pada ayam.

Selain kandungan vitamin K yang baik untuk keindahan bulu ayam. Kandungan lemak dalam jagung juga berperan penting dalam keindahan bulu sebab lemak akan membantu bulu yang dimiliki ayam menjadi lebih mengkilap. Indahnya bulu ayam akan sangat penting bagi ayam yang digunakan untuk aduan sebab bulu itulah yang akan memberikan kesan menawan dan perkasa di mata lawan tanding.

Demikian manfaat pakan berbahan dasar jagung untuk ayam kesayangan anda. Pastikan untuk memberikan pakan yang memiliki kandungan nutrisi lengkap baik dari vitamin maupun mineral sehingga ayam menjadi sehat dan kuat agar siap untuk melakukan pertandingan maupun untuk menghasilkan daging atau telur yang baik.

 

 

 

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Nutrisi