5 Manfaat Limbah Batubara Bagi Manusia

Batubara merupakan salah satu sumber energI yang saat ini masih sering digunakan, terutama pada manfaat pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Batubara merupakan salah satu bahan bakar yang dapat menghasilkan api yang bagus dan saat ini juga cukup sering digunakan sebagai memasak. Batubara sendiri, merupakan salah satu jenis pertambangan, yang artinya adalah, batubara merupakan salah astu jenis bahan yang tidak dapat diperbaharui. Kerena itu, saat ini sudah ada alternatif penggunaan batubara atau briket dari bahan lain, yang tidak perlu repot menambang.

Ada beberapa jenis briket batubara yang terbuat dari manfaat bambu, manfaat sekam abu dan juga banyak lagi usaha kecil menengah yang membuat briket batubara dari berbagai limbah organik lainnya. Batubara sendiri berbeda dengan arang yang lebih cepat habis, batubara dapat menghasilkan api dan juga bara yang lebih tahan lama, lebih panas, dan juga lebih irit penggunaanna, namun memiliki harga yang jauh lebih tinggi daripada arang.

Limbah Batubara

Limbah batubara sendiri terdiri dari dua bentuk, bentuk yang pertama adalah limbah yang berupa butiran-butiran sisa pengolahan batubara. Salah satunya lagi adalah limbah yang berbentuk abu dari sisa hasil pengolahan batubara tersebut. Limbah batubara apabila dibuang tanpa diolah dengan benar, alias langsung dibuang begitu saja, terutama ke dalam sungai akan menyebabkan kerusakan lingkungan. Air sungai akan menjadi sangat keruh, dan juga berwarna hitam karena tercampur dengan limbah batubara tersebut. Hal ini tentu saja membuat segala biota yang tinggal di dalam sungai tersebut menjadi ikut tercemar, dan bukan tidak mungkin akan mengalami kepunahan.

Selain itu, air yang juga tercemar limbah batubara tidak dapat dikonsumsi oleh manusia, karena memiliki banyak sekali kandungan senyawa kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat dari Limbah batubara

Namun demikian, meskipun masuk ke dalam limbah yang beracun dan juga berbahaya, limbah batubara sendiri, baik yang berbentuk butiran maupun abu ternyata masih bisa diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat, jadi tidak perlu dibuang begitu saja. Nah, apa saja sih yang merupakan manfaat dari limbah batubara ini? berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari limbah batubara, yang ternyata sangat berguna untuk beberapa keperluan :

1. Sebagai bahan pembuatan paving block

Manfaat pertama dari limbah batubara untuk digunakan sebagai pembuatan dasar dari paving block. Limbah dari batubara, terutama abunya dapat diolah menjadi bentuk paving block, yang merupakan salah satu elemen penting dalam konstruksi rumah tangga. Paving block, seperti yang kita tahu merupakan suatu bentuk blok yang mirip seperti batu bata.

Namun hal ini biasanya digunakan untuk bagian jalan ataupun garasi rumah. Manfaat batubara yang menghasilkan paving block, memiliki kualitas yang baik karena yang dihasilkan sangat ringan dan juga  sangat baik. Paving block juga dihasilkan dari manfaat limbah tebu.

2. Pembuatan batu bata dan juga batako

Selain digunakan untuk pembuatann paving block, limbah batbara juga sering sekali untuk dimanfaatkan menjadi salah satu bahan baku pembuatan batu bata dan juga batako. Batako dan juga batu bata yang dibuat dengan menggunakan limbah dari batubara memiliki kualitas yang sangat baik, kuat, namun ringan. Sehingga hal ini membuat batu bata yang terbuat dari limbah batubara ini dapat menjadi dinding dari rumah yang berada di tanah gambut atau tanah yang memiliki kontur yang labil.

3. Sebagai bahan bakar

Beberapa orang juga masih dapat memanfaatkan limbah batubara menjadi bahan bakar. Meskipun tidak sebaik batubara yang utuh, namun sebagian kecil dari barang tambang tersebut masih dapat diolah menjadi bahan bakar. Terutama bahan bakar darurat, yang tentu saja dapat membantu kebutuhan hidup sehari-hari.

Bahan bakar alternatif lainnya juga diperoleh dari :

4. Dapat dimanfaatkan untuk produksi semen

Manfaat limbah batubara lainnya adalah sebagai pembuatan semen dan juga bahan campuran dalam pembuatan semen. Ya, selain dapat dimanfaatkan untuk pembuatan batu bata, limbah dari batubara, terutama abunya dapat dimanfaatkan untuk menjadi semen. Semen merupakan salah satu bahan bangunan yang paling penting dari suatu proses konstruksi bangunan. Semen yang dihasilkan dari limbah batubara tergolong lebih murah dan juga lebih ekonomis, karena terbuat dari limbah, serta biaya produksi yang tidak terlalu besar.

Meskipun hanya terbuat dari limbah batubara, namun jangan salah, karena semen yang terbuat dari limbah batubara ini ternyata juga memiliki kekuatan yang baik dan dapat diandalkan untuk mengganti semen konvensional pada umumnya.

Produksi semen juga bisa dibuat dengan :

5. Dimanfaatkan untuk pembuatan aspal

Selain dapat dimanfaatkan menjadi batu bata dan juga merupakan bahan dasar semen, ternyata limbah dari batubara dapat dimanfaatkan juga menjadi aspal. Adalah sebuah pabrik di pulau jawa yang khusus menangani pengolahan limbah batubara, yang ternyata berhasil memproduksi aspal yang merupakan bahan campuran dari limbah batubara tersebut.

Pembuatan aspal ini juga bisa menggunakan bahan seperti :

Tambang Batubara di Indonesia

Di Indonesia sendiri, pertambangan batubara merupakan salah satu bisnis pertambangan yang sangat menggiurkan, karena sangat menguntungkan. Bisnis pertambangan batubara ini banyak berada pada wilayah Kalimantan, dan merupakan salah satu komoditas ekspor yang sangat berharga di samping komoditas ekspor lainnya. Namun seperti jenis industri dan juga pertambangan lainnya, pertambangan batubara juga menghasilkan limbah yang tentu saja dapat merusak lingkungan apabila tidak diolah dengan benar dan tepat.

Itulah beberapa manfaat dari limbah batubara. Jadi, meskipun memiliki banyak dampak buruk bagi lingkungan apabila dibuang secara langsung tanpa diolah. Nyatanya limbah batubara itu sendiri memiliki manfaat bagi kehidupan, terutama dalam bidan konstruksi, karena dapat diolah menjadi berbagai macam bahan-bahan konstruksi, seperti semen dan juga batu bata. Jadi, tidak selamanya apa yang kita kenal dengan limbah itu selalu memiliki dampak yang buruk dan juga tidak ada manfaatnya. Semoga artikel mengenai manfaat dari limbah batubara ini dapat menambah wawasan anda.