15 Manfaat Intan Dalam Kehidupan Sehari hari – Manusia

Intan merupakan salah satu jenis mineral yang terkenal akan kekuatannya yang sangat mengaggumkan. Batu ini hanya dapat dihancurkan dengan menggunakan tanur listrik pada suhu lebih dari 2-000 derajat celcius. Mengagumkan bukan? Intan juga lebih kita kenal dengan istilah berlian, atau diamond merupakan satu dari sekian mineral yang berbentuk batuan, yang memiliki nilai tertinggi, dan juga sering disebut sebagai salah sati jenis batu mulia.

Intan sendiri banyak diperoleh melalui proses penambangan terutama pada daerah afrika tengah dan selatan. Batu intan ini merupakan jenis batu yang tidak memiliki warna tertentu dan cenderung bening, namun dapat membiaskan cahaya. Karena keunikannya ini, maka intan menjadi salah satu jenis batuan yang banyak dicari oleh orang – orang.

Intan sendiri memliki banyak sekali manfaat dan kegunaan. Biasanya manfaat dan kegunaan ini berhubungan dengan pemenuhan kepuasan dari pemiliki intan

Namun demikian, walaupun memiliki nilai yang tinggi sebagai jenis batu mulia, ternyata intan atau berlian ini merupakan salah satu bahan utama yang sering dipergunakan dalamb bidang industry. Penasaran kan? Berikut in iadalah beberapa pemanfaatan dari intan :

  1. Perhiasan

manfaat intanSiapa yang tidak mengenal jenis perhiasan yang memiliki hiasan intan di atasnya? Sejak daman dahulu, intan atau berlian selalu menjadi primadona dalam hal aksesoris dan perhiasan. Meskipun perhiasan yang bertahtakan intan berlian ini memiliki harga yang tergolong tinggi, namun banyak sekali orang yang berebut untuk memiliki perhiasan yang bertahtakan intan berlian. Biasanya orang memilih jenisperhiasan yang memiliki berlian karena banyak hal, antara lain :

  • Bentuk batu intan atau berlian yang cantik dan menarik
  • Meningkatkan gengsi seseorang

Biasanya, intan disematkan ke dalam berbagai jenis perhiasan, terutama pada perhiasan yang dibuat dari emas. Berikut ini pemanfaatan intan sebagai perhiasan :

  • Sebagai mata batu cincin
  • Liontin pada kalung
  • Hiasan pada gelang
  • Hiasan anting
  • Hiasan pada aksesoris lainnya, seperti kacamata, ikat pinggang dan tas tangan
  1. Koleksi

selain memanfaatkan intan berlian sebagai perhiasan dan juga untuk meningkatkan prestise atau gengsi, biasnya orang – orang memiliki berlian sebagai salah satu benda koleksi mereka. Sama seperti jenis benda koleksi lainnya, biasanya orang – orang mengkoleksi berlian dan intan karena memang suka dengan bentuk dan kemewahan dari intan itu sendiri. Biasanya mereka yang mengoleksi intan dan berlian tidak hanya menyimpannya dalam bentuk perhiasan, namun juga menyimpannya dalm bentuk berlian utuh, yang belum dipasangkan pada jenis perhiasan.

  1. Investasi

Untuk memperoleh berlian membutuhkan kocek yang tidak sedikit. Begitu pula untuk menjualnya. Beberapa orang senang memanfaatkan berlian sebagai sumber investasi mereka. sama seperti semas, berlian atau intan juga memiliki sertifikat khusus, sehingga intan dapat menjadi salah satu jenis investasi yang menguntungkan. Selain itu dengan harga pasar yang stabil, intan juga dapat menjadi alternative bagi anda dalam melakukan investasi.

  1. Mendatangkan keberuntungan

Yang namanya manusia, terutama pada masyarakat yang masih kuat sistem adatnya seperti di Indonesia, pastilah masih menganggap bahwa beberapa benda yang ada di dunia ini memiliki arti dan khasiat khusus yang special. Begitu pula dengan intan. Intan dipercaya oleh beberapa golongan masyarakat sebagi pembawa keberuntungan atau hoki bagi siap saja yang memilikinya. Dengan kepercayaan ini, maka banyak orang yang mencari dan ingin memiliki intan, walaupun memiliki harga yang sangat tinggi.

  1. Menunjukkan status sosial

Sudah pernah disinggung sebelumnya, penggunaan intan dapat menunjukkan kelas sosial sesorang. Harga beli intan yang sangat tinggi membuat tidak sembarang orang dapat memilikinya. Lupakan gelang dan kalung emas, harga intan jauh lebih tinggi dari harga gelang dan kalung emas biasa. Maka dari itu, banyak sekali, walaupun tidak semua orang – orang yang menggunakan berlian untuk menunjukkan status sosial mereka, dan menjadi ajang pamer kekayaan serta kemampuan.selain itu, intan juga sering dimanfaatkan untuk :

  • Meningkatkan gengsi, pamor dan prestige seseorang
  • Membuat orang menjadi lebih dihormati karena memiliki statu sosial yang tinggi
  1. Mengusir energy negative dan aura negative

Yap, manfaat lain dari intan berlian ini adalah sebagai pengusir aura dan energy negative pada pemiliknya. Sama seperti pembawa keberuntungan, hal ini merupakan suatu bentuk kepercayaan, yang belum dapat dibuktikan secara ilmiah kebenarannya. Namun beberapa orang percaya bahwa dengan memilik dan menggunakan intan, maka aura dan energy negative yang ada di dalam tubuh dan berada di sekitar tubuh akan lenyap dan hilang.

  1. Symbol pernikahan

Dengan sifat intan yang sulit dihancurkan, maka seringkali intan dibuat menjadi suatu symbol dalam pernikahan. Baik itu symbol berupa cincin kawin, maupun symbol berupa mas kawin ketika melakukan seserahan. Hal ini memiliki arti bahwa pernikahan yang berlangsung ini tidak akan mudah dihancurkan begitu saja, sama seperti intan yang tidak mudah dihancurkan. Selain itu keindahan yang dimiliki batu intan ini juga menjadi salah satu faktor yang membuatnya sering digunakan sebagai symbol dalam pernikahan

Intan Sebagai bahan industry

Siapa bilang kalau intan hanya bisa digunakan sebagai perhiasan dan lambang status sosial saja? Pada dasarnya 80% dari intan yang diperoleh akan dihancurkan menjadi bubuk, dan dilempar ke industry, dan sisanya barulah dibuat menjadi jenis perhiasan. Ternyata, selain diolah dan dimanfaatkan sebagai 7 hal yang sudah disebutkan diatas, batu intan juga dimanfaatkan dalam bidang industry. Bidang industry yang menggunakan bahan baku intan pun beragam, biasanya intan dibuat menjadi bubuk intan untuk kemudian menjadi bahan campuran dalam pemnbuatan berbagai macam barang berikut ini adalah beberapa jenis barang yang sering diberi capuran bubuk intan:

  1. Gergaji
  2. Pisau bedah
  3. Mata bor
  4. Alat elektronik dan bagian – bagian sirkuit elektronik
  5. Komponen dari pesawat terbang dan roket
  6. Sebagai penahan dari radiasi industry
  7. Menjadi bahan untuk menyerap panas
  8. Melindungi peralatan dan mesin dari kerusakan yang diakibatkan oleh bahan kimia

Itulah beberapa manfaat intan atau yang sering kita kenal dengan istilah diamond atau berlian. Semoga bermanfaat.

Baca juga :