18 Manfaat Kayu Kokka Kalimantan Untuk Kesehatan

Pernahkah anda mendengar istilah kayu kokka? Mungkin masih sedikit sekali dari anda yang mengenal istilah kayu kokka ini. Sebenarnya apa itu kayu kokka? Dari manakah kayu kokka ini berasal dan akhirnya bisa sampai ke tangan kita?

Pohon Kokka

kayu kokkaKayu kokka sendiri merupakan jenis kayu – kayuan yang dikenal dan dipercaya oleh sebagai besar masyarakat Indonesia memiliki tuah, terutama untuk kesehatan dan keselamatan. Kayu kokka sendiri berasala dari pohon dengan nama yang sama, yaitu pohon kokka. Mungkin di Indonesia jarang ditemui pohon kokka.

Pohon kokka sendiri merupakan jenis pohon dengan batang yang menggendut dan sangat besar. Anda pernah menonton film Lion King? Pernahkah anda mengamati tempat tinggal rafiki, si monyet yang menjadi dukun dari keluarga singa? Ya, seperti itulah rupa dari pohon kokka.

Dengan bentuk yang unik dan besar, pohon kokka terlihat seperti umbi – umbian raksasa yang menjadi tempat tinggal hewan – hewan. Pohon kokka sendir diambil dan dimanfaatkan bagian kayu dan bijinya, bukan sebagai bahan bangunan atau pajangan, namun lebih ke arah pemanfaatan secara supranatural yang sifatnya sugestif.

Kayu kokka apabila ditengok dari segi sejarah, pernah menjadi legenda, dimana kayu kokka merupakan jenis kayu yang menjadi bahan baku dari pembuatan kapal yang dibuat oleh Nabi Nuh ( Noah ) pada kisah Bahtera Nuh ( Noah’s Ark )

Kayu kokka sendiri memiliki karakteristik seperti berikut ini :

  1. Ketika sudah dipotong kecil – kecil, kayu koka dapat tenggelam apabila dimasukkan ke dalam air
  2. Memiliki warna kecoklatan
  3. Memiliki tekstur kayu yang berserat

Kayu kokka dan beberapa aksesoris yang dibuat menggunakan kayu dan biji kokka memiliki nilai jual yang tinggi, karena selain merupakan komoditi impor, jenis kayu dan biji kokka ini dipercaya memiliki banyak kekuatan supranatural yang positif.

Apa saja manfaat – manfaat kayu kokka dan biji kokka?

Manfaat kayu kokka telah beredar luas dikalangan masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia terutama percaya, bahwa menggunakan produk – produk yang berbahan baku kayu atau biji kokka dapat memberikat manfaat dan kegunaan sebagai berikut :

  1. Kayu kokka juga dapat dimanfaatkan rendaman airnya, yang berfungsi sebagai :
  2. Mencegah dan mengobati peradangan
    • Asma
    • Diabetes
    • Lemah jantung
    • Gagal ginjal
    • Batu ginjal
    • Depresi dan stress
    • Katarak
    • Gangguan – gangguan pada tulang
    • Gangguan – gangguan pada mata
    • Mengurangi ketergantungan obat – obatan, serta kecanduan rokok dan alcohol
    • Asam urat
    • Darah tinggi dan darah rendah
    • Pegal – pegal, nyeri dan kram pada otot
  3. Dapat menjadi media yang menanggulangi penggumpalan darah
  4. Mencegah dan melawan sel kanker
  5. Dapat menyembuhkan kanker
  6. Dapat meningkatkan imunitas, daya tahan tubuh dan kekebalan tubuh
  7. Melindungi dan mencegah kerusakan pada DNA
  8. Dapat membantu memperbaiki kerusakan sel – sel tubuh
  9. Memperbarui jaringan dan sel tubuh yang sudah mati
  10. Dapat membantu meningkatkan proses penyerapan nutrisi
  11. Menambah kandungan oksigen di dalam aliran darah
  12. Merelaksasikan ketegangan syaraf
  13. Melepas stress dan depresi yang berlebihan
  14. Memperbaiki keseimbangan tubuh
  15. Dapat menghindarkan dan mencegah beberapa penyakit baik kronis maupun yang tidak kronis, seperti :
    • Mengobati sakit gigi, sariawan, radang tenggorokan
    • Mengobati panas dan demam
  16. Sebagai penawar dari bisa dan racun dari hewan
  17. Dipercaya dapat menghindarkan penggunanya dari bahaya dan musibah tertentu
  18. Menaikkan pamor dan membuat penggunanya disenangi orang banyak

manfaat kayu kokkaKayu kokka sendiri memang sudah terkenal dengan manfaat dan khasiatnya seperti di atas. Di Indonesia sendiri, kayu dan biji kokka biasa dibuat dan digunakan dalam bentuk :

  1. Tasbih
  2. Gelang kesehatan
  3. Kalung
  4. Cincin

Itu adalah beberapa manfaat dan khasiat dari kayu kokka. Perlu anda ingat dan perl anda ketahui, semua manfaat dan khasiat dari kayu kokka ini belumlah teruji secara ilmiah. Semua manfaat dan khasiat dari kayu dan biji kokka ini hanyalah sebatas sugestif dan masuk ke dalam ranah ilmu yang supranatural dan metafisik, itu artinya kebenarannya mungkin ada, namun bisa jadi berbeda – beda apabila digunakan oleh orang lain.

Untuk memperoleh khasiat kesehatan yang lebih optimal, disarankan untuk mengikuti pola hidu sehat dan berolahraga secara teratur. Apabila anda merasakan sakit pada tubuh anda, anda dapat mengkonsumsi obat – obatan herbal dari rempah – rempah yang merupakan salah satu jenis obat herbal asli dari Indonesia.

Untuk dapat menghindarkan diri dari bahaya dan agar bisa lebih disukai oleh orang – orang, ada baiknya anda mengamalkan perintah agama, yaitu rajinlah berdoa dan mengamalkan perbuatan baik kepada sesama. Manfaat kayu kokka ini harus kita lihat secara jeli yah, jangan dibawa oleh ranah mistis.

Baca juga manfaat kayu lainnya: