9 Manfaat Daun Duwet dan Buahnya pada Kesehatan

Duwet atau yang biasa dikenal sebagai jamblang merupakan tanaman yang berasal dari keluarga  jambu jambuan (Myrtaceae). Duwet merupakan tanaman endemik Indonesia yang sayangnya saat ini diklasifikasikan sebagai tanaman langka, tidak heran kalau banyak orang yang tidak mengetahui keberadaan tanaman serba guna ini. Duwet tersebar luas di sekitar Asia Tropis dan Australia dan bertumbuh baik di dataran rendah, meski begitu tidak menutup kemungkinan tanaman duwet untuk tumbuh di dataran tinggi dengan curah hujan optimal sekitar 1000mm per tahun. Duwet sangat menyukai tempat yang lembap, oleh karena itu banyak tanaman duwet ditemukan di sekitar sungai atau danau.

Duwet merupakan tanaman yang sangat bermanfaat, mulai dari buah, biji, batang, daun hingga akarnya dapat dimanfaatkan. Sayangnya, belum banyak orang yang sadar akan hal ini sehingga duwet hanya dimanfaatkan batangnya tanpa ada penanaman kembali setelah ditebang. Perbanyakan tanaman duwet sebenarnya cukup mudah, dapat dilakukan melalui penanaman biji atau cara vegetative seperti cangkok.

artikel terkait daun herbal:

Anatomi tanaman duwet

Batang tanaman duwet sangat kokoh dengan diameter mencapai 30 cm dan tinggi tanaman mencapai 90m dan bercabang banyak. Hal inilah yang menyebabkan tanaman duwet menjadi langka, batang kayunya yang memiliki nilai ekonomis tinggi menyebabkan warga berlomba lomba menebang tanaman duwet untuk diambil kayunya tanpa ada penanaman kembali.

Buah duwet memiliki rasa yang sangat manis, lengket dan agak sepat. Buahnya memiliki bentuk yang lonjong atau oval, berwarna ungu kehitaman dan mengkilap, serta tangkai buah yang hijau, sekilas buah duwet terlihat persis seperti buah anggur. Daging buahnya pun sangat mirip buah anggur dengan warna putih bening. Ketika dimakan, buah duwet akan meninggalkan bekas warna ungu kehitaman di lidah anda.

artikel terkait: manfaat buah akar dewamanfaat air buah mengkudumanfaat buah salak pondoh

Daun duwet berwarna hijau tua berbentuk oval menyerupai telur dengan ujung bulat sedikit meruncing, ukurannya sekitar 7cm kurang lebih dan daun mudanya berwarna merah jambu, biji buahnya lonjong menyerupai buahnya dengan ukuran mencapai 3,5cm.

Manfaat buah duwet

Buah duwet yang kaya akan vitamin dan mineral sangat berguna bagi tubuh anda seperti vitamin C, vitamin B-6, vitamin B-12, riboflavin, thiamine, magnesium, fosfor, potassium, besi dan berbagai vitamin serta mineral lainnya. Apa saja manfaat dari mengkonsumsi buah duwet ini?

  1. Masalah pencernaan

Kandungan gula yang ada dalam buah duwet sangat berguna untuk mengatasi sakit perut karena keracunan atau kembung. Cara konsumsinya adalah dengan menjadikan buah duwet yang sudah dipisahkan dari bijinya menjadi jus. Mengkonsumsi buah duwet secara langsung juga dapat dilakukan namun jus lebih efektif karena lebih mudah dicerna sehingga efeknya lebih cepat. Selain itu buah duwet dapat membantu mengatasi sembelit karena buah duwet mengandung banyak serat.

artikel terkait: manfaat serat

  1. Sumber energy

Buah duwet mengandung banyak karbohidrat (sekitar 15 gram) dan  banyak energy (sekitar 60kkal) untuk menjadi sumber tenaga bagi tubuh anda untuk menjalani kegiatan sehari hari. Buah duwet juga mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh anda.

artikel terkait: manfaat karbohidrat

  1. Kesehatan tulang dan gigi

Buah duwet mengandung sekitar 19mg kalsium, 0,19mg besi, 15mg magnesium, 17mg fosfor, dan 79mg potassium untuk membantu anda merawat tulang dan gigi anda. Buah duwet sangat baik untuk membantu membangun tulang dan gigi yang kuat bagi anak anak.

artikel terkait gigi:

  1. Kesehatan jantung

Kandungan sodium dan kalium yang optimal dalam buah duwet dapat membantu merawat otot jantung anda, mengendalikan detak jantung, dan mengatur aliran darah sehingga mampu mencegah penyakit jantung.

artikel terkait jantung:

  1. Antioksidan

Senyawa flavonoid yang terkandung dalam buah duwet dapat berfungsi sebagai antioksidan yang menjauhkan anda dari berbagai jenis penyakit yang menghantui.

artikel terkait antioksidan:

  1. Meningkatkan nafsu makan

Selain menyembuhkan dan mencegah gangguan pencernaan, buah duwet juga dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan anda.

artikel terkait: manfaat tidak makan nasi putih

Manfaat daun duwet

Seperti buahnya, daun duwet atau jamblang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Apa saja manfaat dari daun duwet?

  1. Diare

Diare dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi daun duwet, caranya adalah 2 lembar daun duwet direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa satu gelas, setelah itu diminum sekitar 2 gelas per hari.

penting megenai diare:

  1. Sariawan

Daun duwet juga memiliki kemampuan untuk menyembuhkan sariawan karena daun duwet mengandung antibakteri serta vitamin C. Caranya mirip seperti pada penyembuhan diare, 2 lembar daun duwet direbus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa satu gelas, setelah itu airnya digunakan untuk kumur kumur.

penting mengenai sariawan:

  1. Infeksi darah

Infeksi darah merupakan terinfeksinya darah oleh bakteri yang menyebabkan darah tidak mampu membawa oksigen ke otak manusia dalam jumlah optimal. Penyakit ini cukup kronis dan harus disembuhkan secepatnya. Daun duwet dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ini. Caranya dengan merebus 10 lembar daun duwet dan 3 jari akar pandan dengan air kelapa sebanyak satu butir dan meminumnya hingga habis setiap hari.

penting mengenai infeksi: