10 Manfaat Buah Plum untuk Wajah dan Kecantikan Alami

Buah plum merupakan salah satu jenis buah dari keluarga cherry yang memiliki rasa yang asam manis segar sehingga cocok untuk dikonsumsi langsung, dijadikan jus atau menjadi campuran bahan makanan seperti kue. Namun tahukah Anda bahwa buah plum juga memiliki banyak sekali manfaat kesehatan terutama pada wajah karena buah ini juga bisa dijadikan puree untuk dibuat masker atau face scrub.

Perawatan Wajah dengan Buah Plum

Saat ini banyak orang yang lebih memilih kembali ke cara-cara alami untuk perawatan wajah walaupun banyak sekali produk kosmetik bertebaran yang memberikan efek instan tapi tetap dengan risiko misalnya iritasi, tidak cocok, munculnya reaksi alergi dan lain sebagainya. Pemakaian produk perawatan wajah dari bahan-bahan alami bisa meminimalisir risiko-risiko tersebut dan salah satunya adalah dengan menggunakan buah plum.

Manfaat Buah Plum untuk Wajah

Pertanyaan berikutnya yang muncul mungkin adalah mengapa harus buah plum? Well, sebenarnya memang tidak harus buah plum ada juga buah-buahan lain yang baik untuk perawatan wajah misalnya manfaat alpukat untuk peremajaan kulit atau manfaat timun bagi kulit serta untuk menghilangkan kantung mata dan masih banyak lagi. Sedangkan manfaat buah plum untuk wajah adalah sebagai berikut:

  1. Buah Plum Tinggi Antioksidan

Dibandingkan dengan buah-buah yang lain buah plum termasuk dalam superfood karena merupakan sumber antioksidan yang baik. Bagi Anda yang belum terlalu familiar dengan manfaat antioksidan untuk wajah, zat ini sangat baik dalam menangkal radikal bebas dan khususnya bagi kulit wajah juga memastikan kulit terlindungi dari pengaruh buruk sinar UV.

  1. Tinggi Kandungan Vitamin C

Vitamin C memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit terutama kulit wajah yang sering kali terpapar sinar matahari atau sinar UV. Manfaat vitamin C bagi kulit adalah mengoptimalkan produksi kolagen yang menjaga kulit tetap sehat serta terlindungi secara optimal dari dalam.

  1. Menjaga Elastistas Kulit

Salah satu fungsi kolagen yang dihasilkan dari dalam tubuh adalah membantu menjaga elastisitas kulit. Itu artinya kulit menjadi terlihat lebih kenyal dan glowing karena tidak adanya kerut-kerut halus yang akan menghiasai wajah Anda akibat pengaruh radikal bebas atau bertumpuknya kulit-kulit mati.

  1. Meremajakan Kulit Wajah

Ingin selalu memiliki wajah yang terlihat muda seperti remaja? Well, pastikan nutrisi yang Anda konsumsi mencukupi untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Buah plum mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin A serta beta karoten dan manfaat antioksidan yang sangat baik untuk membantu meremajakan kulit Anda.

  1. Menutrisi Kulit Secara Alami

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya dimana buah plum merupakan super food yang kaya akan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Mulai dari vitamin C untuk mengoptimalkan produksi kolagen, vitamin E melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV sampai antioksidan yang membantu meremajakan kulit wajah.

  1. Mencegah dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Banyak produk kecantikan bisa digunakan untuk mencegah tumbuhnay jerawat namun tidak ada yang sealami buah plum dimana buah ini tak hanya mencegah tapi juga membantu menghilangkan bekas jerawat secara optimal.

  1. Menghilangkan Tanda-tanda Penuaan Dini

Polusi, radikal bebas serta pengaruh buruk sinar UV bisa menjadi penyebab munculnya bitnik hitam serta garis-garis halus pada wajah yang merupakan tanda-tanda penuaan dini. Mengkonsumsi buah plum bisa membantu mengatasi hal ini dan buah plum bisa digunakan dari luar sebagai nutrisi tambahan dan digunakan sebagai masker atau face scrub.

  1. Mencegah Hiperpigmentasi

Bagian wajah memang bagian yang paling rentan terhadap hiperpigmentasi karena sering terterpa langsung oleh sinar matahari. Untuk mencegahnya pastikan asupan nutrisi yang dapat melindungi kulit wajah tercukupi seperti yang terdapat pada buah plum yang kaya nutrisi.

  1. Menghidrasi Kulit dari Luar dan Dalam

Menggunakan buah plum sebagai masker atau face scrub bisa membantu menghidrasi kulit dari luar serta mengkonsumsinya sebagai jus buah juga membantu menghidrasi kulit dari dalam. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan selalu terlihat sehat dan awet muda.

  1. Solusi Perawatan Alami

Walaupun sudah banyak pilihan produk kecantikan yang praktis namun menggunakan buah plum sebagai solusi perawatan alami baik dari luar dan dari dalam tentunya lebih baik karena tidak mengandung efek samping yang berbahaya kecuali jika Anda memang alergi terhadap buah ini.

Ternyata tak hanya manfaat buah plum untuk wajah saja yang harus Anda ketahui karena ternyata  buah plum juga baik untuk pertumbuhan rambut dan jika digunakan sebagai masker rambut bisa membantu membersihkan kulit kepala dan menutrisi kulit kepala dan mengatasi berbagai macam penyakit di kulit kepala seperti ketombe dan rambut rontok. Tak hanya untuk orang dewasa, para ibu juga perlu tahu manfaat buah plum untuk bayi karena bisa dibuat menjadi pilihan mpasi anak karena kaya serat dan vitamin baik untuk pertumbuhan bayi dan balita.