16 Manfaat Kayu Secang dan Kandungan Zatnya

Kayu secang, mungkin beberapa dari kita sudah familiar dengan salah satu jenis rempah-rempah yang berasal dari Indonesia ini. Ya, kayu secang, atau yang bernama latin Caesalpinia Sappan L merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang dimanfaatkan kulit kayu dan batang kayunya, sebagai bahan rempah. Buah secangnya merupakan salah satu jenis polong-polongan.

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Secang

manfaat kayu secangKayu secang sendiri merupakan jenis tanaman yang tumbuh subur pada daerah asia tenggara, termasuk di indonesia. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah dari kayu secang :

  • Kingdom  : Plantae
  • Divisi        : Angiospermae
  • Genus       : Resales
  • Spesies     : Caeselpinia Sappan L

Sejak zaman dahulu kira-kira abad ke -17, kulit kayu secang sudah menjadi komoditas rempah-rempah yang populer dan banyak dicari oleh orang. Ukuran pohon secang ini bisa mencapai tingi hingga 6 meter dan memiliki batang yang berbentuk silinder berwarnaa kecoklatan.

Manfaat Kayu Secang dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebagai salah satu komodi rempah-rempah yang ada di Indonesia, tentu saja pada manfaat kayu secang ini. Berikut ini adalah beberapa pemanfaatan dari kayu secang :


Bahan pewarna

Kulit dari kayu secang dapat mengeluarkan zat pewarna merah alami. Oleh karena itu, kayu secang sering sekali digunakan sebagai bahan dasar untuk pewarna, terutama warna merah. Hal ini disebabkan karena kulit kayu secang memiliki senyawa Brazilin, yang dapat menghasilkan warna alami merah. Berikut ini beberapa penggunaan zat pewarna alami kayu secang :

  1. Pewarna tekstil
  2. Pewarna pada cat
  3. Pewarna pada makanan


Pembuatan Minuman

Pernah mendengar minuman yang bernama wedang secang? Ya, itulah salah satu manfaat kayu secang sebagai minuman. Minuman wedang secang ini merupakan salah satu minuman khas dari daerah Yogyakarta, yang merupakan campuran rebsan dari kayu secang, jahe, gula merah dan bahan-bahan utama lainnya. Sama dengan manfaat wedang jahe, wedang secang sendiri sangat nikmat apabila dikonsumsi pada malam hari yang dingin, karena memiliki fungsi sebagai berikut :

  1. Menghangatkan tubuh
  2. Mengusir rasa ngantuk
  3. Menyegarkan tubuh
  4. Meningkatkan stamina


Media Pengobatan

Selain sebagai bahan dasar pewarna dan minuman, kayu secang juga memiliki khasiat yang tinggi untuk mengobati beberapa penyakit. Biasanya penyakit yang dapat disembuhkan memang hanyalah penyakit-penyakit ringan dan bkan penyakit kronis, karena kayu secang ini termasuk salah satu jenis rempah yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat kayu secang untuk pengobatan penyakit, berikut ini :

  1. Obat batuk
  2. Obat mencret
  3. Menyembuhkan luka
  4. Membersihkan darah
  5. Menghentikan dan mencegah terjadinya pendarahan
  6. Memiliki senyawa anti bakteri dan anti koagulasi
  7. Pengobatan pada batuk darah bagi penderita TBC
  8. Mengobati muntah darah
  9. Mengobati sifilis, malaria, tetanus dan pembengkakan atau tumor

Cara Mengolah Kayu Secang sebagai Obat Herbal

Untuk mengolah kayu secang sebagai obat-obatan, anda dapat mencoba melakukan hal di bawah ini :

  • Potong kayu secang kering kecil-kecil
  • Rebus potongan kayu secang hingga mendidih, kurang lebih 15 sampai 20 menit
  • Saring hasil rebusan, dan kemudian minum airnya.


Kandungan Zat di dalam Kayu Secang

Pemanfaatan dan khasiat kayu secang yang tergolong banyak, namun masih memiliki beberapa manfaat tambahan. Manfaat tambahan ini diperoleh melalui kandungan zat-zat kimia dan mineral, serta nutrisi yang terkandung di dalam kayu secang. apa saja kandungan zat dalam kayu secang? Berikut ini adalah kandungan zat pada kayu secang :

1. Brazilin – Seperti sudah disebutkan sebelumnya, brazilin merupakan salah satu jenis pewarna alami yang dimiliki oleh kayu secang dan memberikan pewarna merah. Biasanya warna merah ini digunakan pada cat dan pewarna.

2. Polifenol – Manfaat kayu secang juga memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol sendiri merupakan salah satu zat yang merupakan manfaat antioksidan dan penangkal radikal bebas, yang seperti terkandung pada manfaat teh hijau.

3. Flavonoid

Flavonoid merupakan jenis pigmen pada tumbuhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat senyawa flavonoid di dalam tubuh kita :

  • Meningkatkan efektifitas manfaat vitamin C, yang diserap oleh tubuh
  • Merupakan zat antioksidan
  • Dapat berfungsi sebagai antibiotik alami
  • Dapat menangkal radikal bebas

4. Saponin

Merupakan salah satu senyawa kimia yang memberikan efek rasa pahit pada tanaman, termasuk kayu secang. saponin memiliki ciri-ciri, dengan munculnya busa atau berbuih ketika di kocok dengan menggunakan air.

5. Tannin

Tannin merupakan jenis senyawa yang memiliki sifat antibakteri dan merupakan salah satu jenis senyawa yang kompleks. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tannin :

  • Menghentikan pendarahan
  • Anti bakteri
  • Memperbaiki dinding usus yang rusak karena ulah virus atau bakteri

6. Minyak atsiri

Minyak atsiri merupakan salah satu jenis minyak essensial yang terkandung di dalam kayu secang. Sifatnya yang utama, adalah menimbulkan aroma yang khas dan unik. Berikut ini beberapa manfaat dari minyak yang biasa disebut dengan minyak eteris ini :

  • Bahan dasar analgesik
  • Obat sakit perut
  • Sebagai bahan dasar antiseptik

Itulah beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dari kayu secang. secang merupakan tanaman rempah Indonesia, yan sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita, dan tentu saja harus kita lestarikan. Nah, sudah tau kan manfaatnya kayu secang ini? kita bisa memperoleh manfaatnya dengan optimal, dengan membuat wedang secang yang ditambahkan dengan rempah-rempah lainnya, seperti :

Penambahan rempah-rempah ini ke dalam wedang secang, maka manfaat kayu secang akan lebih optimal dan akan lebih terasa di tubuh.

, , ,
Post Date: Wednesday 01st, April 2015 / 09:01 Oleh :
Kategori : Tumbuhan