Sponsors Link

9 Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Manfaat buah buahan tidak hanya baik  untuk tubuh, salah satunya makna buah leci dalam bahasa Cina berarti “hadiah untuk hidup menyenangkan”. Buah ini leci mengandung vitamin dan mineral yang sehat dengan rasa buahnya yang manis dan lezat, dan telah dikonsumsi oleh penduduk asli dari Asia Tenggara selama berabad-abad. Manfaat leci telah dicoba dan terbukti di negara-negara seperti Cina dan India dan juga telah didokumentasikan dalam buku-buku Cina kuno.

ads

Leci mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang membantu melawan berbagai penyakit serta menjadi pengobatan untuk perawatan kulit, tumbuh kembang anak dan memperkuat tubuh ((stylecraze.com, 13 Amazing Benefits Of Litchis (Lychee) For Skin, Hair And Health, diakses 25 November 2014)). Berikut beberapa manfaat buah leci bagi kesehatan :

1. Mencegah Kanker  

Leci memiliki sifat anti kanker. Buah ini memiliki flavonoid dalam pulp yang membantu untuk melawan penyakit fatal dan mematikan seperti kanker. Kandungan seperti flavones, quercitin dan kaemferol merupakan senyawa ampuh dalam mengurangi proliferasi sel kanker. Buah leci memberikan sifat anti kanker payudara.

Top Untuk Kanker :

  1. Manfaat keladi tikus
  2. Manfaat buah naga
  3. Manfaat paprika
  4. Manfaat mengkudu
  5. Manfaat kunyit putih
  6. Manfaat sari buah merah
  7. Manfaat bawang putih
  8. Manfaat air lemon
  9. Manfaat daun afrika
  10. Manfaat semut jepang

2. Menyehatkan Jantung

Leci menormalkan tekanan darah dan denyut jantung sehingga melindungi terhadap gejala stroke dan penyakit jantung koroner. 1 gelas jus leci setiap hari akan menormalkan detak jantung. Leci mengandung banyak polifenol yang mempromosikan kesehatan jantung. Selain itu, antioksidan dalam leci akan meningkatkan imunitas, memperlambat kemajuan katarak dan menekan semua penyakit kardiovaskular.

Buah lain yang bagus untuk penyakit kardiovaskular :

3. Menjaga kesehatan tulang

Leci merupakan sumber makanan yang kaya fosfor dan magnesium, yang memberi dukungan terhadap tulang kuat dan mineral seperti tembaga dan mangan untuk memperkuat tulang rapuh. Mineral seng, tembaga akan meningkatkan efektivitas vitamin D dan mempengaruhi asimilasi kalsium yang memelihara kesehatan tulang.(Baca : Manfaat CDRManfaat Susu HiLo Active, Manfaat Susu Boneto, Manfaat Susu Anlene)

4. Meningkatkan Imunitas

Leci merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, vitamin dalam tubuh tidak diproduksi secara alami. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan mengurangi inflamasi radikal bebas yang berbahaya. Hal yang menguntungkan bagi yang menderita demam dan sakit tenggorokan. Leci membantu juga masalah pencernaan untuk mendapatkan nutrisi maksimal bagi tubuh. Manfaat vitamin C sangat baik untuk kulit kita, tulang dan jaringan dan karena itu adalah vitamin yang sangat penting bagi tubuh kita.

Sponsors Link

Top Untuk Sistem Kekebalan Tubuh :

  1. Manfaat vaksin
  2. Manfaat buah naga
  3. Manfaat cacing tanah
  4. Manfaat wortel
  5. Manfaat air kelapa
  6. Manfaat omega 9
  7. Manfaat air lemon
  8. Manfaat teratai salju
  9. Manfaat lobster
  10. Manfaat hati sapi

5. Menangkal Radikal Bebas

Zat polifenol adalah molekul rendah yang ditemukan berlimpah dalam buah leci. Oligonol mengandung antioksidan yang juga membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi berat badan dan melindungi kulit dari sinar UVA yang berbahaya. Oligonol menurunkan lemak dan meningkatkan sirkulasi darah sampingan, menurun pasca latihan kelelahan, meningkatkan stamina serta mengurangi garis-garis wajah dan bintik-bintik coklat.(Baca : Manfaat Antioksidan, Manfaat Selenium, Manfaat Buah Dewa Ndaru, Manfaat Astria, Manfaat Jus Frambos)

6. Membantu Metabolisme Tubuh

Leci juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti thiamin, riboflavin, niasin, dan folat. Vitamin B ini membantu tubuh untuk metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Tinggi Beta karoten yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi hati dan organ lainnya.

Buah yang terkandung vitamin B :

7. Anti penuaan

Kulit mulai mengalami penuaan karena seiring bertambahnya usia. namun polusi, radiasi UV dan asap juga bertanggung jawab untuk penuaan dini yang berlangsung lebih cepat dari proses alami. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, leci merupakan sumber yang kaya vitamin C dan merupakan antioksidan kuat untuk melawan radikal bebas. Hal ini juga berisi oligonol yang berjuang penuaan dan mengurangi bintik-bintik darks. Dengan demikian, konsumsi leci atau menggunakannya dalam kemasan wajah efektif dalam menghilang tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan bintik-bintik gelap.

Baca :

8. Memberikan Nutrisi Kulit

Leci adalah sumber nutrisi yang ramah kulit seperti thiamin, niacin, dan tembaga. Thiamin membantu tubuh dalam metabolisme lemak dan protein untuk kesehatan kulit. Niacin meningkatkan hidrasi pada kulit sementara tembaga, dalam jumlah kecil, membantu untuk mempercepat penyembuhan kulit yang rusak.(Baca : Manfaat vitamin C Untuk Kulit, Manfaat Puasa untuk Kulit, Manfaat Air Laut untuk Kulit)

9. Memelihara Rambut Sehat

Seperti disebutkan sebelumnya, leci adalah sumber yang baik dari vitamin C yang berperan aktif dalam menjaga integritas mikro sirkulasi, sehingga menjamin pasokan darah yang memadai untuk folikel rambut.

Buah yang bagus untuk rambut :

Kandungan Nutrisi Buah Leci

Manfaat buah leci mengandung 66 kalori per 100 g, sebanding dengan yang terkanding dalam manfaat anggur. Leci tidak memiliki lemak jenuh atau kolesterol, tetapi disusun dari jumlah yang baik dan juga serat makanan, vitamin serta antioksidan. Studi pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa oligonol, polifenol dengan berat molekul rendah ditemukan berlimpah dalam buah leci. Oligonol diperkirakan dalam tubuh bertindak sebagai anti virus segagai anti oksidan.

manfaat-buah-leci

Buah leci

Buah leci juga mirip dengan buah-buahan lain seperti manfaat buah jeruk atau manfaat kelengkeng yang  merupakan sumber vitamin C. 100 gram buah-buahan segar memberikan 71,5 mg atau 119% dari nilai harian vitamin C yang disarankan. Studi menunjukkan bahwa, mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh, dalam mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dari penyakit berbahaya, radikal bebas dan anti inflamasi.

Selanjutnya, buah leci adalah vitamin B-kompleks yang baik seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin B-komplek sangat penting karena mereka bertindak sebagai faktor yang membantu tubuh untuk memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Leci juga mengandung sejumlah mineral seperti kalium. Kalium merupakan komponen penting dari cairan sel tubuh yang mengontrol detak jantung dan tekanan darah, dengan demikian manfaat buah leci memberikan perlindungan terhadap resiko penyakit kardiovaskuler.

Cara Memilih dan Menyimpan Buah Leci 

Manfaat buah leci yang segar, tersedia di pasar dari bulan Mei hingga Oktober. Buah leci harus dibiarkan matang sepenuhnya pada pohon itu sendiri karena proses pematangan berhenti setelah dipanen. Di sisi lain, buah yang terlalu matang akan berubah menjadi warna gelap coklat akan kehilangan kilau dan rasanya.

Permukaan leci akan menjadi kering lebih cepat jika dibiarkan terbuka pada suhu kamar selama beberapa jam dan karena itu harus dibasahi agar tetap segar. Buah-buahan segar dapat disimpan pada suhu kamar selama 2 sampai 3 hari dan dapat disimpan hingga lima minggu dalam lemari es. Leci juga dapat dibekukan atau dikeringkan dan dikemas dalam bentuk kaleng kaleng untuk diekspor. ((nutrition-and-you.com, Lychee fruit nutrition facts, diakses 26 November 2014))

Artikel Lainnya :

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 02nd, August 2014 / 16:33 Oleh :
Kategori : Buah Buahan