6 Manfaat Pajak Daerah bagi Ekonomi Setempat

Pajak daerah merupakan pungutan yang wajib dibayar oleh masyarakat di suatu daerah kepada pemerintah daerah. Pajak ini akan diolah oleh pemerintah dan dialokasikan untuk kepentingan umum daerah, seperti pengadaan atau perbaikan infrastruktur daerah. Sehingga masyarakat tidak akan merasakan manfaat pajak yang dibayar rutin secara langsung seperti untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat secara individu. Hal inilah yang menjadikan pajak daerah menjadi manfaat pendapatan daerah untuk pembangunan daerah. Beberapa hal berikut ini adalah beberapa manfaat pajak daerah yang bisa dirasakan seluruh masyarakat daerah, yaitu:

1. Meningkatkan kemampuan ekonomi

Salah satu fungsi dari pajak daerah adalah untuk mengatur dan mengelola pertumbuhan ekonomi daerah, melalui sebuah kebijaksaan dari pajak daerah itu sendiri. Hasil pungutan pajak daerah oleh pemerintah digunakan untuk mencapai tujuan atau target ekonomi yang diinginkan pemerintah daerah. Apabila pengelolaan berjalan dengan lancar, maka dapat bermanfaat untuk mengurangi permasalahan ekonomi. Jadi secara tidak langsung pajah daerah memiliki manfaat pembangunan ekonomi bagi masyarakat dengan meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat.

2. Dapat menjadi tabungan pemerintah daerah

Pajak daerah sebagai fungsi anggaran daerah, tidak hanya dialokasikan untuk meningkatkan fasilitas di daerah saja. Namun juga dapat disimpan sebagai kas, simpanan maupun Anggaran Belanja Pemerintah Daerah (APBD) itu sendiri. Nantinya kas ini bisa digunakan untuk proses penyelenggaraan daerah ataupun untuk menunjang kegiatan daerah lainnya.

3. Memudahkan akses masyarakat ke fasilitas umum

Seperti halnya dengan manfaat pajak dan fungsinya bagi negara, pajak daerah juga memiliki fungsi untuk meningkatkan pembangunan daerah. Misalnya untuk memelihara atau membangun fasilitas umum daerah seperti rumah sakit, halte dan lain sebagainya. Dengan terpeliharanya fasilitas umum dapat menjaga keberlangsungan fasilitas tersebut untuk digunakan masyarakat. Selain itu apabila dibangun fasititas umum baru, masyarakat yang dulunya o pergi jauh untuk memakai fasilitas tersebut dapat semakin mudah untuk mengaksesnya.

4. Meminimalisir terjadinya inflasi

Manfaat pajak daerah lainnya adalah untuk mengurangi terjadinya inflasi. Pemerintah daerah menggunakan dana pajak daerah untuk mengontrol harga barang maupun jasa. Apabila pemungutan pajak daerah pada masyarakat berjalan dengan lancar juga efektif sekaligus efisien, maka tujuan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya inflasi dapat terpenuhi dengan baik oleh pemerintah daerah.

5. Membuka lapangan kerja yang baru di daerah

Anggaran daerah yang berasal dari pajak daerah memiliki salah satu fungsi yaitu untuk restribusi pendapatan. Maksudnya pajak daerah ini bisa dimanfaatkan oleh pemerintah untuk membiayai beberapa kepentingan umum masyarakat, misalnya seperti pembukaan lapangan kerja. Di samping membuka lapangan kerja secara langsung pemerintah bisa membuat suatu program untuk peningkatan potensi UKM masyarakat daerah, sehingga masyarakat mengetahui manfaat mempelajari kewirausahaan bagi kehidupan.

6. Meningkatkan pemeratan pendapatan masyarakat

Dengan meningkatnya pembangunan daerah juga lebih terbukanya lapangan kerja dari program pemerintah daerah, secara tidak langsung juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. Jika program pemerintah daerah yang terkait dengan pembangunan ekonomi daerah dapat terkendali dan merata, maka kesenjangan perekonomian antara masyarakat ekonomi rendah sampai tinggi tidak akan begitu menonjol. Hal inilah yang merupakan fungsi pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah pada masyarakatnya untuk retribusi pendapatan, yaitu seperti memiliki manfaat pendapatan perkapita namun untuk pembangunan dan perekonomian masyarakat daerah.

Demikian informasi mengenai beberapa manfaat pajak daerah, baik untuk pembangunan infrastruktur daerah maupun penyelenggaraan program lainnya untuk masyarakat. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Sosial