20 Manfaat Ciuman Bagi Manusia, Arti dan Jenisnya

CiumanManusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan terjalinnya komunikasi dan kontak fisik antara mereka. Banyak penelitian dalam ilmu kejiwaan menyebutkan bahwa kontak fisik seperti berpelukan, berciuman, berjabat tangan membuat manusia merasa menjadi bagian dari kehidupan mahluk lainnya, antar manusia.

Begitu pula dengan berciuman. Ciuman dijadikan tanda kasih sayang dan cinta dari seorang manusia kepada manusia lainnya. Bisa antara ibu dan anak, kakek dan cucu atau antar anggota keluarga lainnya, pada sepasang kekasih, pasangan suami istri, murid kepada guru dengan cium tangan, dan sebagainya.

Manfaat ciuman ternyata cukup besar pengaruhnya bagi kehidupan sosial manusia.

Manfaat Ciuman Bagi Manusia

Manfaat ciuman cukup banyak, tidak semua orang menganggap bahwa ciuman/hal yang sederhana memiliki manfaat, bahkan untuk kesehatan. Berikut 20 Manfaat Utama Berciuman, yaitu :

    1. Ciuman berperan untuk membuat metabolisme tubuh seseorang meningkat dan cukup dianjurkan untuk mengatasi stress.
    2. Ciuman antar pasangan membuat mereka dapat hidup lebih lama 5 tahun dibanding pasangan lain yang jarang atau tak pernah melakukannya. Dianjurkan berciuman setiap hari sebelum berpisah atau menjalani aktivitas masing-masing.
    3. Ciuman memiliki dampak baik atau positif bagi kepercayaan diri seseorang.
    4. Ciuman bisa menjadikan anda pribadi yang dihargai dan juga membuat pikiran menjadi lebih jernih
    5. Ciuman antar pasangan yang penuh gairah selama kira-kira 20 detik per lamanya ciuman per hari membuat mereka mampu mengontrol pola makan sehingga bisa membuat anda yang berdiet jadi turun berat badannya
    6. Ciuman berperan untuk mengurangi ketegangan pikiran
    7. Ciuman dapat menghalau pikiran-pikiran negatif atau energi negatif
    8. Ciuman menjadikan perasaan semakin bahagia dan membantu jadi turun hormon kortisol pemicu stress
    9. Ciuman membuat 30 otot wajah menjadi aktif, sehingga membuat wajah tetap kencang tidak peyot dan terlihat awet muda
    10. Ciuman mengatur jalannya sirkulasi darah meningkat pada wajah
    11. Ciuman bisa memiliki efek cukup baik untuk jantung dan membuat jantung memompa lebih banyak darah ke seluruh aliran tubuh karena mampu menghasilkan zat adrenalin tersebut
    12. Ciuman membuat anda jadi lebih tenang karena kestabilan kardiovaskular di tubuh, tekanan darah juga jadi menurun begitu pula dengan kadar kolesterol
    13. Jika memiliki waktu untuk berciuman setiap hari anda akan terhindar dari terkena kerusakan pada perut, terjadinya sakit pada kandung kemih atau gejala seperti peredaran darah yang terganggu
    14. Ketika anda sedang melakukan ciuman maka zat antibodi dikeluarkan oleh liur yang terbukti kabarnya juga memiliki semacam zat untuk anastesi yang bisa mengurangi ketika terasa nyeri
    15. Ciuman bisa membuat anda tidak terlalu cemas
    16. Ciuman membuat terbentuknya hormon yang bernama kadar oksitoksin sehingga membuat anda menjadi lebih tenang dan damai karena adanya hormon itu
    17. Ciuman membangkitkan zat endorfin sehingga rasa nyeri yang ada bisa terkurangi
    18. Ketika berciuman paru-paru bekerja lebih keras. Kira-kira 60 tarikan nafas per menit. Jika diukur kadar normalnya kira-kira 20 tarikan nafas per menit. Sehingga bisa membuat paru-paru lebih sehat
    19. Ada dokter gigi yang mempercayai bahwa berciuman bisa mencegah gigi berlubang karena menstimuli air liur yang bisa menghancurkan asam yang menutupi gigi.
    20. Ciuman membuat perasaan menjadi tenang dan terkendali, barangkali karena bisa mencegah stress yang terjadi karena perasaan dihargai, dicintai dan disayangi itu

Itulah keduapuluh manfaat utama berciuman. Selain itu ada pula contoh ciuman yang bisa diperhatikan yang menurut penelitian dirasakan oleh seorang pria.

Ada banyak jenis ciuman yang dikenal di masyarakat. Jadi ada berapa jenis ciuman yang dikenal dan apa saja artinya, ya?

Jenis-jenis ciuman dan artinya

1. Ciuman di kening

Ciuman di kening dilakukan oleh hampir semua kalangan usia. Terutama pada orangtua dan anaknya, adik dan kakak atau antar sahabat dan pasangan. Arti dari ciuman di kening sendiri adalah lambang rasa peduli dan rasa sayang. Ciuman di kening biasanya tidak memiliki arti gairah, hanya untuk menunjukkan rasa peduli dan sayang.

2. Ciuman di bibir

Ciuman di bibir terutama dilakukan oleh pasangan suami istri dan pasangan kekasih. Ciuman ini lebih dekat dengan gairah dan melambangkan cinta yang membara. Biasanya ditunjukkan untuk melambangkan cinta antar dua orang wanita dan pria.

3. Ciuman di tangan

Ciuman di tangan sering dilakukan untuk menunjukkan rasa hormat dan kepedulian. Misalnya antara anggota keluarga atau yang tingkatannya lebih tinggi. Dari anak ke orangtuanya atau ke kakek neneknya.

4. Ciuman di pipi

Ciuman ini sepertinya adalah ciuman yang paling sering dilakukan di dunia. Bisa antar keluarga, antar teman, antar pasangan dan sebagainya. Arti dari ciuman di pipi melambangkan kasih sayang, keterbukaan, dukungan dan keterlibatan antar manusia.

5. Ciuman di mata

Ciuman di mata lebih sering dilakukan antar pasangan kekasih. Biasanya terjadi di lipatan mata, sehingga orang yang satu lagi harus memejamkan matanya. Ciuman ini melambangkan rasa sayang dan bentuk perhatian yang dalam. Ada yang mengatakan bahwa ciuman ini disebut sebagai angel kiss atau ciuman malaikat dan mengartikannya sebagai rasa tak ingin berpisah.

6. Ciuman di hidung

Meski jarang orang berciuman di bagian tubuh ini, ciuman di hidung terkadang terjadi antar pasangan atau orangtua pada anaknya. Ciuman ini berarti mereka menyayangi dan bentuk rasa syukur karena menghabiskan waktu bersama-sama.

7. Ciuman di telinga

Ciuman ini hampir sama dengan jenis ciuman pada bibir. Sebagai bentuk bujuk rayu, gairah seksual dan hasrat antara dua orang kekasih dan pasangan suami istri. Ada yang mengatakan bahwa ciuman ini berarti menyebutkan bahwa anda segalanya baginya. Jika dilengkapi dengan desahan berarti intinya untuk mengajak bersenang-senang.

8. Ciuman di bagian tubuh lainnya

Jenis ciuman di bagian tubuh yang lain menandakan rasa sayang dan keinginan untuk mengeksplorasi tubuh pasangan. Karena lebih sering dilakukan antar pasangan.
Itulah beberapa jenis ciuman yang bisa diuraikan lebih dalam.

Arti ciuman bagi seorang pria

1. Ciuman platonis

Ciuman platonis artinya sang pria biasanya sering mencium kekasih atau pasangannya yaitu istri di pipinya dibanding di bibir. Artinya ia tipe platonis, tidak terlalu mengebu, tapi menunjukkan ia mau merawat dan memahami pasangan.

2. Ciuman perpisahan

Ciuman ini dilakukan para pria untuk menunjukkan sikap penuh perhatian dan berhati-hati. Terutama karena selalu dilakukan untuk menunjukkan gairah, percaya diri dan rasa sayang. Dia tidak hanya terhubung dari seksualitas tapi juga secara emosi mampu menunjukkannya.

3. Ciuman agresif

Ciuman ini adalah ciuman intens sambil menarik wajah mendekat. Jika terlalu keras dan menyebabkan pasangan kurang nyaman sebaiknya tidak usah diteruskan dan bisa diberitahu bahwa ciumannya bisa lebih lembut.

4. Ciuman menggoda

Ciuman ini biasanya dilakukan bukan hanya di satu bagian wajah saja, bisa beralih ke bagian tubuh lain. Itu artinya sang pria mengajak pasangannya lebih intim.

5. Ciuman malu-malu

Ciuman ini bisa dilakukan oleh orang yang baru dikenal atau sudah lama dikenal. Tipe pria yang melakukannya cenderung introvert menarik diri tapi ingin menunjukkan rasa tertariknya lebih dalam pada pasangannya. Ini juga memperlihatkan keraguan dirinya. Meski ada niat untuk mengenal si pasangannya.

6. Ciuman sensual

Ciuman sensual biasanya melibatkan gairah dan pertanda bahwa ia ingin ke tahap yang lebih jauh sang pria. Ciuman ini menunjukkan emosi yang tinggi, tingkat percaya diri sang pria ke pasangannya sudah sangat dekat, menunjukkan rasa yang intim.